x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Wales, Gareth Bale Siap Unjuk Gigi untuk Pertama dan Terakhir

Kamis, 17 November 2022 04:54 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Profil Timnas Wales Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

INDOSPORT.COM - Berikut profil salah satu peserta Piala Dunia 2022 yakni Timnas Wales, di mana Gareth Bale dkk siap untuk menjadi penghancur negara-negara kuat.

Sebagaimana diketahui, fans Timnas Wales patut bangga kepada perjuangan Gareth Bale dkk karena mampu meraih tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pasalnya, sudah lama warga Wales ingin melihat tim nasional mereka berlaga di Piala Dunia. Ini menjadi kedua kalinya tim berjulukan The Dragons ikut gelaran sepak bola paling akbar.

Selama 146 tahun berdiri, The Dragons tercatat baru dua kali lolos ke Piala Dunia. Terakhir kali mereka mengikuti ajang ini pada edisi 1958 silam.

Saat itu Timnas Wales berhasil menembus babak perempat final. Setelah itu, mereka selalu gagal dalam babak kualifikasi hingga akhirnya bisa lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga

Dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Wales memang mengalami peningkatan. Mereka sempat membuat kejutan dengan sukses lolos ke semifinal Euro 2016.

Setelah itu, sejarah kembali mereka raih dengan lolos ke Qatar. Gareth Bale di bawah asuhan Rob Page lolos lewat jalur play-off dengan menundukan Ukraina dengan skor 1-0 pada 5 Juni 2022 lalu.

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Wales tahun ini juga masih dihuni oleh sejumah bintang seperti Gareth Bale. Sepertinya Piala Dunia 2022 akan menjadi edisi pertama dan terakhir bagi sang pemain.

Oleh sebab itu, Gareth Bale pastinya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini untuk unjuk gigi dan membawa Wales meraih prestasi yang lebih bagi dari Piala Dunia 1958 silam.

Untuk melihat daftar skuat Timnas Wales hingga prediksi di Piala Dunia 2022, kalian bisa klik slide kedua berita ini.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI Timnas Wales

Selebrasi pemain Wales merayakan gol dengan di Kualifikasi Piala Dunia, Jumat (25/03/22). Foto: Reuters/Matthew Childs

Tidak ada yang menyangka bahwa Wales bisa lolos ke Piala Dunia 2022. Hal ini berkat tangan dingin seorang caretaker bernama Rob Page.

Sebenarnya, Rob Page hanya menjadi pelatih sementara setelah Federasi Sepak Bola Wales memecat Ryan Giggs pada 2020 lalu.

Namun akhirnya Wales mampu meraih prestasi bersama Rob Page hingga dirinya sukses mendapatkan perpanjangan kontrak selama empat tahun ke depan.

Bila melihat rekam jejak Wales di bawah asuhan Rob Page, Gareth Bale dkk sering menggunakan skema 4-2-3-1. Namun ia juga pernah menggunakan formasi tiga bek.

Formasi ini justru sukses mengantarkan Wales meraih tiket penentuan ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Saat itu mereka mampu mengalahkan Ukraina dengan skor 1-0.

Baca Juga

Daftar Pemain Timnas Wales untuk Piala Dunia 2022:

Kiper: Wayne Hennessey (Nottingham Forest), Danny Ward (Leicester City), Adam Davies (Sheffield United).

Belakang: Chris Gunter (AFC Wimbledon), Conor Roberts (Burnley), Ethan Ampadu (Spezia), Chris Mepham (Bournemouth), Joe Rodon (Rennes), Ben Davies (Tottenham), Ben Cabango (Swansea City), Neco Williams (Nottingham Forest), Tom Lockyer (Luton Town).

Baca Juga

Tengah: Joe Allen (Swansea City), Joe Morrell (Portsmouth), Matthew Smith (MK Dons), Dylan Levitt (Dundee United), Sorba Thomas (Huddersfield), Rubin Colwill (Cardiff City), Jonny Williams (Swindon Town), Aaron Ramsey (OGC Nice), Harry Wilson (Fulham).

Depan: Daniel James (Fulham), Gareth Bale (Los Angeles FC), Kieffer More (Bournemouth), Mark Harris (Cardiff City), Brennan Johnson (Nottingham Forest).

Prediksi Starting XI:

4-2-3-1: Danny Ward; Conor Roberts, Joe Rodon, Ben Davies, Neco Williams; Joe Allen, Aaron Ramsey, Harry Wilson, Kieffer More, Gareth Bale; Daniel James.

Baca Juga

2. Player to Watch

Gareth Bale merayakan kemenangan Wales atas Turki dalam lanjutan Euro 2020 lalu.

Untuk pemain penting di Timnas Wales, tentu sosok Fateh Bale akan menjadi tumpuan di lini depan. Ia bakal memikul beban berat karena menjadi pemain paling senior dan berpengalaman.

Penyerang berusia 33 tahun tersebut pernah menjadi bintang ketika memperkuat raksasa Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Kemudian ia pernah juga menjadi andalan raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Di Timnas Wales, Gareth Bale sudah tampil sebanyak 106 laga dengan menyumbang 39 gol dan 14 asisst. Meski kini sudah tidak lagi muda dan bermain di klub MLS, Los Angeles FC, ia tetap diprediksi bisa merepotkan tim lawan.

Prediksi Timnas Wales di Piala Dunia 2022

Di ajang Piala Dunia 2022, Timnas Wales tergabung ke dalam Grup B bersama Iran, Inggris dan Amerika Serikat. Melihat peta kekuatan tersebut, besar kemungkinan Gareth Bale dkk bisa lolos ke babak 16 besar.

Hanya saja, Wales diprediksi lolos ke sistem gugur dengan berstatus sebagai runner up Grup B. Hal itu karena adanya keberadaan Timnas Inggris yang dihuni banyak pemain bintang.

Untuk Iran dan Amerika Serikat, kemungkinan Wales bisa mengatasi mereka. Apalagi Gareth Bale sendiri kini bermain di MLS dan tentu sudah tahu karakter para pemain dari Amerika Serikat. 

Gareth BaleWalesPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini