x

5 Pemain Gen Z Terakhir yang Cetak Gol untuk Manchester United, Bagaimana Nasibnya?

Rabu, 23 November 2022 22:45 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Mason Greenwood, wonderkid Manchester United

INDOSPORT.COM - Manchester United sebenarnya rajin menelurkan para pemain berbakat. Berikut 5 pemain Gen Z terakhir yang cetak gol untuk tim berjuluk Setan Merah itu. 

Menurut penelitian dari Beresford Research, mereka yang lahir dari tahun 1997 hingga 2012 sudah masuk kategori Gen Z. 

Baca Juga

Yang berarti, Gen Z adalah mereka yang di tahun 2022 hingga Desember mendatang, memiliki usia di rentang 9 tahun sampai 25 tahun. 

Menariknya, Manchester United ternyata sudah mencatat 5 pemain Gen Z terakhir yang mencetak gol untuk mereka di laga kompetitif. 

Tentu saja yang terakhir adalah Alejandro Garnacho, wonderkid asal Argentina yang mencetak gol ke gawang Fulham pada 13 November kemarin. 

Baca Juga

Namun sebelum Garnacho, ada pemain-pemain Gen Z lain yang mencetak gol untuk Manchester United. Siapa sajakah mereka?

5. Mason Greenwood

Mason Greenwood sempat menjadi buah bibir karena kualitasnya di usia yang masih amat belia, namun mampu bersaing di skuat senior Manchester United. 

Gol perdananya untuk Setan Merah tercipta di Liga Europa pada September 2019 lalu, di usia yang belum genap 18 tahun. 

Baca Juga

Sejak debut di musim 2018/2019 hingga musim 2021/2022 kemarin, Greenwood sudah mengantongi 35 gol untuk Man United di semua kompetisi. 

Namun sayang, pemain kelahiran 1 Oktober 2001 ini harus menunda karirnya karena kasus kekerasan kepada kekasihnya. Kontraknya pun masih berlangsung di Old Trafford, namun dia sementara waktu diasingkan dari skuat. 


1. Alejandro Garnacho, Wonderkid Baru Man United

Alejandro Garnacho, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Craig Brough

2. Antony Elanga

Ketika usianya masih remaja, Anthony Elanga ternyata juga sudah mencetak gol. Terjadi pada pekan terakhir Liga Inggris musim 2020/2021 lalu. 

Ketika itu, Manchester United menghadapi Wolverhampton dan Elanga tampil sejak menit pertama. Gol debutnya terjadi pada menit ke-13. 

Elanga pun sampai sekarang masih ada di skuat senior Man United sejak awal musim 2022/23. Sejak debutnya di 2021, pemain kelahiran 27 April 2002 ini sudah tampil 42 kali di semua kompetisi. 

Baca Juga

1. Alejandro Garnacho

Alejandro Garnacho merupakan pemain Gen Z terbaru yang mencetak gol untuk Manchester United. Debut di skuat senior sebenarnya sudah terjadi di laga terakhir Liga Inggris musim 2021/22..

Sementara gol debutnya di Liga Inggris baru terjadi pada pekan ke-16 ketika MU menghadapi Fulham pada 13 November 2022 kemarin. 

Gol tersebut bukan hanya spesial karena kali pertama, tapi juga memenangkan Man United dengan skor 2-1 atas Fulham, tepat sebelum Piala Dunia 2022 digelar.


2. Pemain Gen Z Mahal Man United, Ke Mana Sekarang Amad Diallo?

Bintang MU, Amad Diallo berlari menggiring bola dan dibayangi pemain AC Milan, Diogo Dalot.

4. Brandon Williams

Bek kiri asal Inggris, Brandon Williams juga merupakan alumni akademi Manchester United yang debut bersama skuat senior pada September 2019. 

Gol perdananya terjadi dua bulan kemudian di saat usianya baru 19 tahun. Sejauh ini, Williams sudah mencatat 50 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga

Namun setelah gol perdananya di bulan November 2019, pemain kelahiran 3 September 2000 ini belum lagi mencetak gol keduanya untuk MU. 

Di bawah kepelatihan Erik Ten Hag sejak awal musim 2022/2023, Brandon Williams juga belum pernah tampil semenit pun. 

Nampaknya, Williams bisa menempuh transfer peminjaman ke klub lain. Mengingat di musim 2021/2022 kemarin, dia dipinjamkan MU ke Norwich City guna menambah jam terbang. 

Baca Juga

3. Amad Diallo

Amad Diallo sebenarnya bukan alumni akademi Manchester United, dia direkrut dari klub Liga Italia pada Januari 2021 di usianya yang baru 19 tahun. 

Meski masih belia, Man United tampak begitu yakin merekrutnya dengan membayar mahal di angka 21,3 juta euro atau setara Rp348 miliar. 

Dengan bakatnya, pemain asal Pantai Gading ini pun sudah mencetak gol debutnya untuk MU di Maret 2021, usianya belum genap 20 tahun. 

Baca Juga

Tapi sayang, pemain yang lahir pada 11 Juli 2002 silam ini sangat terbatas waktu bermainnya di skuat senior Manchester United. 

Dia terus dipinjamkan ke beberapa klub termasuk musim 2022/2023 ini, dipinjamkan ke sesama klub Liga Inggris, Southampton.

Manchester UnitedLiga InggrisMason GreenwoodAlejandro Garnacho Ferreyra

Berita Terkini