x

5 Fakta Mehdi Taremi, Striker Iran Moncer di Piala Dunia 2022 yang Masuk Radar Lazio

Kamis, 1 Desember 2022 18:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain FC Porto, Mehdi Taremi. Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

INDOSPORT.COM - Mehdi Taremi kini menjadi buah bibir karena penampilannya bersama Iran di Piala Dunia 2022. Berikut 5 fakta striker yang kini tengah masuk radar Lazio. 

Taremi sudah tidak tergantikan di lini serang Iran saat melakoni dua pertandingan fase grup di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Baca Juga

Tidak hanya dimainkan, dia juga selalu bemain pernuh selama 90 menit dan mencetak dua gol ketika negaranya dicukur Inggris 6-2 pada laga perdana. 

Dua gol Iran dalam kemenangan 2-0 atas Wales juga berkat pergerakannya dari sisi kiri. Sayang, Iran tidak berhasil lolos ke 16 besar karena kalah dari Amerika Serikat di laga terakhir. 

Penampilan impresif bersama Iran di Piala Dunia 2022 membuat namanya muncul dalam radar klub-klub top Eropa. 

Baca Juga

Kabar dari Football Italia, salah satu klub top Liga Italia, Lazio dilaporkan mengincar tanda tangan Taremi. Cukup menarik untuk mengenalnya lebih dekat, berikut 5 fakta sang striker. 

1. Memulai Karir dari Klub Amatir di Iran

Mehdi Taremi remaja memulai segalanya bersama akademi klub non-liga Iran bernama Iranjavan FC hingga 2009 silam. 

Promosi ke skuat senior, dirinya sempat dipinjamkan ke klub amatir Iran lainnya, Shahin Bushehr. Lalu kembali lagi ke Iranjavan dan bermain di sana selama dua tahun. 

Baca Juga

Pada 2014, klub besar Iran Persepolis meminangnya. Empat tahun bersama Persepolis, dia mencetak sebanyak 55 gol dan 21 assist dari 112 penampilan di semua kompetisi. 

Sebelum ke Eropa, dia sempat membela klub Qatar Al-Gharafa selama setahun. Kemudian barulah gabung klub Portugal Rio Ave pada 2019. 


1. Mehdi Taremi Gacor di Portugal

Mehdi Taremi dijegal Hakim Ziyach (kiri) dan Karim El Ahmadi (kanan) di laga Piala Dunia 2018 antara Iran dan Maroko.

Taremi tampaknya cukup betah di Portugal, apalagi pendukung Rio Ave langsung menerimanya yang membuat adaptasinya di tanah Eropa tidak terlalu sulit. 

Setahun saja bersama Rio Ave, dia berhasil mencetak sebanyak 21 gol dan 5 assist dari total 37 pertandingan di semua kompetisi. 

Baca Juga

Performa bersama klub gurem seperti Rio Ave, membuat klub-klub besar Portugal mulai tertarik. Salah satunya adalah FC Porto di musim panas 2020. 

Bergelimang Prestasi di FC Porto

Akhirnya Porto FC resmi merekrutnya di musim panas 2020 dengan membayar biaya transfer mencapai 4,73 juta euro atau setara Rp76,4 miliar. 

Di Porto, Taremi langsung jadi striker andalan di semua kompetisi. Dia juga menyabet berbagai penghargaan individu seperti Iranian Footballer of the Year, Striker dan Top Skor Persian Gulf Pro League, bahkan Top Skor Liga Portugal.

Baca Juga

Gelar top skor Liga Portugal dia dapatkan ketika masih berseragam Rio Ave. Dengan torehan 18 gol di liga domestik. 

Sementara di musim 2022/2023 ini, dia sudah mencetak sebanyak 13 gol dan 8 assist dari total 19 penampilan di semua kompetisi. 

Pernah Bikin AC Milan Merana

Fakta selanjutnya adalah, Mehdi Taremi yang tampil memikat saat jumpa AC Milan di penyisihan grup Liga Champions 2021-2022. 

Baca Juga

Seperti diketahui, AC Milan harus bernasib apes musim 2021/22 lantaran finis sebagai juru kunci klasemen fase grup Liga Champions. 

Dari dua kali pertemuan dengan FC Porto di laga Grup B, Rossoneri mengalami hasil imbang dan kalah, dengan Taremi mencetak satu gol ke gawang klub raksasa Liga Italia itu. 


2. Taremi Curi Perhatian di Piala Dunia 2022

Mehdi Taremi

Piala Dunia 2022 sudah dimulai sejak 20 November lalu dan sekarang segera menuntaskan laga ketiga di fase grup. 

Sudah ada beberapa tim yang lolos ke babak 16 besar, seperti Amerika Serikat, Belanda, Argentina, Australia, Prancis, Polandia, Inggris, dan Senegal. 

Iran memang tidak lolos setelah harus puas hanya duduk di urutan ketiga Grup B setelah kalah dari Amerika Serikat. 

Baca Juga

Taremi sendiri tetap mencuri perhatian di Piala Dunia 2022 dengan cetak dua gol dan satu assist dari tiga penampilan di fase grup. 

Dua gol itu dicetak ketika menghadapi Inggris alias dia mencetak brace dalam satu pertandingan. Yang menjadikan Taremi satu-satunya pemain Asia dalam daftar ini di Piala Dunia 2022.

IranAC MilanLazioLiga ItaliaMehdi Taremi

Berita Terkini