x

Lampaui Maradona, 3 Rekor yang Dipecahkan Lionel Messi di Pertandingan Argentina vs Meksiko

Minggu, 27 November 2022 10:50 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi Lionel Messi usai menjebol gawang Meksiko di grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Pedro)

INDOSPORT.COM – Lionel Messi sejatinya baru saja mencatatkan beberapa rekor di pertandingan Argentina vs Meksiko. Dalam rekor tersebut, Messi mampu lewati Diego Maradona.

Argentina baru saja mencatatkan kemenangan penting saat berlaga pada matchday kedua Grup C Piala Dunia 2022 saat melawan Meksiko.

La Albiceleste, julukan Argentina, berhasil melumat Meksiko dengan skor 2-0 dan memastikan peluang mereka lolos ke babak 16 besar masih terbuka.

Pada pertandingan tersebut, Argentina yang difavoritkan bakal melaju jauh di turnamen empat tahun sekali itu langsung bermain menekan sejak awal pertandingan.

Akan tetapi, pertahanan solid yang dipertunjukkan oleh lini belakang Meksiko membuat Argentina kesulitan untuk menembus kotak penalti lawan.

Baca Juga

Situasi tersebut setidaknya bertahan sepanjang babak pertama. Memasuki babak kedua, Argentina terlihat tidak menyerah dengan terus menggempur pertahanan Meksiko kembali.

Setelah berbagai usaha dikerahkan, armada Lionel Scaloni akhirnya berhasil mencetak gol pertamanya pada menit ke-64 melalui sepakan keras Lionel Messi.

Baca Juga

Tak cukup hanya satu gol, pada menit ke-87 Argentina memperbesar keunggulan mereka. Kali ini melalui tembakan Enzo Fernandez yang memanfaatkan umpan Lionel Messi.

Hingga akhir pertandingan, keunggulan 2-0 untuk kemenangan Argentina tetap tidak berubah. Kemenangan La Albicelester tersebut ternyata turut memberikan kesan kepada pemain bintang mereka, Lionel Messi.

Lionel Messi setidaknya mampu mencatatkan rekor-rekor penting saat laga Argentina vs Meksiko. Rekor apa saja itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 3. Samai Torehan Gol Diego Maradona

Tendangan kiri Lionel Messi ke arak gawang Mesiko membuahkan gol pertamanya di grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Rekor pertama yang dicatatkan Lionel Messi adalah menyamai torehan gol legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona.

Sebelumnya, Diego Maradona memang mencatatkan diri sebagai top skor sepanjang masa Argentina di gelaran Piala Dunia.

Maradona setidaknya membukukan delapan gol selama masa pengabdiannya kepada La Albiceleste. Namun, kini Maradona tampaknya tak sendirian.

Maradona saat ini telah ditemani Lionel Messi dalam urusan pencetak gol terbanyak Timnas Argentina di ajang Piala Dunia.

Satu gol Messi pada laga melawan Meksiko dini hari tadi telah membuatnya berada sejajar dengan Maradona.

Baca Juga

Delapan gol Lionel Messi tercatat datang dari empat Piala Dunia berbeda, yakni pada 2006, 2014, 2018, dan 2022.

2. Jumlah Penampilan Terbanyak Argentina

Tak hanya berhasil menyamai torehan gol legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, Messi juga turut menyamai caps dari pemain yang pernah membuat gol ‘tangan tuhan’ tersebut.

Baca Juga

Maradona sendiri sebelumnya telah menyandang sebagai pesepak bola yang mengemas jumlah penampilan terbanyak besama Argentina di Piala Dunia sebanyak 21 kali.

Kini, Maradona harus kembali tersaingi setelah Lionel Messi tampil membela Argentina saat melawan Meksiko dini hari tadi.

Bedanya dengan Maradona, Messi membutuhkan lima Piala Dunia berbeda untuk mengoleksi 21 penampilannya, sedangkan Maradona hanya butuh empat kali, yakni pada edisi 1982, 1986, 1990, dan 1994.

Baca Juga

2. 1. Beri Assist di 5 Edisi Piala Dunia

Selebrasi pemain Argentina, Lionel Messi usai mencetak gol untuk timnya melalui penalti pada perempat final Copa America Brasil 2021 antara Argentina vs Ekuador.

Rekor terakhir yang baru saja diukir Lionel Messi adalah dengan menjadi pesepak bola pertama yang mampu mengemas lima assist di lima edisi Piala Dunia.

Masing-masing assist yang digelontorkan Lionel Messi setidaknya harid pada Piala Dunia 2006, 2010, 2014, 2018, dan terakhir 2022.

Messi dan Argentina sendiri saat ini masih menyisakan satu pertandingan di babak penyisihan grup yang akan memberi kepastian soal langkah mereka di turnamen empat tahun sekali itu.

Baca Juga

Jika Argentina berhasil melalui babak penyisihan grup dan melanggeng jauh hingga babak-babak selanjutnya, bukan tidak mungkin Messi akan melebihi rekor yang selama ini ditorehkan para legenda Argentina.

Messi sendiri diprediksi juga akan terus tampil dengan performa terbaiknya mengingat Piala Dunia merupakan satu-satunya trofi yang belum ia menangkan sejauh ini.

Baca Juga

Argentina pada partai terakhir babak penyisihan grup nanti akan berhadapan dengan tim kuat, Polandia yang baru saja meraih kemenangan di partai kedua mereka.

Jika mampu mengatasi perlawanan Polandia di laga pemungkas nanti, Argentina yang diperkuat Lionel Messi akan dipastikan lolos ke babak 16 besar. Akan tetapi, jika hanya bermain imbang atau kalah, semua akan bergantung kepada skor dari Meksiko.

Baca Juga
MeksikoArgentinaLionel MessiDiego MaradonaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini