x

5 Kekalahan Tak Terduga di Piala Dunia, Terbaru Menimpa Timnas Argentina

Rabu, 23 November 2022 14:49 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Lionel Messi dan Angel Di Maria terlihat kecewa usai kalah atas Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM – Berikut adalah lima kejutan yang terjadi di pertandingan-pertandingan Piala Dunia, terbaru adalah Arab Saudi yang berhasil mengalahkan Argentina.

Piala Dunia 2022 akhirnya telah bergulir pada Minggu (20/11/22) yang lalu dan dibukan dengan pertandingan antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador.

Kini, gelaran empat tahunan sekali itu telah memasuki hari ke empat hari hingga Rabu (23/11/22). Sejumlah negara unggulan pun turut memberikan hasil yang positif.

Seperti Inggris yang berhasil membungkam Iran dengan skor telak 6-2. Begitu juga Belanda yang turutu menang dengan skor 2-0 atas Senegal.

Terbaru, sang juara bertahan Piala Dunia, Prancis juga berhasil membukukan kemenangan saat menghadapi Australia dengan skor 4-1.

Baca Juga

Keberhasilan negara-negara unggulan tersebut setidaknya tetap membuat mereka berada pada tujuan mereka untuk memenangkan Piala Dunia 2022.

Namun, dalam gelaran sepak bola paling bergengsi di dunia bukannya tanpa kejutan. Beberapa kejutan tun pernah terjadi.

Baca Juga

Seperti negara-negara non-unggulan yang berhasil mengalahkan para kandidat-kandidat juara di gelaran Piala Dunia.

Tak ayal, negara non-unggulan yang menjegal langkah negara unggulan tersebut bak langsung memberi kode keras bahwa mereka bukan lawan yang remeh.

Lantas, pertandingan mengejutkan mana saja yang pernah tersaji di Piala Dunia sejak pertama kali diselenggarkan pada 1930 itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 1. Amerika Serikat vs Inggris (Piala Dunia 1950)

Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

Pertandingan pertama yang mengejutkan jagad sepak bola di gelaran Piala Dunia adalah saat laga Amerika Serika melawan Inggris di Piala Dunia 1950.

Sebagaimana diketahui bersama, Timnas Inggris sendiri memiliki sejarah sepak bola yang kental. Bahkan, dari waktu ke waktu, skuad tim nasional mereka tak pernah habis dari nama-nama pemain bintang.

Namun, siapa sangka ternyata Inggris pernah dijungkalkan secara tak terduga oleh negara non-unggulan? Ya, momen itu terjadi saat Piala Dunia edisi 1950.

Dihuni para pemain bintang saat itu seperti Alf Ramsey, Tom Finney hingga Billy Wright, The Three Lions harus takluk atas lawannya, Amerika Serikat dengan skor 1-0.

Hal itu terbilang mengejutkan sebab saat itu Amerika Serikat hanya diisi oleh para pesepak bola amatir yang pekerjaan utamanya justru karyawan pencuci piring hingga guru.

Baca Juga

2. Korea Utara vs Italia (Piala Dunia 1966)

Negara selanjutnya yang mengalami kekalahan mengejutkan atas lawannya adalah juara dunia 4 kali Piala Dunia, Italia.

Momen itu terjadi pada Piala Dunia 1966 silam, dimana Italia berhadapan dengan salah satu wakil Asia saat itu, yakni Korea Utara.

Baca Juga

Tidak diunggulkan, Korea Utara justru menjadi petaka bagi Gli Azzurri. Secara mengejutkan mereka mampu menyingkirkan wakil kuat Eropa tersebut.

Korea Utara berhasil menggulung Italia dengan skor tipis 1-0. Kala itu, Italia memang harus kehilangan salah satu bintangnya, Giacomo Bulgarelli yang menepi karena cedera.

Belum diizinkannya pergantian pemain saat itu membuat Italia kalah jumlah pemain. Kekalahan dari Korea Utara tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat Gli Azzurri tak lolos fase knock-out.

Baca Juga

2. 3. Prancis vs Senegal (Piala Dunia 2002)

Aksi Mohammed Al-Owais menyelamatkan gawang Arab Saudi dari gempuran Argentina di Piala Dunia 2022 (REUTERS/Marko Djurica)

Setelah menjadi kampiun pada Piala Dunia 1998 secara mengejutkan Prancis harus terseok-seok di babak penyisihan grup.

Berhadapan dengan Senegal yang saat itu tidak diunggulkan, Prancis harus keok dengan skor tipis, 0-1. Kekalahan tersebut turut menjadi salah satu kekalahan mengejutkan sepanjang sejarah Piala Dunia.

Kala itu satu-satunya gol yang tercipta datang dari Papa Bouba Diop. Di akhir fase grup, Senegal berhasil melaju ke fase gugur, sementara Prancis terjerumus di dasar klasemen.

4. Jerman vs Brasil (Piala Dunia 2014)

Piala Dunia 2014 sebenarnya bisa menjadi peluang Brasil dalam mengembalikan derajat mereka menjuarai ajang empat tahunan sekali itu.

Baca Juga

Brasil yang tampil apik di babak penyisihan grup kemudian berhasil lolos hingga babak semi final. Pada babak semi final ini, kejutan pun terjadi.

Menghadapi Jerman, Brasil harus takluk dengan skor telak 7-1. Tak hanya tersingkir Brasil juga harus menanggung malu atas skort tersebut.

Baca Juga

5. Argentina vs Arab Saudi (Piala Dunia 2022)

Kekalahan mengejutkan juga baru saja terjadi di Piala Dunia 2022 di mana Argentina yang menjadi korban.

Diunggulkan secara materi pemain, La Albiceleste justru harus menanggung malu setelah keok 1-2 di pertandingan pertama babak penyisihan grup melawan Arab Saudi.

Sempat unggul terlebih dahulu melalui sepakan penalti Lionel Messi, Argentina justru harus diputar balik. Memasuki babak kedua, Arab Saudi yang tampil dengan serangan balik efektif berhasil melesatkan dua gol ke gawang Emiliano Martinez.

Baca Juga
InggrisArgentinaPiala DuniaArab SaudiPiala Dunia 2022

Berita Terkini