x

Dihajar Persebaya 1-5, Persis Solo Dinilai Kalah Terlalu Mudah di Stadion Manahan

Sabtu, 26 November 2022 20:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Uji coba Persis Solo melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (26/11/22). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, mengakui kekalahan timnya atas Persebaya Surabaya 1-5 dalam uji coba di Stadion Manahan Solo, Sabtu (26/11/22). Laskar Sambernyawa kalah terlalu mudah.

Persis Solo mencatatkan hasil mengkilap dalam 12 uji coba sebelumnya. Mereka mendapat sembilan kemenangan, tiga hasil imbang dan tanpa menderita kekalahan.

Bahkan, satu kemenangan didapat atas tim Singapura, Tanjong Pagar FC 5-2. Satu hasil imbang juga didapat ketika berbagi angka 1-1 dengan klub Malaysia, Johor Darul Takzim.

Namun, hasil itu tak ada artinya ketika Persis Solo kalah memalukan di kandang sendiri. Meski status laga hanya uji coba, namun kebobolan lima gol di kota Solo merupakan hal langka bagi Laskar Sambernyawa.

Persis Solo sudah kalah 0-3 pada babak pertama lewat gol yang dicetak Alta Ballah menit ke-12, Higor Vidal menit ke-36 dan Muhammad Hidayat menit ke-43.

Baca Juga

Persis Solo coba berbenah dengan memasukkan Irfan Bachdim dan Shulton Fajar, menggantikan Taufiq Febriyanto dan Althaf Indie. Namun, tak ada perubahan yang terjadi

Justru Persebaya mencetak gol lagi lewat Juninho menit ke-56. setelah gol itu, Persis Solo memasukkan banyak nama, seperti Samsul Arif, Ferdinan Sinaga dan Fabiano Beltrame.

Baca Juga

Lagi-lagi, perubahan itu tak membawa efek besar. Persebaya dengan mudah mencetak gol kelima menit ke-70 lewat Saiful. Gol baru didapat Persis Solo menit ke-86 lewat Samsul Arif. Sepakan memutar badan Samsul Arif sukses membobol klub yang dibelanya musim lalu.

Usai pertandingan, Rasiman, tak bisa menyembunyikan kekecewaan atas kekalahan telak ini. Menurutnya, sistem bertahan Persis Solo sangat mudah ditembus.

"Kita harus mengakui lawan bermain lebih baik daripada kita. Sebetulnya kita sudah mencoba segalanya, cuma kita terlalu cepat kena gol. Hampir setiap counter attack gol. Kita harus benahi lagi dari aspek defending, karena sebetulnya kita buat peluang, manage game dengan baik, tapi setiap counter attack terjadi gol," ujar Rasiman usai laga.

Baca Juga

1. Kebobolan dengan Mudah

Uji coba Persis Solo melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (26/11/22). (Foto: Persis Solo)

Dalam laga ini, Persis Solo tak menurunkan duet Fabiano Beltrame dan Jaimerson Xavier dari menit awal. Tak ada pula sosok Alexis Messidoro yang menjadi pengatur serangan.

Situasi itulah yang membuat Persis Solo kebobolan dengan mudah. Lini belakang kepayahan menandingi kecepatan pemain Persebaya. Sementara lini tengah gagal memotong serangan.

"Absennya beberapa pemain yang kreatif dan posisi center back yang membuat kita sangat mudah kebobolan. Ada beberapa juga yang baru sembuh cedera. Jadi belum total fit," tutur Rasiman.

Baca Juga

Beruntung bagi Persis Solo. Kekalahan ini terjadi saat lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023 masih belum jelas. Artinya, masih ada banyak waktu untuk berbenah lagi.

"Mudah-mudahan dengan sisa waktu yang ada kita bisa memanfaatkan untuk berbenah," ucap Rasiman.

Baca Juga

Saat ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang mengupayakan agar Liga 1 bisa berlanjut pada awal Desember nanti.

Bila sesuai rencana, artinya Persis Solo hanya memiliki waktu kurang dari dua pekan untuk berbenah.

Masih ada kemungkinan bahwa pembenahan dilakukan melalui uji coba lagi. Pada perencanaan awal, Persis Solo menjadwalkan dua uji coba pada pekan ini.

Baca Juga
Persebaya SurabayaSamsul ArifPersis SoloStadion Manahan SoloLiga IndonesiaLiga 1Rasiman

Berita Terkini

Berita Terpopuler