x

Kiprah 4 Pemain PSV Eindhoven yang Gabung Manchester United, Gakpo Perlu Khawatir?

Minggu, 25 Desember 2022 22:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain PSV Eindhoven, Cody Gakpo (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington.

INDOSPORT - Rumor transfer soal Cody Gakpo ke Manchester United terus berhembus kencang. Sebenarnya, di masa lalu, ada 4 pemain PSV yang hijrah ke Old Trafford. Siapa saja?

Potensi sang pemain pindah ke Manchester United memang diyakini cukup besar dengan kode dari Erik ten Hag, yang tersenyum ketika ditanyai terkait rumor tersebut.

Baca Juga

Meski gagal pada bursa transfer musim panas lalu, Manchester United belum akan menyerah untuk mendapatkan tanda tangan Cody Gakpo dari PSV Eindhoven. 

Ditambah lagi, winger 23 tahun ini  juga sudah menunjukkan minatnya untuk bergabung dengan tim yang berjuluk The Red Devils tersebut. 

Melansir dari Sportbible, Gakpo telah mengungkapkan jika Manchester United mengirimkan proposal kepadanya, dia akan memikirkannya.

Baca Juga

Bahkan, Erik ten Hag juga telah mengklaim bahwa dirinya sudah memegang kartu as untuk mendatangkan Cody Gakpo. 

Sehingga, dirinya menunjukkan ekspresi bahagia ketika ditanyai terkait kedatangan pemain PSV Eindhoven tersebut.

Jika memang mimpi Erik Ten Hag tercapai memboyong Gakpo dari PSV Eindhoven di bursa transfer musim dingin Januari 2023 mendatang, ini bukan langkah pertama untuk klub.

Baca Juga

Setan Merah sebelumnya ternyata pernah merekrut sebanyak 4 pemain PSV Eindhoven di masa lalu. 

Bagaimana karir mereka di Old Trafford? Berikut ulasan INDOSPORT


1. 1. Jaap Stam

Ruud van Nistelrooy dan Alex Ferguson.

Langkah pemain PSV gabung Man United diawali oleh Jaap Stam yang pindah di musim panas 1998 silam. 

Setan Merah rela menebusnya dengan mahar 17 juta euro, yang langsung dibuktikan oleh sang pemain dengan menjadi andalan di lini pertahanan. 

Baca Juga

Karirnya bersama Man United terbilang cukup sukses. Bahkan Stam berhasil mempersembahkan treble winners untuk klub di musim pertamanya. 

Kendati begitu, bek legendaris yang kini jadi pelatih, hanya tiga musim di Man United sebelum dijual ke Lazio karena tidak cocok dengan Sir Alex Ferguson. 

Selama tiga musim di Old Trafford, Stam berhasil mencatat sebanyak 127 pertandingan dan meraih enam trofi di berbagai kompetisi. 

Baca Juga

2. Ruud van Nistelrooy

Berselang tiga tahun kemudian, Manchester United kembali merekrut pemain dari PSV Eindhoven, kali ini untuk sektor lini depan. 

Yaitu Ruud Van Nistelrooy yang diboyong dengan harga yang cukup mahal di tahun 2001, senilai 28,5 juta euro. 

Tidak butuh waktu lama untuk striker tim nasional Belanda itu untuk jadi andalan lini depan Setan Merah. 

Baca Juga

Bermain kurang lebih lima musim, dia berhasil mencetak sebanyak 150 gol dan 25 assist dari 219 penampilan di berbagai kompetisi. 

Sebelum hengkang ke Real Madrid di musim panas 2006, Van Nistelrooy sudah memberi empat trofi yang salah satunya gelar juara Liga Inggris untuk Man United.


2. 3. Park Ji Sung

Park Ji-Sung.

Empat tahun setelah Van Nistelrooy datang, Manchester United kembali merekrut pemain PSV yakni Park Ji Sung yang langsung jadi andalan Sir Alex Ferguson. 

Park bahkan menjadi bagian integral dari skuat Manchester United pada medio 2005-2012. Selama itu, dia mencatat 204 penampilan dengan mencetak 28 gol dan 30 assist. 

Gelandang Korea Selatan ini mempersembahkan 13 trofi yang di antaranya empat gelar juara Liga Inggris. Salah satunya juga trofi Liga Champions berhasil dia menangkan. 

Baca Juga

4. Memphis Depay

Sepuluh tahun kemudian, Man United kembali melakukan hal serupa, yakni memboyong Memphis Depay dari PSV Eindhoven. 

Tapi sayang, Depay dianggap gagal dan dilepas ketika Jose Mourinho melatih Setan Merah pada Januari 2017 lalu. 

Dari 53 penampilan di semua kompetisi selama berseragam Manchester United, penyerang asal Belanda itu hanya mencetak tujuh gol.

Manchester UnitedPark Ji SungRuud van NistelrooyPSV EindhovenLiga InggrisErik ten HagCody Gakpo

Berita Terkini