x

Rasiman Ungkap Keuntungan Persis Solo dengan Sistem Bubble Liga 1

Sabtu, 3 Desember 2022 19:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, melihat timnya punya keuntungan dengan sistem bubble Liga 1 2022/2023. Foto: Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, melihat timnya punya keuntungan dengan sistem bubble Liga 1 2022/2023 terpusat di Jawa Tengah dan DIY. Tenaga Laskar Sambernyawa tak terkuras waktu perjalanan.

Liga 1 akan berlanjut dengan sistem bubble. Sistem ini rencananya hanya berlaku untuk laga pekan ke-12 hingga 17.

Ada lima stadion yang dipilih PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama PSSI. Seluruh stadion sudah dilakukan verifikasi oleh perwakilan Kementerian PUPR serta Mabes Polri, Kamis (1/12/22).

Deretan venue sistem bubble adalah Stadion Manahan Solo, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Moch Soebroto Magelang, Stadion Jatidiri Semarang, serta Stadion Sultan Agung Bantul.

Bagi Persis Solo, PSS Sleman, dan PSIS Semarang, deretan venue ini cukup menguntungkan, meski mereka dilarang main di markasnya. Dari segi perjalanan, mereka seperti main di kawasannya sendiri.

Baca Juga

"Dalam hal geografis, kita diuntungkan karena basecamp ada di Solo. Empat stadion selain Manahan lokasinya cukup dekat. Untuk travelling tidak lebih dari dua jam (perjalanan darat)," kata Rasiman.

Rasiman tak masalah ketika Persis Solo tak bisa main di Manahan. Hal sama juga berlaku bagi 17 tim Liga 1 lainnya yang tak main di markasnya sendiri.

Baca Juga

PSS tak main di Stadion Maguwoharjo serta PSIS Semarang juga tak main di Stadion Jatidiri.

"Manahan memang masuk list, tapi tentunya bukan untuk kita. Sama halnya dengan PSS yang tidak main di Maguwoharjo. Ini yang namanya keadilan," jelas Rasiman.

"Kemungkinan kita akan main di empat stadion berbeda, mulai dari Maguwo, Sultan Agung, Jatidiri, dan Moch Soebroto. Semua tim akan main away. Semoga tim terbaik yang akan memenangkan pertandingan," lanjut Rasiman.

Baca Juga

1. Persiapan Persis Solo

Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, melihat timnya punya keuntungan dengan sistem bubble Liga 1 2022/2023

PT LIB bersama PSSI punya rencana menggulirkan kompetisi pada Senin (5/12/22). Seluruh tim juga sudah menerima jadwal pekan ke-12 hingga 17.

Beberapa tim, seperti Bali United juga sudah tiba di Kota Solo, Sabtu (3/12/22). Persis Solo akan bersua RANS Nusantara FC pada Selasa (6/12/22) di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Rasiman memastikan skuatnya sudah siap, meski pada uji coba terakhir dibabat habis Persebaya Surabaya 1-5 di Stadion Manahan Solo.

Rasiman meyakini Laskar Sambernyawa tak akan kesulitan menjalani jadwal padat. Semua sudah dipersiapkan sejak 2 Oktober 2022 dengan melakukan 13 uji coba.

"Persiapan kita cukup baik. Kalau jadwal padat sesuai perencanaan, ini jadi keuntungan buat kita, karena kita mempersiapkan semua pemain. Kita melakukan TC cukup panjang di Solo dan Johor. Semoga ini membawa bekal yang bagus buat kita," tegas Rasiman.

Baca Juga

Tiru Semangat Owner

Rasiman menuturkan, sejatinya para pemain dan pelatih tidak begitu berat menatap dinamika jadwal Liga 1. Di klub Persis Solo, manajemen tetap menggaji awak tim secara penuh.

"Kita (pemain dan pelatih) tidak mengeluarkan uang saat mundur, tapi yang harus diingat bahwa owner kita, ketika tertunda sebulan, harus menghadapi konsekuensi yang berat dengan finansial," tutur Rasiman.

Baca Juga

"Jadi, dalam situasi seperti ini, yang paling menderita sebenarnya adalah owner, karena owner dengan gentleman tidak pernah ngomong 'saya tidak ada pendapatan dari tiket, dana dari sponsor tertunda'. Owner ngomong bahwa 'coach, go ahead training, we do what we must to do'," lanjut Rasiman.

Keputusan klub untuk memberikan hak kepada pemain dengan normal membuat tim tetap stabil. Maka, skuat Laskar Sambernyawa juga harus kerja keras seperti biasanya.

"Kita harus belajar dari owner tentang hal seperti ini, bahwa owner tidak melakukan (perubahan) apapun, karena beberapa klub melakukan tindakan yang berbeda dalam situasi ini. Harusnya kita juga bereaksi seperti itu," tegas Rasiman.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaRasimanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini