x

5 Fakta Terbongkar Usai Pertandingan Piala Dunia 2022 antara Senegal vs Belanda

Selasa, 22 November 2022 10:21 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Belanda, Davy Klaassen merayakan gol di laga Piala Dunia 2022 REUTERS-Kai Pfaffenbach

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik terbongkar usai pertandingan Piala Dunia 2022 antara timnas Senegal vs timnas Belanda.

Duel seru tersaji di laga lanjutan babak penyisihan Grup A antara Senegal vs Belanda di Stadion Al Thumama, Qatar, Senin (21/11/22) malam WIB.

Kedua tim bermain sangat sengit saling jual beli serangan, sebelum akhisnya Belanda menang dengan skor akhir 2-0.

Belanda sendiri kesusahan untuk merebut tiga poin, menyusul sulitnya pertahanan Senegal untuk dibongkar.

Buktinya, babak pertama saja beberapa kali serangan Belanda mampu diredam. Sedangkan Senegal yang menerapkan permaina serangan balik cepat, juga bukan tanpa ancaman.

Baca Juga

Namun sayang, sejumlah peluang yang diperoleh Senegal belum bisa dimanfaatkan lini depan. Skor 0-0 menghiasi babak pertama.

Memasuki babak kedua, Belanda masih bermain dengan atraktif. Mereka mendominasi jalannya laga, tapi baru menit ke-84 bisa memecah kebuntuan.

Baca Juga

Cody Gakpo mencetak gol setelah sundulannya menyambut umpan silang dari Frenkie de Jong bisa dimanfaatkan dengan baik.

Di ujung laga, Belanda membuat gol keduanya di menit ke-90+9 injury time. Davi Klaassen mencetak gol, dan menutup laga dengan skor 2-0.

Kemenangan ini membuat Belanda memuncaki klasemen dengan koleksi 3 poin, unggul statistik dari Ekuador di peringkat ke-2 dengan 3 poin juga. Sementara Senegal berada di peringkat ke-3 tanpa poin.

Usai pertandingan Sengal vs Belanda di Piala Dunia 2022, sejumlah fakta menarik hadir. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Statistik Mentereng Louis van Gaal

Duel udara Pemain Senegal Edouard Mendy dan Idrissa Gana Gueye dengan pemain Belanda Denzel Dumfries di Piala Dunia Qatar. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Louis van Gaal menorehkan rekor apik bersama Timnas Belanda di laga perdana Piala Dunia 2022. 

Menang atas Senegal 2-0, memperpanjang rekor kemenangannya di pertandingan internasional. 

Dilansir dari ESPN, sejak Van Gaal menjabat kembali kursi kepelatihan timnas Belanda pada Agustus 2021, De Oranje belum pernah merasakan kekalahan.

Dari 16 laga, De Oranje sukses dibawanya meraih 14 kemenangan dan hanya merasakan 2 hasil imbang.

Tak hanya itu, di bawah asuhan Louis van Gaal, Belanda juga tampil cukup tajam. Mereka tidak pernah gagal mencetak gol dalam 16 laga beruntun.

Pemain Debutan Selamatkan Belanda

Kemenangan timnas Belanda atas Senegal di Piala Dunia 2022, tidak lepas dari permainan impresif pemain debutan.

Cody Gakpo dan Davy Klaassen adalah pemain yang baru pertama kali mentas di Piala Dunia. Gakpo diboyong Van Gaal berkat penampilan apik bersama PSV musim ini.

Sedangkan Klaassen meski usianya sudah tidak muda lagi 29 tahun, tapi ia jadi pemain penting di lini tengah Ajax sehingga dipanggil memperkuat timnas.


2. 50 Caps Virgil van Dijk

Duel udara Pemain Senegal Edouard Mendy dan Idrissa Gana Gueye dengan pemain Belanda Denzel Dumfries di Piala Dunia Qatar. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Kemenangan atas Senegal menandai penampilan ke-50 Virgil van Dijk bersama Belanda dan yang pertama di turnamen mayor. 

Hanya Gejus van der Meulen yang memainkan lebih banyak pertandingan Oranje sebelum memulai debutnya di Piala Dunia atau EURO (54) daripada Van Dijk.

Lanjutkan Tanpa Kebobolan

Belanda menjadi satu-satunya tim yang lolos ke Piala Dunia 2022 dengan mencatatkan clean sheet dari masing-masing tiga pertandingan Piala Dunia terakhir mereka.

Kini mereka melanjutkannya pada edisi 2022, usai menang 2-0 atas Senegal.

Gol Terlambat

Gol Davy Klaassen pada menit 98 detik 17 adalah gol kedua paling terlambat di Piala Dunia (sejak 1966) di luar perpanjangan waktu setelah gol Mehdi Taremi di laga Inggris vs Iran tadi malam (102:30).

BelandaPiala Dunia 2022SenegalTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini