x

Piala AFF 2014, Saat Timnas Indonesia Gagal Total Meski Andalkan Penyerang Naturalisasi

Selasa, 13 Desember 2022 03:13 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Yohanes Ishak
Cristian Gonzales pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia sempat mengalami nasib buruk kala mengandalkan banyak penyerang dalam menjalani laga Piala AFF 2014.

Gelaran Piala AFF 2014 lalu menjadi salah satu kompetisi yang membuat timnas Indonesia bernasib sial, meskipun membawa skuat lengkap.

Kala itu, timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2014 diisi oleh beberapa pemain top dengan pelatih asal Austria, Alfred Riedl.

Tim Garuda kala itu diisi oleh pemain-pemain, seperti Kurnia Meiga, Victor Igbonefo, Firman Utina, hingga sang wonderkid Evan Dimas.

Bahkan, lini serang timnas Indonesia pun diisi oleh beberapa pemain top, seperti duo naturalisasi, Sergio van Dijk, Cristian Gonzales, Boaz Solossa, Samsul Arif, hingga Zulham Zamrun.

Baca Juga

Hanya saja, langkah timnas Indonesia saat itu tidaklah sebaik skuatnya, mengingat seharusnya bisa lolos ke fase selanjutnya,

Timnas Indonesia kala itu dijagokan untuk mendapat peringkat kedua di gelaran Piala AFF 2014, mengingat Vietnam kala itu menjadi tim unggulan.

Baca Juga

Dalam grup A, Piala AFF 2014, timnas Indonesia berada satu grup dengan Filipina dan Laos, yang sebenarnya masih bisa dikalahkan.

Namun demikian, Filipina sebenarnya menjadi salah satu tim yang menyimpan kekuatan tersembunyi dengan kekuatan pemain naturalisasi.

Bagaimana tidak, the Azkals kala itu diisi oleh beberapa jagoan, seperti Manuel Ott, Phil dan James Younghusband, hingga Rob Gier.

Baca Juga

1. Timnas Indonesia di Piala AFF 2014, Dibantai Filipina, Diimbangi Vietnam

TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI)

Sementara itu, dalam laga perdana Piala AFF 2014, Timnas Indonesia kesulitan dengan bermain imbang melawan Vietnam.

Kala itu, Que Ngoc Hai membuka keunggulan Vietnam sebelum timnas Indonesia membalas melalui aksi Zulham Zamrun.

Pertandingan perdana timnas Indonesia itu kemudian berakhir dengan hasil imbang 2-2 usai Le Chong Vinh dan Samsul Arif mencetak dua gol penyama kedudukan.

Hanya saja, pada pertandingan kedua, timnas Indonesia kemudian digulung oleh Filipina yang membawa gerbong naturalisasi di Piala AFF 2014.

Kala itu, pasukan Alfred Riedl dikalahkan oleh Filipina dengan skor 0-4 lewat gol yang dicetak oleh Phil Younghusband, Manuel Ott, Martin Steuble dan Rob Gier.

Baca Juga

Peluang timnas Indonesia yang membawa pemain naturalisasi menjadi sulit dan Filipina lolos lebih dulu ke babak semifinal.

Kondisi ini kemudian membuat timnas Indonesia hanya bermain tanpa beban melawan Laos pada Piala AFF 2014 dan mampu memenangkan laga dengan skor telak 5-1.

Baca Juga

Saat itu, pemain-pemain seperti Evan Dimas, Zulham Zamrun, dan Ramdani Lestaluhu lah yang kemudian menjadi tulang punggung timnas Indonesia.

Senada dengan laga Piala AFF 2014, Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2022 akan membawa beberapa pemain naturalisasi.

Dalam gelaran Piala AFF 2022 kali ini, Timnas Indonesia  akan membawa beberapa pemain naturalisasi dan diharapkan bisa memenangkan pertandingan bersama Shin Tae-yong.

Baca Juga
Cristian GonzalesTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini