x

Tak Hanya dari Sepak Bola, Ini Deretan Ladang Uang Bintang Piala Dunia 2022 Lionel Messi

Selasa, 20 Desember 2022 09:06 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Megabintang timnas Argentina di Piala Dunia 2022, memiliki sumber kekayaan menggiurkan tak hanya dari kepiawaiannya menjadi pemain sepak bola.

INDOSPORT.COM - Pemain terbaik Piala Dunia 2022 yakni Lionel Messi memiliki sumber kekayaan menggiurkan tak hanya dari kepiawaiannya menjadi pemain sepak bola.

Lionel Messi yang turut mengantarkan timnas Argentina menggondol Piala Dunia 2022 berhadiah total 42 juta dolar AS (sekitar Rp655,14 miliar) tersebut, ternyata memiliki sejumlah gurita pemasukan.

Selain sepak bola, gurita bisnis itu ditanam sebagai bukti dari dominasinya di dunia sepak bola dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

Termasuk dari keperkasaannya memenangi semua title bergengsi, baik untuk individu, level klub, hingga timnas Argentina.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum sumber kekayaan sang penggawa timnas Argentina di Piala Dunia 2022, Lionel Messi.

Baca Juga

1. Gaji Fantastis di Sepak Bola

Peraih tujuh Ballon d’Or, Lionel Messi, memiliki kontrak cukup fantastis untuk klub-klub yang dibelanya. Berapa gaji Lionel Messi di klubnya saat ini, yaitu Paris Saint-Germain (PSG)?

Melansir laman Evening Standar, Lionel Messi menandatangani kontrak dengan PSG selama 2 tahun hingga 2023 dengan gaji senilai 35 juta euro (sekitar Rp590 miliar) per tahun.

Baca Juga

Catatan itu berarti Lionel Messi menerima 3 juta euro (sekitar Rp50 miliar) per bulannya, atau sekitar 729 ribu (sekitar Rp12 miliar) per minggu.

Sementara saat di Barcelona, pada tahun 2017 silam, kabarnya Lionel Messi menerima gaji sekitar 168 juta dolar (sekitar Rp2,4 triliun).

Gaji itu bahkan masih di level klub, belum di level lain. Sungguh harga yang sangat pantas untuk memakai jasa Lionel Messi dengan segala keperkasaannya di sepak bola.

Baca Juga

1. Buka Gurita Bisnis

Pada masa senja dalam kariernya, Lionel Messi yang baru mengantarkan timnas Argentina menang 4-2 atas Prancis di final Piala Dunia 2022 tersebut rupanya turut merambah dunia bisnis.

2. Buka Bisnis dan Investasi

Pada masa senja dalam kariernya, Lionel Messi yang baru mengantarkan timnas Argentina menang 4-2 atas Prancis di final Piala Dunia 2022 tersebut rupanya turut merambah dunia bisnis.

Sebelum partisipasinya di Piala Dunia 2022, Lionel Messi meluncurkan perusahaan investasi yang bergelut di sektor olahraga, media, dan teknologi.

Melansir laman Sports Media, perusahaan tersebut bernama ‘Time Sports – Tech HoldCo LLC yang diketahui bermarkas di San Fransisco, Amerika Serikat.

“Saya bersemangat untuk memperluas akar kami ke Silicon Valley, dan saya senang Play Time akan berkolaborasi dengan pengusahan berani dari seluruh dunia,” ucap Lionel Messi.

Selain itu Lionel Messi tercatat mempunya bisnis investasi property di proyek Azahares del Parana, lalu berinvesitasi crypto, hingga NFT Ethernity.

Baca Juga

Bisnisnya tak cukup sampai disitu, suami dari Antonela Roccuzzo tersebut juga sudah sejak 2019 lalu mengelola bisnis Clothing Line.

Dia bekerjasama dengan saudara perempuannya, Maria Sol pada proyek clothing tersebut. Untuk menghemat modal usaha, Messi bahkan terjun langsung sebagai model produk pakaiannya. 

Baca Juga

Bukan hanya sekadar membangun bisnis fashion, Lionel Messi pun memiliki beragam strategi untuk meningkatkan nilai penjualannya.

Termasuk ketika dia menjalin kerjasama dengan perusahaan agensi ternama, Cirque du Soleil, di acara Messi10 yang digelar Oktober lalu di Barcelona, di mana produk pakaian Messi ditampilkan di sana.

Tampaknya, usaha pakaian ini dibuat Lionel Messi sebagai tabungan di hari tua, mengingat karier sebagai pesepak bola dibatasi dengan usia.

Baca Juga

2. Kontrak Sponsor

Sumber kekayaan bintang timnas Argentina Lionel Messi juga berasa dari sponsor, kontrak brand, dan bintang iklan.

3. Kontrak Brand dan Bintang Iklan

Sumber kekayaan bintang timnas Argentina Lionel Messi juga berasa dari sponsor, kontrak brand, dan bintang iklan. Juara Piala Dunia 2022 itu memiliki sponsor seumur hidup dengan brand Adidas.

Melansir laman Marca, jersey Lionel Messi bersama Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 terjual habis di toko Adidas seluruh dunia.

Baca Juga

Rincian kontrak dengan Adidas disebut mencapai 25juta dolar AS per tahun. Dia menandatangi kontrak dengan Adidas pada 2006 dan memperbaharuinya pada 2017.

Pada pengujung 2022, Lionel Messi bersama bintang timnas sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, digandeng Louis Vuitton sebagai bintang iklan.

Baca Juga

Foto Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat menjadi bintang iklan itu sukses menyedot beragam atensi publik. Menurut Cash N Sports, Lionel Messi dikontrak 1,7 dolar untuk menjadi bintang iklan tersebut.

Deretan brand ternama lainnya juga menjadi sponsor utama karier Lionel Messi sebagai pesepak bola di antaranya adalah Ooreedoo, Tata Motors, Turkish Airlines, hingga Gillette.

Belum lagi brand minuman terkenal “Pepsi” yang turut mensponsori karier Lionel Messi baik selama di klub hingga di timnas Argentina.

Tak mengherankan, dengan sederet sumber kekayaan itu, Lionel Messi masuk dalam daftar 10 atlet terkaya di majalah Forbes. Total penghasilannya sejak 2011 adalah 1,0142 miliar ( sekitar Rp15,2 triliun).

Baca Juga
PrancisArgentinaBarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainPSGPiala Dunia 2022Sepak BolaTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini