x

4 Negara yang Tak Disangka Bisa Lolos Piala Dunia, Indonesia Termasuk?

Minggu, 20 November 2022 18:20 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 4 negara yang tak disangka-sangka bisa lolos ke babak putaran final Piala Dunia. Lantas, apakah Indonesia termasuk?

Menjadi kontestan Piala Dunia bagi negara-negara yang sepak bolanya sudah begitu maju tampaknya bukan menjadi sesuatu yang istimewa.

Sebut saja Brasil, Argentina, Inggris, Prancis, Portugal, Belanda, hingga Jerman yang mayoritas olahraga sepak bolanya sudah memadukan dengan teknologi.

Ada juga dengan Iran, Jepang, dan Korea Selatan yang olahraga sepak bola juga sudah menjadi nomor teratas di kawasan benua Asia saat ini.

Namun, bagaimana jika yang dapat masuk ke menjadi kontestan Piala Dunia adalah negara yang tidak maju dalam sepak bolanya bahkan tidak diunggulkan?

Baca Juga

Ternyata, hal itu pernah menimpa beberapa negara dengan industri sepak bolanya yang tidak begitu berkembang dibanding negara-negara Eropa.

Salah satunya adalah Kuba. Kubra sendiri merupakan negara kecil yang berada di Amerika Tengah. Kala itu tak ada yang menyangkan negara kecil ini bisa lolos Piala Dunia.

Baca Juga

Hal itu Kuba rasakan setidaknya pada tahun 1938 silam. Uniknya, meskipun bukan tuan rumah, kala itu Kuba termasuk negara yang lolos ke putaran final Piala Dunia tanpa melalui babak kualifikasi.

Berhasil menang dipertandingan pertama atas Rumania, Kuba harus terssingkir di pertandingan keduanya saat melawan Swedia yang berakhir dengan skor kekalahan 8-0.

Selain Kuba, ternyata ada negara-negara lain yang tak pernah disangka-sangka bisa lolos ke Piala Dunia. Negara mana sajakah itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 1. El Salvador

Trofi Piala Dunia.

Selain Kuba, ada juga negara lain yang tak pernah disangka-sangka ternyata bisa menembus putaran final Piala Dunia, yakni El Salvador.

Negara yang menjadi tetangga Kuba karena sama-sama berada di wilayah Amerika Tengah ini berhasil lolos ke putaran fina Piala Dunia pada tahun 1970 di Meksiko

Kala itu, El Salvador harus menelan pil pahit karena langsung tergabung ke dalam grup neraka bersama Uni Soviet, Meksiko, dan Belgia.

Berada di grup sulit dengan kontestan lain memiliki sejarah sepak bola mentereng, El Salvador harus tersingkir tanpa meraih satu poin pun.

Kendati begitu, El Salvador bisa kembali ke putaran final Piala Dunia pada tahun 1982. Saat itu, lagi-lagi mereka harus berada di grup berat bersama Argentina, Belgia, dan Hungaria.

Baca Juga

2. Israel

Negara selanjutnya yang mengejutkan dengan mampu berhasil lolos tak terduga ke putaran final Piala Dunia adalah Israel.

Pada kompetisi internasional di level klub, Israel memang kerap mengirimkan tim terbaiknya ke dalam kompetisi tersebut.

Baca Juga

Hal itu dapat dilihat di Liga Champions 2022/23 di mana mereka berhasil menurunkan Machabi Haifa untuk berada di kompetisi klub tingkat Eropa tersebut.

Cukup mentereng di level klub, pada level tim nasional, Israel begitu melempem. Namun, siapa sangka, meski melempem ternyata Israel pernah juga lolos ke putaran final Piala Dunia.

Hal itu dirasakan Israel pada tahun 1970, saat Piala Dunia berlangsung di Meksiko dengan menghasilkan Brasil sebagai juaranya.

Baca Juga

2. 3. Irak

Timnas Hindia Belanda saat Piala Dunia 1938 silam.

Berbeda dengan negara-negara timur tengah lain seperti Iran, Qatar, dan Arab Saudi yang cukup maju dalam urusan sepak bolanya, bagi Irak ternyata nasib itu berbeda.

Namun, meski cukup ironis tapi siapa sangka Irak ternyata pernah lolos ke Piala Dunia edisi 1986 yang berlangsung di Meksiko.

Irak berhasil lolos setelah berhasil membungkan Uni Emirat Arab. Hasil tersebut membuat mereka kemudian masuk ke babak fase grup bersama dengan Belgia, Paraguay, dan Meksiko.

Baca Juga

Berada di grup yang cukup berat, Irak harus menerima dengan mengakhiri turnamen dengan berada di posisi dasar klasemen dan membuat mereka tidak lolos.

4. Indonesia

Siapa yang menyangka Indonesia bakal lolos Piala Dunia? Pasti banyak yang menjawab tidak mungkin. Akan tetapi, ternyata skuad Garuda pernah melakukannya.

Baca Juga

Hal itu terjadi saat Piala Dunia tahun 1938. Saat itu Indonesia masih bernama Hindia-Belanda dan berebut tempat dengan Jepang.

Namun, karena Jepang terlibat perang, Jepang akhirnya mengundurkan diri sehingga Hindia Belanda lah yang lolos.

Berhasil lolos, Hindia Belanda langsung kalah 6-0 di pertandingan pertamanya saat berhadapan dengan Hungaria.

Baca Juga
Piala DuniaIndonesiaTimnas IndonesiaSepak Bola

Berita Terkini