x

Hasil Piala Dunia 2022 Jerman vs Jepang: Der Panzer Tumbang dari Samurai Biru

Rabu, 23 November 2022 22:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi para pemain Jepang usai Takuma Asano menjebol gawang Jerman di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Sempat unggul lebih dulu dan menguasai jalannya pertandingan, Jerman pada akhirnya harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 1-2 dalam pertandingan pertama Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/22) malam WIB di Stadion Internasional Khalifa.

Tim Der Panzer yang mampu menguasai sepanjang laga dibuat tak berkutik dengan permainan semangat pantang menyerah yang diperlihatkan oleh Tim Samurai Biru.

Mereka sempat unggul lebih dulu di menit ke-33 lewat gol Ilkay Gundogan dari titik putih penalti.  Namun Jepang yang bermain dengan semangat tinggi sukses mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 lewat gol Ritsu Doan di menit ke-75 dan Takuma Asano di menit ke-83.

Baca Juga

Hasil ini pun membuat Jepang menempati posisi puncak klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 Qatar dengan raihan tiga poin, sedangkan Jerman harus rela menempati posisi juru kunci.

Babak Pertama

Meski kurang diunggulkan dalam pertandingan ini, Jepang mampu merepotkan para pemain Jerman dengan permainan cepat mereka.

Buktinya, mereka nyaris membuka keunggulan pada menit ketujuh melalui Daizen Maeda. Sayang pemain bernomor punggung 25 ini berada dalam posisi offside sehingga golnya pun tak sah.

Skuat Jerman yang memiliki pengalaman mencoba untuk bermain tetap tenang, namun juga tak jarang melepaskan sejumlah serangan yang membuat lini pertahanan Jepang harus bekerja keras.

Baca Juga

Permainan cepat dari Jerman membuat pemain Jepang sedikit kelabakan, kiper mereka, Shuichi Gonda kedapatan melanggar penggawa Jerman, David Raum di kotak terlarang dan penalti pun tak terhindarkan.

Playmaker Jerman, Ilkay Gundogan yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan eksekusi penalti dengan baik. Skor 1-0 untuk tim Panzer di menit ke-33.

Unggul 1-0 membuat permainan tim besutan Hans Flick semakin dominan, sementara Jepang mencoba menurunkan tempo.

Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Jerman yang terus membombardir lini pertahanan Jepang. Beberapa kali mereka mampu melepaskan sejumlah ancaman ke gawang Negeri Sakura.

Di perpanjangan waktu babak pertama, tim Panzer nyaris menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat Kai Havertz. Sayang, penggawa Chelsea ini berada dalam posisi offside dan golnya pun dianulir.

Skor 1-0 untuk Jerman tak berubah di babak pertama.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Aksi kiper Jepang Shuichi Gonda penyelamatan gawang di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Di awal babak kedua, Jepang mencoba untuk bermain lebih tenang, sementara Jerman tak menunggu waktu lama untuk menggencarkan serangan.

Memasuki pertengahan babak kedua, Jepang mulai memanas. Tak ingin terus-menerus diserang, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu mengganti sejumlah pemainnya.

Hasilnya cukup terbukti. Jepang mampu bermain lebih menyerang dan bisa mengimbangi permainan Jerman.

Baca Juga

Mereka pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat laga memasuki menit ke-71 melalui pemain pengganti, Ritsu Doan.

Skor 1-1 membuat pertandingan menjadi semakin sengit. Kedua tim sama-sama melakukan jual beli serangan.

Tak mau Jepang larut dalam kegembiraan, Jerman mencoba untuk menaikkan tempo serangan dengan terus menggencarkan serangan.

Sayangnya, Jepang sigap dan bisa melakukan serangan balik yang membuat lini pertahanan Jerman juga harus waspada.

Permainan Tim Der Panzer yang terburu-buru mencari gol kedua justru menjadi bumerang untuk mereka.

Baca Juga

Jepang yang lebih sabar berhasil mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 lewat gol Takuma Asano di menit ke-83.

Jepang yang jadi lebih percaya diri mencoba untuk meggencarkan serangan. Saat memasuki menit akhir, barulah mereka memilih bermain aman untuk menutup rapat lini pertahanan sambil sesekali melepaskan serangan balik.

Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 2-1 tak berubah untuk keunggulan Jepang atas Jerman dalam pertandingan pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/22) malam WIB.

Susunan Pemain Jerman vs Jepang

Jerman (4-2-3-1)

Manuel Neuer; Niklas Sule, Antonio Rudiger, Nico Schlotterbeck, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Serge Gnabry, Thomas Muller, Jamal Musiala; Kai Havertz

Cadangan: Kevin Trapp, Marc-Andre ter Stegen, Matthias Ginter, Thilo Kehrer, Leon Goretzka, Nicklas Fulkrug, Mario Gotze, Lukas Klostermann, Julian Brandt, Jonas Hofmann, Christian Gunter, Karim Adeyami, Armel Bella-Kotchap, Youssoufa Moukoko, Leroy Sane

Pelatih: Hans Flick

Jepang (4-4-2)

Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Ko Itakura, Hiroki Sakai; Take Kubo, Ao Tanaka, Wataru Endo, Junya Ito; Daizen Meda, Daichi Kamada

Cadangan: Eiji Kawashima, Daniel Schmidt, Miki Yamane, Shogo Taniguchi, Gaku Shibasaki, Ritsu Doan, Kaouru Mitoma, Takumi Minamino, Takehiro Tomiyasu, Takuma Asano, Shuto Machino, Ayase Ueda, Yuki Soma, Hiroki Ito, Hidemasa Morita

Pelatih: Hajime Moriyasu

Baca Juga
JepangJermanPiala DuniaIlkay GundoganPiala Dunia 2022Hasil Piala Dunia 2022

Berita Terkini