x

3 Alasan Lionel Messi Layak Raih Super Ballon d'Or, Penghargaan Langka dalam Sepak Bola

Sabtu, 24 Desember 2022 21:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Lionel Messi berpotensi ciptakan sejarah baru usai penampilan gemilangnya di Piala Dunia 2022, sang bintang berpeluang raih trofi langka Super Ballon d'Or.

INDOSPORT.COMLionel Messi berpotensi ciptakan sejarah baru usai penampilan gemilangnya di Piala Dunia 2022, sang bintang berpeluang besar raih trofi langka Super Ballon d'Or.

Dalam sejarahnya, trofi Super Ballon d'Or memang sangat jarang didengar atau diberikan kepada para pesepak bola, meski sang pemain sukses menorehkan prestasi gemilang.

Bahkan, Super Ballon d'Or baru sekali dimenangkan dan sampai sekarang belum pernah ada lagi pemain yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebagai informasi, satu-satunya pemain yang berhasil mendapatkan penghargaan Super Ballon d’Or adalah Alfredo Di Stefano.

Pemain legendaris Argentina tersebut adalah orang yang mengangkat serta satu-satunya pemain dalam sejarah yang meraih Super Ballon d'Or tahun 1989 silam.

Baca Juga

Kala itu, Alfredo Di Stefano mengalahkan dua bintang lainnya, Michel Platini serta Johan Cruyff dalam pemungutan suara.

Sebelum meraih Super Ballon d'Or, Alfredo Di Stefano memang sangat superior sebagai pesepak bola dengan dibuktikan lewat torehan dua trofi Ballon d'Or tahun 1957 dan 1959.

Baca Juga

Selain itu, Alfredo Di Stefano juga mampu memenangkan sejumlah gelar juara bergengsi mulai dari La Liga, European Cup, Latin Cup, Intercontinental Cup hingga Copa America bersama Argentina.

Tak heran jika sang pemilik 308 gol buat Argentina ini jadi pemenang dalam penghargaan Super Ballon d'Or.

Kini setelah hampir 33 tahun, tampaknya gelar Super Ballon d'Or bakal kembali diberikan dan nama Lionel Messi jadi pemain teratas yang layak memenangkannya.

Ada beberapa alasan dan faktor mengapa Lionel Messi layak mendapatkan gelar Super Ballon d'Or, untuk lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Gelar Juara Lengkap

Lionel Messi mendapatkan jubah dari Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Presiden FIFA Gianni Infantino saat penyerahan Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Alasan pertama mengapa Lionel Messi layak mendapat gelar Super Ballon d'Or adalah, koleksi trofi juara miliknya yang sudah cukup lengkap bagi pesepakbola.

Di level klub, Lionel Messi hampir memenangi semua gelar juara tertinggi di kompetisi Eropa mulai dari Liga Champions, UEFA Super Cup serta FIFA Club World Cup bersama Barcelona.

Sementara di level internasional, Lionel Messi baru saja melengkapi trofinya bersama Argentina dengan menjuarai Piala Dunia 2022.

Bahkan pada ajang tersebut, Lionel Messi sukses menyabet gelar pemain terbaik dengan torehan 7 gol sepanjang turnamen.

Berbekal statistik tersebut, tak heran jika Lionel Messi layak diberikan satu trofi penghargaan tambahan dalam kariernya yakni Super Ballon d'Or.

Baca Juga

Trofi Ballon d’Or Terbanyak
Selain gelar juara, alasan lain mengapa Lionel Messi berhak mendapatkan Super Ballon d'Or adalah prestasinya yang sampai sekarang masih menjadi pemain dengan jumlah gelar Ballon d’Or terbanyak.

Tercatat, Lionel Messi sepanjang kariernya sudah memenangkan 7 gelar Ballon d’Or yang didapat pada tahun 2009 hingga 2012, 2015, 2019 dan 2021.

Baca Juga

Ditambah prestasi impresif dengan membawa Argentina juara Piala Dunia 2022, tampaknya Lionel Messi bakal menambah satu gelar Ballon d’Or lagi.

Dengan begitu, total Lionel Messi sudah mengumpulkan 8 Ballon d’Or dan jauh mengungguli Cristiano Ronaldo sebagai pesaing terdekat yang saat ini baru memenangkan 5 trofi.

Sementara Alfredo Di Stefano jauh dibawah Messi dengan hanya torehkan dua Ballon d’Or. Jika dua Ballon d’Or saja sudah layak membuat Alfredo Di Stefano dianugerahi Super Ballon d'Or, maka total 7 gelar serupa yang diraih Lionel Messi sudah patut membuat namanya berhak diberikan trofi Super Ballon d'Or.

Baca Juga

2. Lebih Baik Ketimbang Alfredo Di Stefano

Lionel Messi dari Argentina merayakan trofi Piala Dunia 2022 dengan rekan setimnya REUTERS-Carl Recine

Terakhir adalah faktor statistik yang secara diatas kertas menunjukkan Lionel Messi jauh lebih baik ketimbang Alfredo Di Stefano.

Dari jumlah gol, Lionel Messi mampu unggul atas Alfredo Di Stefano dengan catatkan 706 gol dari 863 laga di semua kompetisi level klub.

Sementara Alfredo Di Stefano cuma bisa mencetak 480 gol dari total 669 penampilan di level klub.

Untuk gelar bersama timnas, Lionel Messi hampir sempurna dengan membawa Argentina menjuarai FIFA World Youth Championship, medali emas Olimpiade 2008, Copa America serta Piala Dunia.

Sedangkan Alfredo Di Stefano hanya memiliki satu gelar bersama timnas, yakni Copa America yang dimenangkan Argentina pada tahun 1947.

Baca Juga

Untuk prestasi individu, Lionel Messi pun jauh lebih baik. Selain jumlah Ballon d’Or yang lebih banyak, La Pulga juga memiliki gelar top skor Liga Spanyol lebih mentereng ketimbang Alfredo Di Stefano.

Selama memperkuat Real Madrid, Alfredo Di Stefano berhasil memenangkan lima kali Pichichi Trophy. Sementara Lionel Messi, sukses menyabet gelar top skor tersebut sebanyak 8 kali.

Dari statistik diatas, jelas bahwa diatas kerta Lionel Messi lebih unggul ketimbang Alfredo Di Stefano dan layak untuk mendapatkan gelar Super Ballon d'Or yang sangat langka tersebut.

ArgentinaLionel MessiPiala DuniaAlfredo Di StefanoBallon d'OrPiala Dunia 2022

Berita Terkini