x

5 Transfer Aneh Pemain Asal Jerman di Liga Inggris, Termasuk Mesut Ozil

Senin, 28 November 2022 20:49 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Jurgen Klinsmann, mantan pemain dan pelatih Timnas Jerman.

INDOSPORT.COM - Jerman adalah salah satu penghasil pesepak bola terbaik dunia. Akan tetapi, karier sang pemain tidak selalu berjalan mulus, khususnya bermain di klub Liga Inggris (Premier League).

Selain di Inggris, beberapa pemain asal Jerman juga bermain di liga top Eropa lainnya, seperti di Spanyol dan Italia.

Baca Juga

Tetapi, ada beberapa pemain Jerman yang transfernya ke klub Inggris dirasa cukup aneh. Sebab, kepindahan ini bagaikan penurunan karier.

Berikut lima transfer aneh pemain asal Jerman yang bermain di Liga Inggris.

Baca Juga

Jurgen Klinsmann 

Ada pertanyaan mengapa Jurgen Klinsmann yang sudah memenangi trofi Piala Dunia 1990, justru pindah ke Inggris untuk bergabung dengan Tottenham Hotspur pada Juli 1994.

Baca Juga

Memang tidak ada yang tahu pasti soal alasannya. Tetapi, Klinsmann hanya bermain semusim di Spurs dan kembali ke Jerman dengan gabung ke Bayern Munchen.

Setelah bertahan dua musim, Klinsmann pindah ke Italia dengan gabung ke Sampdoria pada Juli 1997. Setahun berikutnya, dia lagi-lagi pindah ke Inggris dan kembali berseragam Spurs.


1. Jerome Boateng

Lionel Messi dan Jerome Boateng di laga PSG vs Lyon.

Jerome Boateng nyaris menghabiskan waktu bermainnya di tanah Jerman. Tetapi, secara mengejutkan dia pernah ke Inggris untuk gabung ke Manchester City.

Momen ini terjadi pada Juli 2010. Tetapi karena kesulitan bermain, bek jangkung ini hanya bermain selama semusim dan kembali ke Jerman bersama Bayern Munchen.

Baca Juga

Setelah 10 tahun berseragam Munchen, Boateng akhirnya meraih rentetan prestasi, termasuk sembilan trofi Bundesliga dan dua trofi Liga Champions.

Bastian Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger adalah pemain pertama asal Jerman yang bermain untuk Manchester United. 

Baca Juga

Sebelumnya, Man United lebih dulu mendatangkan Ron-Robert Zieler pada 2008. Tetapi, kiper tersebut tidak pernah diturunkan bermain sehingga tidak masuk dalam hitungan.

Barulah pada Juli 2015, klub raksasa Inggris ini merekrut Schweinsteiger dari Bayern Munchen dengan harga murah.

Setelah dua musim bersama Setan Merah, Schweinsteiger beralih ke Chicago dan memilih pensiun di klub asal Amerika Serikat tersebut pada Januari 2020.


2. Mesut Ozil

Mesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris

Hal yang paling mengejutkan adalah saat salah satu pilar penting Real Madrid, Mesut Ozil, dipinang Arsenal pada September 2013.

Dengan rekrutan senilai 47 juta euro dan bayaran gaji yang tinggi, Ozil menjadi pemain Jerman termahal sepanjang masa pada saat itu.

Baca Juga

Meski punya kemampuan yang luar biasa, dia tetap tidak bisa membantu Arsenal meraih gelar Liga Inggris maupun Liga Champions.

Bahkan, kehadirannya di Arsenal justru tidak berjalan mulus karena jarang bermain sebagai starter. Dia pun pindah ke Turki setelah tujuh setengah tahun berseragam Arsenal.

Dietmar Hamann

Dietmar Hamann adalah salah satu pencetak penampilan terbanyak orang Jerman yang bermain di Liga Inggris.

Baca Juga

Bagaimana tidak, dia singgah di beberapa klub di sana. Kariernya dimulai di Newcastle United setelah direkrut dari Bayern Munchen pada Agustus 1998.

Setelah itu, Hamann juga bermain untuk Liverpool, Bolton Wanderers, Manchester City, hingga pensiun di MK Dons pada Februari 2006.

JermanMesut OzilLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini