x

5 Pemain Termuda di Piala AFF 2022: Laos Dominan, Marselino Ferdinan Masuk Geng

Selasa, 20 Desember 2022 18:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Marselino Ferdinan dari Timnas Indonesia, masuk dalam daftar pemain termuda yang berpartisipasi di hajatan sepak bola Asia Tenggara bertajuk Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Marselino Ferdinan dari timnas Indonesia, masuk dalam daftar pemain termuda yang berpartisipasi di hajatan sepak bola Asia Tenggara bertajuk Piala AFF 2022.

Marselino Ferdinan yang masih berusia 18 tahun pada 9 September 2004 tersebut akan menjadi penggawa timnas Indonesia di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Sejak fase grup, Marselino Ferdinan akan berjibaku melawan pemain muda berusia 18 tahun yang tak kalah membahayakan dari timnas Filipina, yakni Harry Nunez.

Di sisi lain, ada total enam pemain berusia 18 tahun dari Laos, yakni Phonsack Seesavath, Anantaza Siphongphan, Phoutthavong Sangvilay, Phounin Xayyasone, Phetdavanh Somsanid, dan Chanthavysay Thiep Anong.

Mereka akan jadi penggawa timnas Laos di sejak fase Grup B bersama tim kuat Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Myanmar.

Baca Juga

Untuk menengok lebih dalam, INDOSPORT mencoba untuk mengulas profil lima pemain termuda berusia 18 tahun di ajang Piala AFF 2022.

1. Marselino Ferdinan (Timnas Indonesia)

Pada hajatan Piala AFF 2022, pelatih Shin Tae-yong memberikan banyak kesempatan kepada pemain muda untuk bersinar bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pria kelahiran 9 September 2004, Marselino Ferdinan, menjadi pemain termuda yang masuk dalam Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Masih berusia 18 tahun, namun Marselino Ferdinan adalah pesepak bola sarat pengalaman bersama timnas Indonesia di berbagai level umur.

Seperti kala Marselino Ferdinan masuk skuat timnas Indoensia di Piala AFF U-19 2022. Kemudian kala dia menjadi top skor Piala AFF U-15 2019.

Baca Juga

1. Pencapaian Marselino Ferdinan

Bersama Youssoufa Moukoko, Marselino Ferdinan masuk daftar 60 talenta muda trbaik dunia dalam cabor sepak bola versi media The Guardian pada tahun 2021.

Bukti lain dari pengalaman Marselino Ferdinan adalah kala mengantarkan timnas Indonesia mencapai tempat ketiga atau medali perunggu SEA Games 2021.

Gelandang Persebaya Surabaya tersebut menjadi pencetak gol termuda saat andil dalam kemenangan 7-0 timnas Indonesia atas Nepal di perjalanan Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Bersama Youssoufa Moukoko, Marselino Ferdinan masuk daftar 60 talenta muda trbaik dunia dalam cabor sepak bola versi media The Guardian pada tahun 2021.

Kini Marselino Ferdinan di Piala AFF 2022 akan mencoba bersinergi dengan pemain timnas Indonesia lainnya yang didominasi para pemain-pemain muda.

Seperti Pratama Arhan (20), Egy Maulana Fikri (22), Muhammad Ferrari (22), Witan Sulaeman (21), Muhammad Riyandi (22).

Baca Juga

Timnas Indonesia akan memulai laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja pada Jumat (23/12/22) pukul 16.30 WIB di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

2. Harry Nunez 

Lahir pada 16 Desember 2004, Harry Nunez tak hanya yang termuda di timnas Filipina, namun juga termuda di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Meski jadi pemain termuda, gelandang klub Azkals Development Team (ADT) tersebut akan unjuk gigi bersama timas Filipina untuk misi merebut trofi Piala AFF 2022.

Apalagi sebelum tampil dalam skuad Laos di Piala AFF 2022, Harry Nunez juga pernah berpengalaman untuk membela timnas Filipina U-19.

Jadi pengalaman bergabung dengan timnas Filipina di Piala AFF 2022 di bawah kepelatihan Ferre Ybarz, tentunya adalah hal yang besar baginya.

Baca Juga

2. Timnas Laos Didominasi Pemain Muda

Sebagai tim non unggulan, timnas Laos mengusung para pemain muda yang menarik perhatian. Pasukan Michael Weiss memiliki skuat dengan pemain rata-rata berusia 22,3 tahun.

Sebagai tim non unggulan, timnas Laos mengusung para pemain muda yang menarik perhatian. Pasukan Michael Weiss memiliki skuat dengan pemain rata-rata berusia 22,3 tahun.

Total ada enam pemain berusia 18 tahun yang termuda di Piala AFF 2022, yakni Phonsack Seesavath, Anantaza Siphongphan.

Kemudian ada tiga pemain Laos lainnya, yakni Phoutthavong Sangvilay, Phounin Xayyasone, Phetdavanh Somsanid, dan Chanthavysay Thiep Anong.

Mereka akan menjadi seteru sengit bagi timnas Indonesia dan lain-lainnya di Piala AFF 2022 mendatang. Mari membahas tiga profil pemain muda timnas Laos di Piala AFF 2022.

3. Anantaza Siphongphan 

Lahir pada 9 November 2004, Anantaza Siphongphan menjadi pemain termuda di skuat timnas Laos untuk Piala AFF 2022.

Bek klub Ezra FC tersebut di usianya sudah sarat pengalaman membela timnas Laos berbagai usai, yakni timnas Laos U-23., U-20, dan U-19.

Baca Juga

Dia juga menciptakan banyak assist, seperti kala Anantaza Siphongphan menjadi aktor pencetak gol kemenangan 3-0 timnas Laos atas Guam di Kualifikasi Piala Asia AFC U-20 Grup C.

4. Phonsack Seesavath

Lahir pada 4 Oktober 2004, Phonsack Seesavath, sebagai pemain sayap kiri, memiliki sarat pengalaman dalam sejumlah laga bersama timnas Laos.

Baca Juga

Dia juga baru saja menciptakan assist gol pemain pegganti Arthit Luanglath saat kemenangan 3-0 timnas Laos atas Guam di Kualifikasi Piala Asia AFC U-20 Grup C.

5. Chanthavysay Thiep Anong

Lahir pada 9 Mei 2004, Chanthavysay Thiep Anong menjadi salah satu pemain termuda di skuat timnas Laos untuk Piala AFF 2022.

Saat ini dia memiliki sejumlah pengalaman bergengsi, seperti ketika menjadi gelandang untuk klub IDESA Champasak United.

Demikian lima pemain termuda Piala AFF 2022, dimulai dari Marselino Ferdinan (timnas Indonesia), Harry Nunez (timnas Filipina), hingga skud Laos.

Baca Juga
FilipinaLaosTimnas IndonesiaMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini