x

Bedah Kekuatan Kamboja, Kuda Hitam Grup A Piala AFF 2022 yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia

Minggu, 11 Desember 2022 18:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Membedah kekuatan Timnas Kamboja, kuda hitam di grup A Piala AFF 2022 yang wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia.

Kancah sepak bola Asia Tenggara akan disibukkan dengan hajat dua tahunan di akhir tahun ini bertajuk Piala AFF 2022.

Ajang ini dijadwalkan akan digelar pada 20 Desember 2022 mendatang hingga 16 Januari 2023 yang akan berlangsung dengan sistem kandang-tandang.

Di Piala AFF 2022 ini, total sudah ada 10 negara yang akan berpartisipasi. Ke-10 negara ini pun akan terbagi dalam dua grup, di mana dua peringkat teratas akan lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia selaku finalis edisi sebelumnya, akan tergabung di grup A melawan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pendatang baru, Brunei Darussalam.

Baca Juga

Sedangkan di grup B berisikan negara-negara top Asia Tenggara, yakni Vietnam, Singapura, Malaysia, Myanmar dan juga Laos.

Dilihat dari kualitas tim yang ada, Timnas Indonesia patut bersyukur karena tergabung di grup A, dan bukan tergabung di grup B.

Baca Juga

Pasalnya, grup A memiliki tim yang lebih mudah dikalahkan skuad Garuda, termasuk Thailand yang datang dengan keadaan pincang karena tak membawa bintang-bintangnya.

Meski lawan-lawan yang akan dihadapi terbilang mudah, Timnas Indonesia tetap wajib waspada agar bisa menempati dua peringkat teratas dan lolos ke semifinal.

Salah satu tim yang wajib diwaspadai di grup A Piala AFF 2022 adalah Timnas Kamboja. INDOSPORT pun akan mencoba membedah kekuatan tim berjuluk Angkor Warriors itu.

Baca Juga

1. Kekuatan Kamboja di Piala AFF 2022

Eks pemain Botafogo, Keisuke Honda, yang memiliki banyak bisnis di luar sepak bola.

Pelatih: Ryu Hiroshe

Kamboja bakal bertarung di Piala AFF 2022 dengan mengandalkan tangan midas pelatih asal Jepang bernama Ryu Hiroshe.

Pelatih berusia 66 tahun ini telah menjabat sebagai pelatih Angkor Warriors sejak 2021 lalu. Ia juga memimpin Kamboja di Piala AFF 2020 lalu.

Dalam melatih Kamboja, Ryu Hiroshe ditemani oleh eks bintang Timnas Jepang, yakni Keisuke Honda sebagai pelatih. Keduanya pun otomatis membawa nuansa Jepang di kubu Angkor Warriors.

Secara hasil, Ryu Hiroshe dan Keisuke Honda belum membawa hasil memuaskan dengan hanya meraih empat kemenangan dari 15 laga.

Tapi, Kamboja mengalami progres nyata dalam setiap laga. Termasuk membuat kejutan dengan membobol gawang Timnas Indonesia sebanyak dua kali di Piala AFF 2020 lalu.

Baca Juga

Pemain

Untuk Piala AFF 2022 ini, Ryu Hiroshe dan Keisuke Honda memanggil 24 pemain yang terdiri dari 23 pemain lokal dan satu pemain Abroad atau berkarier di luar negeri.

Gaya bermain bertahan ndengan mengandalkan serangan balik nampaknya akan ditunjukkan Kamboja di Piala AFF 2022 ini, menyusul banyaknya bek dan penyerang yang dipanggil.

24 pemain ini berisikan pemain dengan kombinasi pemain muda dan pemain berpengalaman yang banyak berkiprah di liga-liga lokal.

Baca Juga

Berikut daftar 24 pemain Kamboja untuk Piala AFF 2022.

Kiper: Keo Soksela, Vireak Dara, Hul Kimhuy

Bek: Taing Bunchhai, Choun Chanchav, Tes Sambath, Soeuy Visal, Sareth Kyra, Ouk Sovann, Seut Baraing, Cheng Meng, Boris Kok

Gelandang: In Sodavid, Orn Chappolin, Sos Suhana, Thierry Chantha Bin, Yeu Muslim

Penyerang: Lim Pisoth, Sieng Chanthea, Keo Sokpheng, Mat Noron, Nick Taylor, Reung Bunheing, Sa Ty

Baca Juga

2. Pemain Kunci

Situasi pertandingan Timnas Indonesia melawan Kamboja

Karena berisikan pemain muda dengan kombinasi pemain berpengalaman, Kamboja akan mengandalkan tiga dari 24 pemainnya di Piala AFF 2022.

Pemain andalannya ini utamanya para pemain muda yang tengah moncer di klubnya dan pemain yang Abroad karena pengalaman yang dimiliki.

Siapa saja pemain kunci Kamboja untuk Piala AFF 2022 nanti?

1. Nick Taylor

Pemain berusia 24 tahun ini merupakan pemain keturunan Kamboja. Darah Kamboja tersebut datang dari sang ibunda.

Nick Taylor baru membela Kamboja di tahun 2022 ini, yakni pada September 2022 kala Angkor Warriors berhadapan dengan Bangladesh di laga uji coba.

Baca Juga

Ia dipanggil karena dirinya merupakan penyerang andalan Orlando City B, tim Amerika Serikat. Total satu gol telah dicetaknya bersama tim tersebut dalam 22 laga.

2. Ouk Sovann

Kamboja punya bek tangguh yang andalan dalam menyerang dan bertahan pada diri bek Visakha FC, yakni Ouk Sovann.

Baca Juga

Bagi kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, namanya tak begitu asing. Sebab, pemain berusia 24 tahun ini menjadi bintang pembantaian Bali United di Piala AFC 2022 beberapa waktu lalu.

Ia mampu menjebol gawang Nadeo lewat tendangan bebas langsung. Sehingga, kemampuan ini pun akan menjadi senjata bagi Kamboja di Piala AFF 2022.

3. Lim Pisoth

Kamboja punya winger muda pada sosok Lim Pisoth yang tengah menggila bersama Phnom Penh FC di liga lokal dan kontinental.

Baca Juga

Bukti ketajamannya terlihat dari dua gol yang ia lesakkan di Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara kala menjebol gawang Young Elephants dari Laos.

Pemain berusia 21 tahun ini memang belum pernah mencetak gol sama sekali bagi Kamboja. Tapi ia cukup berpengalaman, termasuk saat menghadapi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu.

KambojaKeisuke HondaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini