x

Sinyal Bahaya Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Thailand Bantai Myanmar di Laga Uji Coba

Senin, 12 Desember 2022 08:58 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas Thailand Piala AFF.

INDOSPORT.COM – Laga uji coba antara Thailand vs Myanmar yang berakhir dengan skor 6-0, menjadi sinyal bahaya untuk Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.

Laga uji coba jelang Piala AFF 2022 antara Thailand vs Myanmar yang berakhir dengan skor telak 6-0 berlangsung di Thammasat Stadium, Pathum Thani, Minggu (11/12/2022) malam WIB.

Timnas Thailand yang berjuluk The War Elephants berhasil tampil dominan sejak awal, di mana Teerasil Dangda sukses mencetak brace sekaligus membuka keunggulan di menit ke-12 lewat penalti dan satu gol di cetak pada menit ke-58.

Sementara dua gol masing-masing dicetak Bordin Phala (29’) dan Sarach Yooyen (45+3’). Dua gol lainnya lahir dari bunuh diri Nanda Kyaw dan Nyein Chan.

Kemenangan besar di laga Thailand vs Myanmar tentu menjadi modal apik Alexandre Polking jelang Piala AFF 2022 yang bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Baca Juga

Hasil ini juga bisa menjadi sinyal bahaya bagi Timnas Indonesia. Sebab, Skuad Garuda berada dalam satu grup bersama Thailand.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga

Tim berjulukan Gajah Perang sendiri memang menjadi salah satu tim terkuat di Asia Tenggara yang sulit ditaklukan oleh para rivalnya.

Meski demikian, Skuat Garuda senior tak akan gentar dan tengah mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa meraih hasil maksimal.

Timnas Indonesia kini tengah melalukan pemusatan latihan di Bali, yang sudah berlangsung sejak 28 November 2022. Pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain, termasuk Sandy Walsh dan Jordi Amat jelang Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Janjikan Timnas Indonesia Bermain Apik di Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong janjikan penampilan terbaik di Piala AFF 2022.

Di Grup A, timnas Indonesia bakal menjadi tuan rumah sebanyak dua kali, masing-masing menjamu Kamboja (23 Desember) dan Thailand (29 Desember).

Kedua laga dijadwalkan berlangsung di kandang yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Bermain di kandang sendiri pun membuat Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia berjanji bahwa anak asuhnya bakal bermain apik, dan menhimbau suporter untuk mememnuhi Stadion GBK.

"Kami sedang mempersiapkan Piala AFF 2022 dengan target juara. Laga kandnag akan digelar di Stadion SUGBK, Jakarta. Sangatlah penting kita menjadi satu untuk juara. Saya akan membalas budi dengan pertandingan yang keren dan tidak mengecewakan," janji Shin Tae-yong.

"Jika masyarakat Indonesia dan para fans sepak bola Indonesia datang ke stadion dengan kursi penuh tanpa terkecuali," lanjutnya.

Baca Juga

"Saya benar-benar mohon dukungannya yang penuh untuk timnas Indonesia. Terima kasih banyak," tutup pelatih berusia 52 tahun tersebut dalam akun Instagram-nya.

Sementara itu, jika menilik sejarah Timnas Indonesia di turnamen ini, Skuad Garuda bak memiliki kutukan finalis. Tim besutan Shin Tae-yong itu tercatat enam kali lolos ke final Piala AFF sejak turnamen ini diselenggarakan pada 1996.

Baca Juga

Sayangnya, dalam enam final tersebut, Timnas Indonesia hanya puas menjadi runner-up alias gagal meraih gelar juara AFF Cup.

Pada Piala AFF 2020 atau edisi terakhir yang diikuti dan yang berlangsung di Singapura, Timnas Indonesia embali gagal meraih gelar juara.

Saat itu, tim besutan Shin Tae-yong tersebut harus takluk dari juara lima kali turnamen, Thailand, dalam dua leg pada final dengan skor agregat 2-6. Maka kemenangan Negeri Gajah Putih 6-0 atas Myanmar bisa menjadi tanda bahaya bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti.

Baca Juga
ThailandMyanmarTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini