x

Harry Kane Cedera Ankle! 4 Formasi Ini Andalan Inggris Bekuk Amerika Serikat di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022 18:26 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Harry Kane mencetak gol lewat penalti di laga Uji Coba Inggris vs Swiss (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

INDOSPORT.COM – Berikut merupakan formasi timnas Inggris pada gelaran Piala Dunia 2022, selepas kehilangan Harry Kane yang terkena cedera ankle.

Timnas Inggris ternyata harus mengalami nasib sial usai sang kapten, Harry Kane disebut menderita cedera ankle saat menjalani partai Piala Dunia 2022 melawan Iran.

Dalam laga yang akhirnya dimenangi oleh timnas Inggris dengan skor 6-2 atas Iran, Harry Kane diganti di babak kedua oleh Callum Wilson.

Kini, dilansir dari Daily Mail, penyerang Tottenham Hotspur ini akan absen dalam laga lanjutan timnas Inggris melawan Amerika Serikat.

Hal ini tentu memicu kekhawatiran di benak fans timnas Inggris, lantaran Harry Kane merupakan satu dari dua penyerang yang dibawa oleh sang pelatih, Gareth Southgate.

Baca Juga

Bahkan, timnas Inggris sebenarnya hanya menyisakan Callum Wilson sebagai penyerang tengah dan sisanya adalah para penyerang sayap.

The Three Lions sebenarnya bisa saja membawa pemain lain, yaitu Ivan Toney yang tampil tajam bersama dengan Brentford.

Baca Juga

Namun demikian, susunan pemain Gareth Southgate di Piala Dunia 2022 akhirnya hanya menggunakan dua penyerang, yaitu Harry Kane dan Callum Wilson yang hanya bisa ditampilkan bergantian.

Lantaran Harry Kane terkena cedera ankle, tentu timnas Inggris harus berpikir keras soal siapa dan formasi apa yang ditampilkan dalam laga lanjutan Piala Dunia 2022 melawan Amerika Serikat.

Berikut formasi yang bisa ditampilkan oleh timnas Inggris dalam lanjutan Piala Dunia 2022 melawan Amerika Serikat dengan cederanya Harry Kane.

Baca Juga

1. 4-2-3-1

Harry Kane dan skuad Inggris merayakan gol ke gawang Denmark dalam laga semifinal Euro 2020, Kamis (08/07/21) dini hari WIB.

Formasi 4-2-3-1 adalah pola permainan terbaik Inggris di kompetisi besar dan terbukti mampu membawa mereka mampu melaju ke semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa 2021 lalu.

Pola inilah yang sebenarnya coba dihadirkan oleh pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate dan sukses memporak-porandakan Iran dengan skor 6-2 di partai pertama Piala Dunia 2022.

Dengan absennya Harry Kane, timnas Inggris otomatis hanya akan mengganti penyerang tengah, dengan Callum Wilson sebagai kandidat utama.

Sebagai pemain sayap, timnas Inggris akan tetap menurunkan Raheem Sterling di kiri dan Bukayo Saka di kanan.

Sementara, pemain lain kemungkinan tak akan berubah posisi dan akan memberikan kestabilan di tubuh timnas Inggris saat berlaga melawan Amerika Serikat di Piala Dunia 2022.

4-2-3-1 False Nine

Baca Juga

Untuk menggantikan peran Harry Kane, timnas Inggris bisa mengubah pendekatan bermain dengan memasang pemain yang punya peran berbeda.

Harry Kane sebagai seorang penyerang utama sebenarnya bisa saja digantikan oleh seorang false nine, yang banyak dimiliki oleh timnas Inggris.

Baca Juga

Marcus Rashford menjadi kandidat terdepan jika timnas Inggris berniat menggunakan false nine karena punya kecepatan yang baik.

Selain itu, postur Rashford pun menjanjikan untuk seorang penyerang, sehingga Timnas Inggris tak perlu khawatir soal mengirim bola atas.

Timnas Inggris juga masih memiliki Raheem Sterling dengan kecepatan yang bagus untuk menggantikan posisi Harry Kane di lini depan.

Baca Juga

2. 4-3-3

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Formasi berbeda yang bisa digunakan oleh timnas Inggris dengan absennya Harry Kane adalah 4-3-3 yang akan memaksimalkan sang penyerang tengah.

Untuk formasi ini, Timnas Inggris bisa menurunkan Callum Wilson sebagai penyerang tengah dan menggunakan Raheem Sterling serta Bukayo Saka sebagai sayap kiri dan kanan.

Tentu saja, pada formasi ini ada pemain yang akan dikorbankan, yaitu Mason Mount yang tampil kurang maksimal di laga Piala Dunia 2022 menghadapi Iran.

Tak mampu bermain sebagai gelandang serang, gelandang Chelsea ini mungkin akan tampil bagus jika digeser ke belakang sebagai gelandang tengah.

Dengan demikian, performa Declan Rice dan Jude Bellingham bisa semakin baik sebagai duet gelandang pemutus serangan dan box to box di timnas Inggris.

4-3-3 False Nine

Baca Juga

Variasi formasi timnas Inggris berikutnya adalah 4-3-3 dengan false nine yang kerap kali digunakan oleh Manchester City.

Dengan kondisi ini, peran Phil Foden bisa dimaksimalkan, mengingat pemain yang satu ini adalah andalan sang pelatih, Pep Guardiola dan sudah paham cara bermainnya.

Baca Juga

Phil Foden akan berperan sebagai pembagi bola di depan untuk memaksimalkan kecepatan dua sayap Inggris, Raheem Sterling dan Bukayo Saka.

Kondisi ini akan membuat ruang sayap jadi terbuka, sehingga Sterling dan Saka bisa memanfaatkan ruang kosong untuk menjadi gol.

Tentu saja timnas Inggris akan tampil lebih cepat di Piala Dunia 2022 jika menggunakan formasi ini dalam laga melawan Amerika Serikat.

Baca Juga
Harry KanePiala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini