x

Bedah Formasi Mengerikan Newcastle United Jika Cristiano Ronaldo Jadi Gabung

Kamis, 17 November 2022 19:10 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, disebut-sebut tengah didekati oleh klub Liga Inggris, Newcastle United. Foto: REUTERS/Peter Powell

INDOSPORT.COM – Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, disebut-sebut tengah didekati oleh klub Liga Inggris, Newcastle United. Berikut bedah formasi The Magpies jika CR7 jadi bergabung.

Klub Liga Inggris, Newcastle United, disebut segera mendekati megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, jelang bursa transfer Januari 2023 nanti.

Pasalnya, Cristiano Ronaldo disebut bakal hengkang dari Manchester United, selepas wawancaranya dengan jurnalis ternama, Piers Morgan tersebar.

Dalam wawancara tersebut, Cristiano Ronaldo menyebut bahwa dirinya dikhianati oleh Manchester United dan terus-menerus disalahkan soal apa yang terjadi di klub.

Selain itu, Ronaldo pun menyebut soal tak akan menghormati Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United saat ini.

Baca Juga

“Manchester United ingin saya hengkang, tak hanya pelatih, tetapi semua orang yang berada di klub ini. Saya merasa dikhianati,” ujar Ronaldo.

“Saya merasa banyak orang tak ingin saya ada di Manchester United, tak hanya musim ini, tetapi juga musim lalu,”

Baca Juga

Dengan hal ini, Manchester United disebut akan melepas Cristiano Ronaldo pada bursa transfer Januari 2023 nanti dengan beberapa klub kabarnya berminat.

Newcastle United selaku tim kaya baru dikabarkan mulai berminat pada Ronaldo, meskipun ada penolakan dari salah satu pemain, Bruno Guimaraes, seperti dilansir dari Sunderland Echo.

Berikut bedah formasi Newcastle jika Cristiano Ronaldo memutuskan The Magpies sebagai klub baru selepas hengkang dari raksasa Liga Inggris, Manchester United, pada bursa transfer Januari 2023.

Baca Juga

1. Formasi 4-3-3, Cristiano Ronaldo Wide Target Man

Cristiano Ronaldo, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Phil Noble

Salah satu pola yang bisa digunakan oleh pelatih Newcastle United, Eddie Howe, untuk mengakomodasi kedatangan Cristiano Ronaldo dari Manchester United adalah 4-3-3.

Newcastle United selama ini sudah menggunakan 4-3-3 sebagai pola utama dan kemungkinan tak akan banyak berganti.

Pasalnya, formasi ini mampu membuat Newcastle United tampil bagus di Liga Inggris dengan mencapai peringkat ketiga klasemen sementara.

Dengan hadirnya Cristiano Ronaldo, sebenarnya formasi tim bisa terganggu, meskipun Eddie Howe sebagai pelatih kemungkinan bisa mengakomodasi hal itu.

Untuk memasang formasi ini, Newcastle United tentu memerlukan Nick Pope sebagai penjaga gawang yang sudah teruji performanya.

Baca Juga

Untuk posisi pemain belakang, jelas The Magpies tak akan mengubah susunan, dengan Kieran Trippier di bek kanan. Kemudian duet Fabian Schar dan Sven Botman serta Dan Burn sebagai bek kiri,

Sementara itu, di posisi tengah, Newcastle United memasang beberapa pemain, seperti Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, dan Joe Willock.

Baca Juga

Sementara itu, Newcastle United bisa saja memasang Cristiano Ronaldo sebagai target man di sayap kiri menggantikan Joelinton.

Posisi ini sebenarnya dilakoni Ronaldo di usia muda bersama Manchester United, tetapi dengan peran yang berbeda.

Untuk mendukung Cristiano Ronaldo, Newcastle United akan memasang Miguel Almiron sebagai sayap kanan dan Chris Wood di posisi penyerang.

Baca Juga

2. 4-2-3-1 Cristiano Ronaldo Penyerang Tengah

Cristiano Ronaldo, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Peter Powell

Selain bisa menjadi wide target man di sayap kiri, Cristiano Ronaldo tentu akan ditempatkan di posisi penyerang tengah.

Perubahan posisi ini sebenarnya sudah terjadi ketika Ronaldo memasuki usia di atas 30 tahun dan membuat dirinya semakin tajam.

Kondisi inilah yang kemudian yang membuat Newcastle United sebenarnya beruntung, mengingat penyerang utama mereka, Callum Wilson kerap terkena cedera.

Untuk memasang formasi ini, Newcastle United akan tetap menggunakan Nick Pope sebagai penjaga gawang yang dibantu oleh empat bek di depan.

Empat bek di depan diisi oleh Kieran Trippier, Fabian Schar, Sven Botman, dan Dan Burn yang menjadi andalan dari pelatih The Magpies, Eddie Howe.

Baca Juga

Untuk mengisi posisi double pivot, Newcastle United bisa memasang Bruno Guimaraes dan Sean Longstaff yang terus menjadi andalan di tengah.

Sementara, di tiga pemain penyerang akan diisi oleh Miguel Almiron di kanan, Joe Willock di gelandang serang, sementara sayap kiri bisa diisi oleh Alan Saint-Maximin.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo bisa dipasang oleh Newcastle sebagai penyerang tengah dengan dibantu dengan para pemain dari sayap.

Dengan kondisi ini, Ronaldo tak perlu banyak bergerak dan hanya menunggu distribusi bola dari lini tengah Newcastle United.

Tentu saja peran Cristiano Ronaldo akan bisa dimaksimalkan oleh Newcastle United jika datang dari klub Liga Inggris, Manchester United.

Baca Juga
Manchester UnitedCristiano RonaldoNewcastle UnitedLiga Primer InggrisEddie HoweLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini