x

Ketika Sepak Bola Pernah Menghentikan Perang Dunia 1 saat Natal 1914

Minggu, 25 Desember 2022 13:47 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Klub Liga Inggris Tottenham Hotspur, Son Heung-min, jalani wajib militer di Korea Selatan.

INDOSPORT.COM - Sepak bola merupakan olahraga yang sudah menjadi favorit banyak orang di muka Bumi sejak abad kedua, bahkan jauh sebelum terjadinya Perang Dunia I.

Bagi kebanyakan orang, sepak bola merupakan bagian dari budaya. Namun fanatisme tinggi bisa memicu adanya aksi anarkis bila tim kesayangannya mengalami kekalahan.

Akan tetapi, sepak bola memang seharusnya menjadi olahraga untuk melakukan sebuah perdamaian. Hal itu sempat terjadi saat Perang Dunia pertama pada 1914 silam.

Dilansir dari berbagai sumber, pada Perang Dunia pertama, militer Inggris dan Jerman menjadi negara yang paling ganas dalam saling adu kekuatan senjata.

Baca Juga

Namun, saat Natal atau hari kelahiran Yesus Kristus tiba, mereka sepakat untuk menghentikan peperangan dan malah mengadakan pertandingan sepak bola.

Sepak bola ala prajurit Inggris vs Jerman berlangsung di Non Man Land, atau istilah sebuah wilayah di Eropa yang berstatus sengketa pada saat kala itu.

Baca Juga

Uniknya, tidak terdengar adanya suara tembakan api, atau bahkan bom dari tank tempur mereka. Kedua belah pihak justru terlihat saling tertawa bersama menikmati indahnya perebutan bola.

Dalam pertandingan sepak bola di acara Natal tersebut, tentara Inggris kabarnya berhasil mendulang menang tipis 1-0 atas pasukan Jerman.

Baca Juga

1. Perang Inggris vs Jerman Kembali Berlanjut

Pertandingan antara tentara Jerman melawan tentara Inggris di tengah-tengah Perang Dunia I di boxing day 1914 yang kabarnya hanya mitos belaka

Setelah pertandingan selesai, mereka kembali melanjutkan peperangan sehari berikutnya. Sebagian sejarawan menganggap kalau para prajurit khususnya Inggris sedang memperingati boxing day.

Sejak peristiwa itu, Liga Inggris terus mengadakan boxing day sehari setelah perayaan Natal. Boxing day menjadi kado pertandingan Natal tidak hanya warga Inggris namun di seluruh pelosok belahan dunia.

Seperti pada Liga Inggris musim ini, boxing day bakal tersaji mulai 26 Desember 2022 mendatang. Duel dibuka dengan laga Brentford vsTottenham Hotspur.

Kemudian pada dini harinya akan ada laga Aston Villa vs Liverpool serta derbi London yang mempertemukan Arsenal vs West Ham United.

Baca Juga

Berikut jadwal boxing day Liga Inggris 2022-2023:

Senin, 26 Desember 2022

20:30 Brentford vs Tottenham Hotspur

23:00 Crystal Palace vs Fulham

23:00 Everton vs Wolverhampton Wanderers

23:00 Leicester City vs Newcastle United

23:00 Southampton vs Brighton & Hove Albion

Baca Juga

Selasa, 27 Desember 2022

01:30 Aston Villa vs Liverpool

04:00 Arsenal vs West Ham United

Rabu, 28 Desember 2022

01:30 Chelsea vs AFC Bournemouth

04:00 Manchester United vs Nottingham Forest

Kamis, 29 Desember 2022

04:00 Leeds United vs Manchester City.

Baca Juga
InggrisJermanBoxing DayNatalLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini