x

5 Negara Tuan Rumah Piala Dunia dengan Penampilan Terburuk, Qatar Urutan Teratas

Kamis, 1 Desember 2022 18:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Qatar Boualem Khoukhi, Homam Ahmed dan Pedro Miguel terlihat sedih usai timnya kalah atas Senegal di grup A Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Qatar menjadi negara tuan rumah dari Piala Dunia 2022. Meski baru berjalan di babak grup, tetapi Qatar telah menjadi tim tuan rumah terburuk di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia 2022 sedang menjalani laga ketiga atau laga terakhir di babak penyisihan grup. 

Baca Juga

Sejumlah negara sudah memastikan dirinya lolos ke babak 16 besar usai selamat dari fase grup. Tetapi hal ini tidak bisa diikuti oleh Qatar.

Pasalnya, Qatar baru saja menelah tiga kekalahan beruntun dari tiga laga grup yang ada. Hal ini membuat mereka berada di dasar klasemen Grup A Piala Dunia 2022.

Untuk itu, berikut lima negara tuan rumah Piala Dunia terburuk sepanjang masa.

Baca Juga

Swiss - 1954 

Piala Dunia 1954 menghadirkan 16 negara yang dibagi menjadi empat grup yang terdiri dari empat tim, yakni dua tim unggulan dan dua tim non unggulan.

Baca Juga

Nantinya, dua negara unggulan hanya akan menghadapi negara non unggulan. Di sinilah babak sistem gugur pertama keluar.

Sayangnya, Swiss tersingkir dari turnamen setelah kebobolan total tujuh gol. Meski begitu, Hugi mencetak total enam gol dan menjadi top skor Swiss sepanjang masa di Piala Dunia.


1. Amerika Serikat - 1994

Perebutan bola antara pemain Iran dengan Amerika Serikat dalam pertandingan akhir Grup B Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach).

Amerika Serikat bermain imbang 1-1 melawan Swiss di laga perdananya di babak grup. Empat hari kemudian, AS menang melawan Kolombia.

Tetapi, mereka menelan kekalahan perdana di laga ketiga saat bertemu Rumania. Namun, AS tetap lolos ke babak sistem gugur.

Baca Juga

Sayangnya, perjalanan AS berakhir di fase 16 besar. Sebab, mereka kalah 0-1 dari Brasil yang pada akhirnya mereka melaju ke final dan menjuarai Piala Dunia 1994 ini.

Spanyol - 1982

Piala Dunia 1982 menggunakan format dengan menampilkan tim-tim yang lolos dari babak penyisihan grup pertama masuk ke babak grup kedua untuk melihat siapa yang bisa mencapai babak sistem gugur empat besar.

Baca Juga

Sebagai tuan rumah, Spanyol lolos dari babak penyisihan grup pertama dengan menang 2-1 melawan Yugoslavia, lalu imbang 1-1 dengan Honduras, dan kalah 1-0 melawan Irlandia Utara.

Namun, Spanyol finis terbawah di babak penyisihan grup kedua, setelah mereka dikalahkan 2-1 oleh Jerman Barat dan ditahan imbang 0-0 oleh Inggris.

Afrika Selatan - 2010

Afrika Selatan merekrut Carlos Alberto Parreira sebagai pelatih mereka, di mana Carlos lebih dulu membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1994.

Sayangnya, Carlos gagal membawa Afrika Selatan meraih kejayaan seperti apa yang ia lakukan pada Brasil saat itu.

Baca Juga

Afrika Selatan bermain imbang 1-1 dari Meksiko di laga pembuka, lalu kalah 0-3 dari Uruguay, kemudian menang 2-1 atas Prancis. 

Hasil ini membuat tuan rumah finis di peringkat ketiga Grup A dan tidak lolos dari babak penyisihan grup. Padahal, Afrika Selatan hanya kalah jumlah dari Meksiko yang ada di peringkat kedua.


2. Qatar - 2022

Momen sebelum gol striker Ekuador, Enner Valencia ke gawang Qatar dianulir wasit (REUTERS/Lars Baron)

Qatar telah menjadi tuan rumah Piala Dunia dengan prestasi terburuk. Pasalnya, mereka menelan tiga kekalahan beruntun dalam tiga laga grup.

Mulai dari kekalahan 0-2 dari Ekuador di laga pertama, lalu kalah 1-2 dari Senegal, dan yang terbaru adalah kalah 0-2 dari Belanda.

Baca Juga

Hasil ini membuat Qatar tidak meraih poin satu pun dalam fase grup ini. Otomatis, mereka berada di dasar klasemen Grup A.

Kekalahan dari Ekuador tersebut juga menjadikan Qatar sebagai tim tuan rumah pertama yang menelan kekalahan dalam 92 tahun terselenggaranya Piala Dunia.

Piala DuniaQatarPiala Dunia 2022TRIVIATrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini