x

Siapapun yang Jadi Juara Piala Dunia 2022, Sejarah Baru Tetap Terjadi

Selasa, 13 Desember 2022 07:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Empat Semifinalis Piala Dunia 2022, Argentina, Kroasia, Maroko dan Prancis (Foto: REUTERS/Molly Darlington, REUTERS/Matthew Childs, REUTERS/Paul Childs).

INDOSPORT.COM – Siapapun yang bakal menjadi juara dari salah satu keempat semifinalis Piala Dunia 2022, sejarah baru dipastikan bakal tetap tercipta.

Keempat semifinalis Piala Dunia 2022, yakni Argentina, Kroasia, Maroko, dan Prancis saat ini tengah mempersiapkan diri lebih dulu untuk mendapatkan tiket final, baru setelah itu mereka bakal berusaha keras agar bisa keluar menjadi juara.

Menariknya lagi, di pentas Piala Dunia 2022 ini, keempat negara tersebut tetap bakal menciptakan sejarah baru.

Baca Juga

Mau itu yang juara Argentina, Kroasia, Maroko, maupun sang juara bertahan, Prancis.

Di atas kertas, saat ini Argentina lebih diunggulkan paling teratas agar bisa menjadi juara Piala Dunia 2022.

Hal itu tak lepas dari kekuatan mereka yang diperkuat oleh sang megabintang, Lionel Messi.

Namun jika sudah bertanding, maka penilaian dari atas kertas saja sudah tak lagi menjadi bahan acuan, melainkan hasil pertandinganlah yang menentukan.

Baca Juga

Catatan di atas kertas hanyalah sebagai data acuan dan motivasi tambahan bagi setiap tim unggulan.

Semifinal pertama bakal menyajikan antara Argentina vs Kroasia yang digelar Rabu (14/12/22) pukul 02:00 WIB di Stadion Lusail, sementara semifinal kedua digelar Kamis (15/12/22) pukul 02:00 WIB di Stadion Al Bayt.

Lalu sejarah apa yang bakal tercipta andai keempat semifinalis ini berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022? Berikut ulasannya:

Baca Juga

1. Argentina

Nahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Dimulai dari negara kandidat yang paling difavoritkan menjadi juara Piala Dunia 2022, Argentina.

Tim Tango tercatat sudah dua kali menjadi juara Piala Dunia di tahun 1978 dan 1986.

Namun yang menjadi sejarah adalah pencapaian yang ditorehkan oleh pemain megabintang mereka, Lionel Messi.

Ya, lebih dari sedekade terakhir, nama Lionel Messi terus tercatat dengan sejumlah rekor fantastis yang membuatnya kerap bersaing dengan rival seterunya, Cristiano Ronaldo dari Portugal.

Baca Juga

Juara di Spanyol sudah, juara di Prancis sudah, lalu juara ajang bergengsi seperti Liga Champions juga sudah.

Untuk level internasional, Lionel Messi pun sudah mempersembahkan gelar Copa America untuk Timnas Argentina di tahun 2021 kemarin.

Jika berhasil membawa Timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022, maka Lionel Messi semakin membuktikan jika dirinya memang pantas disebut sebagai pemain terbaik di planet bumi ini.

Kroasia

Selebrasi para pemain Timnas Kroasia usai menang atas Timnas Brasil di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Dilanjutkan dengan lawan dari Argentina di semifinal nanti, yakni Kroasia. Sejak Piala Dunia 2018 Rusia kemarin, Timnas Kroasia mampu menjelma menjadi tim Kuda Hitam yang menakutkan.

Di Piala Dunia 2022 ini, Timnas Kroasia sejatinya juga tak diunggulkan meski mereka pada Piala Dunia 2018 kemarin tercatat sebagai runner up.

Baca Juga

Masih menyandang status yang sama namun memiliki kekuatan dan kekompakan yang lebih baik, Timnas Kroasia pun pastinya belajar banyak dari empat tahun lalu.

Jika Luka Modric cs berhasil kalahkan Argentina di semifinal dan sukses menjadi juara Piala Dunia 2022, maka trofi Piala Dunia ini bakal menjadi gelar pertama mereka di sepanjang sejarah sepak bola.

Baca Juga

2. Timnas Maorko

Pemain Maroko merayakan keberhasilan mereka maju ke semi final Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine

Beralih ke tim semifinalis lainnya, yakni Timnas Maroko. Siapa yang sangka jika tim nasional asal Afrika ini mampu melaju sejauh ini dan bisa mengalahkan sejumlah tim unggulan.

Dimulai dari Fase Grup F, di mana mereka mampu keluar sebagai juara grup di mana salah satu hasil mengejutkannya adalah mereka berhasil kalahkan tim unggulan Belgia dengan skor 2-0.

Di babak penyisihan, Maroko yang sama sekali tak diunggulkan sejak awal justru tampil memukau.

Mereka berhasil memulangkan juara dunia 2010, Spanyol di babak 16 besar melalui adu penalti dan juga menang atas salah satu kandidat juara Piala Dunia 2022 lainnya, yakni Portugal di babak perempatfinal

Baca Juga

Sukses ke semifinal pun sudah membuat Maroko ciptakan sejarah, yaitu menjadi tim Afrika pertama yang berhasil mencapai babak empat besar di ajang Piala Dunia.

Di semifinal nanti, Maroko memang kembali tak diunggulkan lantaran lawan yang mereka hadapi lebih sulit, yakni Timnas Prancis yang mempunyai materi pemain jauh lebih baik.

Namun seandainya Hakim Ziyech dkk berhasil menang dan kembali ciptakan kejutan dengan menjadi juara, maka Timnas Maroko mencatatkan sejarah baru, yaitu menjadi tim Afrika pertama yang sukses menjuarai Piala Dunia.

Timnas Prancis

Para pemain Prancis merayakan di depan para penggemar usai pertandingan saat Prancis melaju ke perempat final. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo)

Selain Argentina, Timnas Prancis menjadi unggulan kedua yang difavoritkan menjadi juara Piala Dunia 2022.

Meski tak diperkuat banyak pemain bintang mereka yang mengalami cedera seperti, Karim Benzema, N’Golo Kante, Christoper Nkunku, hingga Paul Pogba, nyatanya tim besutan Didier Deshamps ini masih solid dan bisa melaju ke semifinal.

Melawan Maroko, mereka pastinya jauh lebih diunggulkan mengingat skuat yang mereka miliki memang lebih baik.

Seandainya juga Les Bleus berhasil kalahkan tim kejutan dari Afrika tersebut dan kembali menjadi juara, maka Timnas Prancis menjadi tim pertama yang berhasil catatkan back-to-back Champions di Piala Dunia di era sepak bola modern.

Baca Juga

Sejauh ini, hanya ada dua negara saja yang pernah menjadi juara Piala Dunia dua kali beruntun, yaitu yang pertama Italia di tahun 1934 dan 1938, serta Brasil di Piala Dunia 1958 dan 1962.

Melihat tahun terakhir Brasil menjadi juara Piala Dunia dua kali secara beruntun, tentu sudah sangat lama, terlebih saat itu masih sepak bola era lama.

Dengan demikian, maka dapat dipastikan, entah itu Argentina, Kroasia, Maroko, atau Prancis yang menjadi juara Piala Dunia 2022, sejarah baru tetap bakal tercipta.

Baca Juga
KroasiaPrancisArgentinaPiala DuniaMarokoPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini