x

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Sejarah Piala Dunia

Senin, 12 Desember 2022 17:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Makoto Hasebe, kapten Timnas Jepang dalam konferensi pers pra laga Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia biasanya didominasi pemain hebat asal Eropa atau Amerika Latin. Tetapi, ada sejumlah pemain asal Asia yang turut meramaikan gelaran Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2022 ini, seluruh tim asal Asia memang sudah tersingkir dan hanyha sampai di babak 16 besar saja.

Baca Juga

Meski begitu, negara-negara Asia ini setidaknya pernah mengguncang dunia, khususnya di Piala Dunia 2002 saat Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumahnya.

Kini, Korea Selatan dan Jepang menjadi dua tim yang paling sering ikut serta dalam Piala Dunia. Tak heran jika pemainnya punya banyak penampilan dalam ajang ini.

Berikut lima pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Baca Juga

Makoto Hasebe (Jepang) - 11

Makoto Hasebe memimpin Jepang di tiga edisi Piala Dunia pada 2010 hingga 2018. Debut internasionalnya sendiri terjadi pada 2006.

Piala Dunia 2010 adalah Piala Dunia pertamanya setelah ditunjuk kapten tim karena Yoshikatsu Kawaguchi adalah kiper cadangan ketiga.

Baca Juga

Pengumuman pengunduran diri Hasebe terjadi setelah kekalahan Jepang 2-3 dari Belgia di Piala Dunia 2018. Total, bek 38 tahun ini sudah 11 kali tampil di Piala Dunia.

Sejak saat itu, ban kapten diserahkan kepada Maya Yoshida. Kini, Hasebe bermain di Eintracht Frankfurt, klub asal Jerman.


1. Lee Young-Pyo (Korea Selatan) - 12

Mantan pemain Manchester United, Park Ji-Sung.

Lee Young-Pyo mendapat banyak pujian setelah memperkuat Korea Selatan sebagai tuan rumah di Piala Dunia 2002 di bawah kepelatihan Guus Hiddink.

Saat itu, Young-Pyo membuat dua assists kala melawan portugal dan Italia. Assist itu pula yang membuat Italia tersingkir di Piala Dunia 2002 tersebut.

Baca Juga

Young-Pyo dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan dan keterampilan dribblingnya. Total, pria 45 tahun ini sudah mencatatkan 12 penampilan di Piala Dunia.

Setelah pensiun, Young-Pyo menjabat sebagai CEO tim lapis pertama Gangwon FC selama dua tahun pada 2021 kemarin.

Baca Juga

Park Ji-Sung (Korea Selatan) - 14 

Jika berbicara soal Korea Selatan, satu nama yang selalu diingat adalah Park Ji-Sung. Bagaimana tidak, dia adalah ikon satu dekade lalu.

Namanya mulai melegenda setelah bergabung dengan Manchester United pada 2005-2012 lalu. Di klub raksasa Inggris itu, dia meraih banyak trofi.

Ji-Sung adalah pemain Asia pertama yang bermain di Liga Champions, final Liga Champions dan memenangi Piala Dunia Klub FIFA.

Baca Juga

Dia juga dikenal sebagai gelandang yang punya napas dan stamina yang sangat kuat sehingga pria 41 tahun ini dijuluki "Three-Lungs" Park.

Saat masa kejayaannya itulah Ji-Sung sanggup mencatatan 14 penampilan membela Korea Selatan di Piala Dunia.


2. Yuto Nagamoto (Jepang) - 15

Shogo Taniguchi dari Jepang dan rekan setimnya terlihat sedih setelah Jepang harus tersingkir dari Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Yuto Nagamoto dipanggil ke Timnas Jepang pada Piala Dunia 2010 setelah sukses bermain di FC Tokyo.

Setelah itu, sang bek kiri pergi ke Eropa untuk bergabung dengan Cesana pada 2010 dan kemudian Inter Milan pada 2011.

Baca Juga

Selama tampil di Piala Dunia, Nagamoto hanya punya dua assist. Tetapi, 15 penampilannya juga membuatnya sebagai pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Selain itu, dia juga bermain bersih dengan tidak menerima kartu kuning dalam tiga edisi Piala Dunia terakhir.

Hong Myung-bo (Korea Selatan) - 16

Selain Lee Young-Pyo, Korea Selatan juga memiliki Hong Myung-bo di Piala Dunia 2002. Kala itu, Myung-bo mencetak penalti kemenangan melawan Spanyol.

Gol penalti itulah yang membuat Korea Selatan melangkah ke semifinal Piala Dunia 2002, terlebih saat mereka menjadi tuan rumah gelaran tersebut.

Baca Juga

Berkat penampilannya, Myung-bo dianugerahi penghargaan Bronze Ball sebagai pemain terbaik ketiga di Piala Dunia 2002.

Pria 53 tahun ini juga menjadi pemain Asia pertama yang tampil di empat edisi Piala Dunia (1990, 1994, 1998, 2002) dan total 16 penampilan.

JepangPark Ji SungPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini