x

Ketok Palu! FIFA Putuskan Piala Dunia Klub Diikuti 32 Peserta Mulai 2025

Jumat, 16 Desember 2022 19:15 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
Presiden FIFA, Gianni Infantino secara resmi telah menetapkan bahwa Piala Dunia Antarklub edisi ke-19 pada 2025 bakal dimainkan oleh 32 peserta.

INDOSPORT.COM – Presiden FIFA, Gianni Infantino secara resmi telah menetapkan bahwa Piala Dunia Klub edisi ke-19 pada 2025 bakal dimainkan oleh 32 peserta.

Federation Internationale de Football Association atau yang dikenal dengan singkatan FIFA memang ingin memperluas Piala Dunia Antarklub agar bisa menjaring lebih banyak peserta.

Keputusan ini tentu bisa menyaingi pelaksanaan Liga Champions yang sudah lebih awal dimainkan oleh 32 peserta.

Perubahan ini dapat dikatakan cukup masif, mengingat pada pelaksanaan sebelumnya Piala Dunia Klub hanya dimainkan oleh tujuh tim.

Tujuh tim peserta itu ditentukan dari pemegang trofi utama pada masing-masing konfederasi, termasuk pemenang Liga Champions.

Baca Juga

Usut punya usut, rencana ini sejatinya sudah dipikirkan oleh Gianni Infantino sejak tahun lalu. Tetapi, pada waktu itu, ia hanya ingin Piala Dunia Klub dimainkan oleh 24 peserta.

Kabar ini muncul pada konferensi pers yang dihadiri oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dengan dewan organisasi badan dunia pagi ini (waktu setempat).

Baca Juga

Sementara dengan adanya peningkatan pada jumlah peserta, Gianni Infantino juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan Piala Dunia Klub akan dimulai pada 2025.

Selain itu, Infantino turut memberikan informasi bahwa pelaksanaan turnamen ini bakal digelar di Maroko, setelah mencapai semifinal Piala Dunia 2022.

Hanya saja, untuk informasi secara detail terkait pagelaran Piala Dunia Klub, Gianni Infantino mengungkapkan jika ia masih perlu mendiskusikan hal tersebut lebih lanjut.

Baca Juga

1. Rencana Gianni Infantino Soal Piala Dunia Klub

Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Melansir Evening Standard, Gianni Infantino sejatinya ingin menyelenggarakan Piala Dunia Klub dengan 24 tim pada 2021.

Tetapi karena masalah Covid, rencana tersebut pada akhirnya ditunda sehingga Piala Dunia Klub masih menggunakan format edisi sebelumnya.

Pada edisi berikutnya, Piala Dunia Klub baru akan berlangsung pada 2025 yang berarti pelaksanaannya akan ditunda sekitar tiga tahun.

Namun, yang menarik pada pagelaran Piala Dunia Klub berikutnya adalah jumlah peserta. Dengan total 32 tim maka pelaksanaan turnamen ini bisa seperti Piala Dunia.

Baca Juga

“Piala Dunia Antarklub (Pria) baru akan berlangsung pada 2025 dan akan menampilkan 32 tim terbaik di dunia,” kata Infantino dikutip dari Evening Standard.

“Tentu saja, detailnya masih akan didiskusikan dan disepakati. Tetapi, turnamen dengan 32 tim ini akan tetap berjalan. Membuatnya benar-benar seperti Piala Dunia,” sambungnya.

Baca Juga

Sementara itu, Presiden FIFA Gianni Infantino juga turut memberikan informasi terkait peluncuran FIFA World Cup Series.

“(Rencananya) menggunakan jendela Maret di tahun genap, tahun Piala Dunia, tahun Piala Eropa, dan tahun Copa Amerika, serta menyelenggarakan turnamen persahabatan antara empat tim dari empat konfederasi yang berbeda,” jelasnya.

“Harapannya, semua orang bisa memperoleh pengalaman ini dengan bermain satu sama lain, di bawah payung FIFA. Pada akhirnya ini akan menjadi jenis acara FIFA World Series,” pungkasnya.

Baca Juga

Sumber: Evening Standard

FIFAPiala Dunia AntarklubGianni InfantinoBola Internasional

Berita Terkini