x

Dianggap Berulah di Piala Dunia 2022, Neville: Jangan Cengeng Ronaldo!

Kamis, 8 Desember 2022 05:36 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Pemain megabintang dan kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo saat bermain di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Suhaib Salem).

INDOSPORT.COM – Gary Neville memberikan peringatan kepada pemain megabintang dan kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo agar jangan cengeng di Piala Dunia 2022.

Salah satu legenda Manchester United itu memberikan tanggapannya mengenai sikap Ronaldo yang sempat dilaporkan bersitegang dengan pelatihnya di Timnas Portugal, Fernando Santos.

Crisitano Ronaldo sempat terlihat gusar karena diganti dalam pertandingan terakhir Grup H Piala Dunia 2022 saat melawan Korea Selatan beberapa hari yang lalu.

Baca Juga

Meski Ronaldo dan Santos sudah memberikan klarifikasi jika keduanya sudah menyelesaikan masalah yang ada dan tidak ada perselisihan, namun tetap saja Neville merasa mantan rekannya tersebut di Man United selalu berulah, terutama dalam beberapa bulan terakhir.

Hal itulah yang menyebabkan Ronaldo kerap dicadangkan dalam laga penting oleh siapapun pelatihnya, termasuk Fernando Santos dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Swiss kemarin.

Cristiano Ronaldo (kiri) dicadangkan dalam pertandingan Portugal vs Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Suhaib Salem).

“Kalau itu (marah karena diganti) terjadi di Manchester United, masukannya adalah Erik ten Hag berusaha mendekati Ronaldo, namun berbeda dengan Fernando Santos, dia adalah pelatih yang punya hubungan luar biasa dengan Ronaldo selama delapan tahun,” papar Neville kepada ITV.

“Ada banyak fans Ronaldo yang tidak mau mengatakan hal sebenarnya dan saya rasa dia perlu tahu yang sebenarnya agar situasi tidak menjadi berantakan.”

Baca Juga

“Marah-marah, merengek itu harus dihentikan, jangan cengeng. Sikap seperti itu tidak mencerminkan sikapnya dengan baik.”

“Ronaldo itu panutan, dia bakal meninggalkan warisan untuk jangka panjang yang dikenal sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa, tapi buat jangka pendek masa kini, dia harus melakukan yang terbaik.”

“Apakah yang dilakukan pelatih Juventus salah? Pelatih Manchester United salah? Dan sekarang pelatih Portugal salah? Ketiganya kini telah melakukan hal yang sama (mencadangkan Ronaldo),” lanjut Gary Neville.

Mantan pemain Manchester United, Gary Neville yang kini bekerja sebagai pundit.
Baca Juga

1. Lupakan Persaingan dengan Lionel Messi

Pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo usai pertandingan melawan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/John Sibley).

Lebih lanjut, Gary Neville juga menyarankan agar Cristiano Ronaldo harus bisa melupakan persaingan individu dengan rival seterunya, Lionel Messi.

Hal itu diyakini Neville, jika yang ada dalam pemikiran Ronaldo pasti adalah ingin menjadi pesepakbola terbaik dunia, mencetak gol terbanyak, dan memecahkan semua rekor.

Rekor individu Ronaldo memang selalu bersaing dalam beberapa tahun terakhir, hal inilah yang membuat Neville yakin jika mantan pemain Real Madrid itu menjadi lebih memikirkan dirinya sendiri ketimbang kepentingan tim.

Baca Juga
Lionel Messi dari Argentina merayakan setelah pertandingan saat Argentina melaju ke perempat final Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS-Kai Pfaffenbach)

“Ada saatnya kita harus berpikir lebih luas dan kolektif, salah satunya adalah rekan satu tim kita di ruang ganti,” sambung Neville.

“Meninggalkan pertandingan duluan seperti yang dia lakukan dua kali di Manchester United, lalu berulah saat melawan Korea Selatan, padahal di saat bersamaan dua rekannya, Bernardo Silva dan Bruno Fernandes juga tidak jadi starter ini jadi titik Ronaldo tidak terima akhir kariernya seperti itu,” tambahnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, meski memberikan kritik yang membangun untuk Cristiano Ronaldo, mantan bek Timnas Inggris itu juga tetap memuji mentalitas dan semangatnya yang bisa memberikan motivasi untuk tim.

“Tapi di sisi lain, kalau saja Spanyol yang lolos, mungkin Ronaldo yang bakal berperan besar untuk membawa mereka (Portugal lolos),” tutup Gary Neville.

Cristiano Ronaldo tentu berharap agar mendapat kesempatan tampil sebagai starter jelang Maroko vs Portugal dalam Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Al Thumama.

Baca Juga
Manchester UnitedCristiano RonaldoPortugalPiala DuniaGary NevillePiala Dunia 2022Fernando SantosUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini