x

Liga Inggris: Bakal Dijual Keluarga Glazer, Legenda AC Milan Bersiap Akuisisi Manchester United

Kamis, 24 November 2022 22:43 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Mantan pemain AC Milan, David Beckham, berancang-ancang untuk membeli Manchester United setelah keluarga Glazer memutuskan akan menjual klub Liga Inggris itu. REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COM - Mantan pemain AC Milan, David Beckham, berancang-ancang untuk membeli Manchester United setelah keluarga Glazer memutuskan akan menjual klub Liga Inggris itu.

Beberapa minggu terakhir ini, Manchester United seolah berhasil mencuri perhatian banyak pihak terutama para pecinta sepak bola yang tengah menyambut gelaran akbar Piala Dunia 2022 di Qatar.

Bagaimana tidak mencuri perhatian? Pasalnya Manchester United sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja setelah ribut dengan megabintang Cristiano Ronaldo lewat wawancara kontroversialnya dengan Piers Morgan.

Bahkan buntut dari wawancara kontroversial tersebut, Cristiano Ronaldo dan Manchester United akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kontrak kerja sama mereka di penghujung tahun 2022 ini meski Liga Inggris 2022/2023 masih belum selesai.

Tak berhenti di situ saja, Manchester United kembali membuat gempar dunia lewat pernyataan yang dikeluarkan sang pemilik yakni, Avram Glazer dan Joel Glazer.

Baca Juga

Seperti terkena efek domino dari kepergian Cristiano Ronaldo, Avram dan Joel Glazer akhirnya memutuskan untuk menjual mayoritas saham kepemilikan Manchester United yang sudah dikuasainya selama kurang lebih 17 tahun lamanya.

Keluarga Glazer menyatakan bahwa mereka terbuka untuk melakukan investasi lebih lanjut di klub demi kepentingan masa depan klub. Berkaca dengan penjualan Chelsea yang baru-baru ini dibeli oleh taipan asal Amerika Serikat, Todd Boehly dengan harga mencapai 4,25 miliar poundsterling atau setara Rp 80 triliun.

Baca Juga

Keluarga Glazer menilai Manchester United memiliki nilai di atas harga Chelsea tersebut, oleh sebab itu pemilik klub akan menjual tim berjuluk Setan Merah dengan target awal di angka 9 miliar poundsterling atau setara Rp 170 triliun.

Jelas angka tersebut terlampau mahal, maka dari itu pihak Glazer terbuka untuk melakukan negosiasi dan akhirnya mempertimbangkan tawaran yang akan datang sebesar 5 miliar poundsterling atau setara Rp 94 triliun.

Dalam proses penjualan Manchester United sendiri, Keluarga Glazers menunjuk The Raine Group sebagai penasehat finansial mereka. Menariknya The Raine Group merupakan makelar yang berhasil menjual Chelsea kepada taipan asal Amerika Serikat, Todd Boehly di awal tahun kemarin.

Baca Juga

1. David Beckham Tertarik Membeli Manchester United

David Beckham. Foto: Reuters/Matthew Childs

Berita terkait pernyataan keluarga Glazer siap menjual status kepemilikan Manchester United berhasil menarik perhatian para investor untuk mengajukan tawaran dan bahkan nilai saham tim berjuluk Setan Merah ini meningkat pesat berkat pernyataan tersebut.

Menurut laporan, investor dari Dubai menjadi dikabarkan sudah mulai merapat untuk mengajukan penawaran membeli klub Manchester United.

Tak cuma investor dari Dubai, salah satu miliarder asal Inggris sekaligus pemilik perusahaan Ineso, Sir Jim Ratcliffe menjadi sosok yang paling berminat untuk membeli Manchester United.

Bahkan Sir Jim Ratcliffe sudah jauh-jauh hari menyatakan ingin membeli klub kebanggaan kota Manchester tersebut sebelum Keluarga Glazers menyatakan bahwa ingin menjual status kepemilikan klub tersebut.

Menurut laporan Daily Mail, Sir Jim Ratcliffe akan segera mengajukan penawaran secara formal pada pekan ini, namun dirinya akan tetap berhati-hati dalam mengajukan penawaran karena tidak ingin menawar jauh di atas harga pasar.

Baca Juga

Sebelumnya, Sir Jim Ratcliffe sendiri gagal mengakuisisi Chelsea yang saat itu juga ditangani oleh Raine Group. Ia gagal membeli klub London tersebut karena ia menunggu terlalu lama untuk harganya jatuh.

Sementara Todd Boehly saat itu masuk lebih awal dan mengajukan penawaran yang membuatnya menjadi pemilik Chelsea yang anyar menggantikan Roman Abramovich.

Baca Juga

Demi menyukseskan dirinya untuk memberli Manchester United, dikabarkan bahwa Sir Jim Ratcliffe membuka peluang untuk melakukan kerja sama dengan mantan pemain AC Milan sekaligus legenda Setan Merah, David Beckham untuk melakukan pembelian.

Sebagai pemilik klub MLS, Inter Miami, David Beckham juga disebut tertarik untuk berinvestasi melalui konsorsium untuk membeli Manchester United.

Meski dikabarkan tertarik untuk membeli, baik Ratcliffe maupun Beckham belum melakukan pendekatan secara formal dalam 24 jam terakhir dengan pembicaraan awal masih belum berujung ke penawaran konkret.

Baca Juga


Sumber:  Daily Mail

Manchester UnitedCristiano RonaldoDavid BeckhamAC MilanAvram GlazerLiga Inggris

Berita Terkini