x

3 Hal yang Mungkin Terjadi pada Lionel Messi Usai Juara Piala Dunia 2022

Minggu, 25 Desember 2022 18:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Lionel Messi mencium trofi Piala Dunia dan mendapat penghargaan Bola Emas Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM – Lionel Messi dihadapkan dengan keputusan terkait masa depannya setelah menjuarai Piala Dunia 2022. Kembali ke Barcelona, gabung Inter Miami atau bertahan di Paris Saint-Germain?

Lionel Messi akhirnya melengkapi puzzle koleksi gelar juara yang selama ini selalu diimpikan, yakni Piala Dunia 2022 bersama Argentina.

La Pulga mempersembahkan trofi paling bergengsi ini untuk Argentina dengan mengalahkan juara bertahan Prancis 4-2 lewat adu penalti setelah sempat ditahan imbang 3-3 selama ektra time.

Tak hanya trofi Piala Dunia 2021, bintang Paris Saint-Germain ini juga memenangi penghargaan Bolden Balla alias Bola Emas karena menjadi pemain terbaik turnamen.

Dia memecahkan sejumlah rekor, salah satunya jumlah penampilan terbanyak (26 caps) di Piala Dunia, dan menit bermain terbanyak di turnamen (2.315 menit).

Baca Juga

Deretan pencapaian ini menjadikan Lionel Messi layak dinobatkan sebagai pemain paling hebat sepanjang masa alias GOAT (Greatest of All Time).

Namun di balik kesuksesannya di Qatar, Lionel Messi menghadapi sejumlah spekulasi yang melingkupi masa depannya belakangan ini.

Baca Juga

Kontraknya di PSG hampir berakhir, dengan Messi sudah memasuki usia senja dia masih berpeluang pindah ke klub raksasa lain seperti Barcelona dan Inter Miami.

INDOSPORT mengupas satu per satu kemungkinan yang akan terjadi terkait masa depan Messi dalam beberapa tahun ke depan setelah dia menjadi kampiun Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Bertahan di PSG Sampai Pensiun?

Lionel Messi di laga PSG vs Maccabi Haifa (26/10/22). (Foto: REUTERS/Sarah Meyssonnier)

Sebelummnya, Lionel Messi memang belum memikirkan dan melakukan pembicaraan terkait masa depannya di Paris, meski kontraknya akan segera habis pada 30 Juni tahun depan.

Hal ini karena Messi ingin fokus mempersiapkan diri bersama timnas Argetnina di Piala Dunia 2022. Jika ditunda sampai tahun depan, maka dia akan bebas transfer per 1 Januari  2023.

Tepat sebelum final, presiden Paris Saint-Germain Nasser Al Khelaifi mengungkapkan bahwa dia telah bertemu dengan rombongan Leo Messi menjelang akhir Piala Dunia untuk membahas kelanjutannya.

PSG tampaknya khawatir Messi bakal tergoda untuk pindah ke klub lain setelah menjadi juara Piala Dunia 2022 dan melewati masa yang sulit di separuh pertama musim ini.

Namun kini, PSG bisa bernafas lega. Pasalnya, pemain yang baru mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 itu bersedia menambah masa baktinya.

Baca Juga

Kabar bertahannya Lionel Messi di Paris Saint-Germain (PSG) ini juga dikonfirmasi oleh jurnalis kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano, melalui laman medis sosialnya.

"Lionel Messi kini telah mencapai kesepakatan lisan dengan Paris Saint-Germain untuk memperpanjang kontrak!," tulisnya.

Namun detail kontrak baru antara Messi dengan PSG sendiri belum diketahui secara pasti. Pasalnya, pihak PSG tengah bekerja membuat proposal kontrak baru sembari menunggu Messi rehat.

Baca Juga

“Durasi kontrak serta gaji belum ditentukan, hal tersebut akan dibahas dalam waktu dekat," lanjut Fabrio Romano pada Kamis (22/12/22) lalu.

Bukan mustahil, PSG bakal langsung menawarinya kontrak jangka panjang di Parc des Prince. Kontrak ini bakal berbeda dengan kontrak sebelumnya yang hanya bebrdurasi dua tahun.

Dengan usia Messi saat ini memasuki 35 tahun, artinya Messi bakal mulai menganggap PSG akan jadi klub terakhirnya jika dia meneken kontrak jangka panjang.

Baca Juga

2. Inter Miami: Reuni dengan Teman Lama

David Beckham rilis klub barunya di MLS, yaitu Inter Miami FC

Memang, di PSG sekarang, Messi diganjar upah sekitar Rp18,7 miliar, tertinggi di klub melebihi dua rekan setimnya Neymar dan Kylian Mbappe.

Namun, Inter Miami memiliki sejuta pesona untuk para pemain veteran di dalam mengakhiri karier senjanya dengan keglamoran.

Klub Major League Soccer milik legenda Manchester United, David Beckham tersebut, tidak menutup diri sangat tertarik mendatangkan Lionel Messi.

Bukan hanya itu, Lionel Messi bahkan sudah memiliki investasi property mewah di dekat pantai Miami untuk mempersiapkan hari tuanya.

Jika dia menerima tawaran Beckham, Messi bakal dibayar sekitar 14 juta dolar AS setahun dan akan bersatu dengan dua rekannya, Sergio Busquets dan Luis Suarez yang juga diincar klub.

Baca Juga

Kembali ke Pelukan Barcelona?

Begitu Argentina mengangkat piala Piala Dunia 2022, fans Barcelona turut heboh dan menuntut klub Spanyol itu untuk memulangkan Lionel Messi ke Camp Nou.

Rumor terkait Barcelona ingin memulangkan Messi sejatinya sudah mulai mencuat saat presiden Blaugrana, Joan Laporta memposting pesan dalam bahasa Catalan di Twitter.

"Selamat, Leo! Anda pantas mendapatkannya (trofi Piala Dunia 2022). Sepak bola berutang budi kepada Anda saat ini,’ tulis Laporta yang mengurungkan niat datang ke final Piala Dunia 2022 di menit-menit akhir.

Baca Juga

Sebelumnya, Joan Laporta juga sudah berjanji selama kampanye pemilihan presiden klub bahwa dia akan ‘menghalalkan segala cara’ untuk mempertahankan Lionel Messi di Barcelona.

Sayangnya, Joan Laporta belum bisa mewujudkan janji tersebut karena klub masih terlilit hutang menumpuk peninggalkan eks presiden Josep Maria Bartomeu.

Dengan Messi akan habis kontrak musim depan, Barca sejatinya berharap bisa memulangkan sang legenda secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga

Namun jika Messi memilih memperpanjang kontraknya di PSG, Barcelona harus lebih bersabar menanti kesempatan bisa memulangkan Messi di waktu yang akan datang,

Bagaimana pun, Messi tetaplah dianggap legenda hidup raksasa Catalan. Hampir sejumlah rekor dan trofi dimenangkan Messi ketika masih berseragam Barca.

Di antaranya, memenangkan 35 gelar (4 Liga Champions, 10 gelar LaLiga, 7 Copa del Rey, 3 Piala Dunia Antarklub, 3 Piala Super Eropa dan 8 Piala Super Spanyol).

Baca Juga
Bursa TransferArgentinaBarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainPiala Dunia 2022Inter MiamiBerita Bursa Transfer

Berita Terkini