x

Lolos Semifinal Piala Dunia 2022, Maroko Ulangi Sejarah Yunani Permak Portugal di Ajang Euro

Minggu, 11 Desember 2022 08:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kesuksesan Maroko menjungkalkan Portugal di Piala Dunia 2022 mengingatkan lagi kejayaan Yunani melumat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di ajang Euro. REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM – Sejarah tercipta di Piala Dunia 2022 setelah Maroko menjungkalkan Portugal dan lolos babak semifinal. Torehan tim asal Afrika ini mengingatkan lagi kejayaan Yunani melumat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di ajang Euro.

Satu-satunya wakil Afrika, Maroko, kembali membuat kejutan di Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Singa Atlas tersebut berhasil memulangkan Portugal di babak perempat final dengan skoe 1-0.

Bertanding di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Maroko mengandalkan serangan balik setelah lini pertahanan mereka terus menerus dicecar Portugal sejak peluit babak pertama dibunyikan.

Youssef En-Nesyri menjadi aktor penting di balik kemenangan Maroko atas Portugal dalam laga tersebut.

Golnya ke gawang Portugal pada menit ke-42’ seusai memenangkan duel udara dengan Diogo Costa menjadi satu-satu gol yang tercipta selama waktu normal pertandingan.

Dengan hasil ini, Maroko sukses memecahkan rekor 88 tahun di mana tim asal benua Afrika selalu gagal menembus babak semifinal sejak keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

Baca Juga

Sejak Mesir sebagai wakil pertama Afrika di Piala Dunia 1934, tim Benua Hitam paling banter hanya bertahan sampai perempat final. Mereka bahkan selalu kalah saing dengan para raksasa Eropa dan Amerika Selatan

Penampilan Maroko sepanjang gelaran Piala Dunia 2022 memang cukup mengejutkan. Tak diunggulkan, The Atlas Lions mampu melangkah jauh dengan mengandalkan kemampuan defensif mereka.

Baca Juga

Hal ini terbukti dari delapan pertandingan yang dijalani Maroko di Piala Dunia 2022. Maroko mampu menjaga kesucian gawang, dengan 5 kemenangan dan 3 kali imbang (0-0) di waktu normal.

Gawang yang dikawal Yassine Bounou hanya kebobolan sekali, dan itu adalah gol bunuh diri Naif Aguer melawan Kanada dalam pertandingan yang mereka menang dengan skor 2-1.

Melansir dari Squawka, torehan yang diraih Hakim Ziyech dan kawan-kawannya ini pun mengingatkan kembali kepada Yunani ketika menjadi juara Euro pada 2004 silam.

Baca Juga

1. Kemenangan Yunani di Euro 2004, Portugal Jadi Tumbal

Timnas Yunani saat Juara Euro pada tahun 2004.

Sama seperti Maroko di Piala Dunia 2022, Yunani juga menjadikan Portugal sebagai tumbang dalam kesuksesan mereka di ajang Euro 2004.

Bedanya, Yunani saat itu berhasil Cristiano Ronaldo muda dan kawan-kawannya nangis berjamaah di partai penentuan gelar juara Eropa.

18 tahun yang lalu, Portugal difavoritkan sebagai pemenang karena berstatus sebagai tuan rumah Euro 2004. Portugal saat itu diperkuat generasi emas termasuk Cristiano Ronaldo muda.

Prancis sang juara bertahan masih diunggulkan kendati babak belur di Piala Dunia 2002. Dengan juga dengan Inggris, Italia, Jerman, dan Belanda juga masuk dalam persaingan bursa calon juara.

Kala itu Portugal yang berada di Grup A karena statusnya sebagai tuan rumah dipertemukan dengan tim tangguh Spanyol dan dua tim non unggulan Yunani dan Rusia.

Namun tidak ada yang menyangka sama sekali bahwa Portugal membuka kampanye Euro 2004 dengan kekalahan 1-2 dari Yunani.

Baca Juga

Giorgios Karagounis dan Angelos Basinas membuat Yunani unggul terlebih dulu sebelum Cristiano Ronaldo mencetak gol di menit akhir untuk memperkecil kedudukan.

Yunani kemudian bermain imbang 1-1 dengan Spanyol dan kalah 1-2 dari Rusia, namun empat poin dengan empat gol dan empat kebobolan sudah cukup membawa Tim Dewa melaju ke babak perempat final.

Baca Juga

Di babak perempat final, Yunani kembali membuat kejutan dengan berhasil menyingkirkan sang juara bertahan, Prancis, dengan skor tipis 1-0.

Yunani kembali menunjukkan taringnya di babak semifinal di mana dia berhadapan dengan sesama kuda hitam Ceko. Yunani saat itu sukses menang 1-0.

Lolos ke babak final membuat Yunani kembali harus berjumpa dengan Portugal. Lagi-lagi, Portugal berhasil dipermak Yunani dengan skor 1-0 yang membuat Yunani keluar sebagai Jawara Eropa.

Baca Juga

2. Dihadang Prancis, Bisakah Maroko Mengikuti Jejak Yunani?

Selebrasi Aurelien Tchouameni usai mencetak gol Prancis kontra Inggris di perenpat final Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Setelah berhasil menundukkan Portugal di perempat final Piala Dunia 2022, Maroko selanjutnya harus berhadapan dengan sang juara bertahan, Prancis.

Ini akan menjadi ujian yang cukup berat bagi Maroko bisa mengikuti jejak Yunani, menjadi tim kejutan yang keluar sebagai pemenang di turnamen sepak bola bergengsi.

Pasalnya, Prancis merupakan tim tangguh. Adanya Olivier Giroud, Antoinne Griezmann, dan Kylian Mbappe membuat lini depan Les Bleus amatlah mengerikan.

Baca Juga

Para pemain bertahan Maroko tentunya harus bekerja lebih keras dibandingkan partai sebelumnya demi menjaga kesucian gawang mereka dari kebobolan.

Prancis sendiri lolos ke semifinal usai menaklukkan Inggris 2-1 di Stadion Al Bayt, Minggu (11/12/22) dinihari WIB. Aurelien Tchouameni membuka keunggulan Les Bleus, sebelum disamakan Harry Kane lewat gol penalti.

Baca Juga

Setelah pertandingan hampir mencapai 80 menit, Prancis berhasil memastikan kemenangan lewat gol sundulan Olivier Giroud.

Selanjutnya, pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Maroko akan dilangsungkan di Stadion Al Bayt pada Kamis (15/12/22) dinihari WIB.

Itu akan menjadi duel pertama kedua negara di ajang Piala Dunia setelah tujuh kali berjumpa di laga non kompetitif, dengan Maroko kalah unggul dari lawannya dengan lima kalah kalah dan dua kali imbang.

Baca Juga
Cristiano RonaldoYunaniPrancisPortugalMarokoPiala Dunia 2022EuroUpdate Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini