x

Tidak Salah Pilih Liverpool, 3 Alasan Cody Gakpo Memang Lebih Cocok Gabung The Reds

Rabu, 28 Desember 2022 23:51 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi penyerang sayap Belanda, Cody Gakpo. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Liverpool berhasil menikung Manchester United untuk memboyong Cody Gakpo dari PSV Eindhoven. Ternyata memang banyak alasan ia lebih cocok berseragam The Reds.

Tidak lama usai Piala Dunia 2022 berakhir, terjadi kejutan jelang bursa transfer musim dingin Januari 2023 mendatang. 

Baca Juga

Yakni bintang muda dari skuat Belanda akhirnya melabuhkan hatinya untuk Liverpool, di tengah spekulasi yang mengatakan dia juga diincar Manchester United

Transfer mengejutkan ini terjadi manakala wartawan terkemuka, Fabrizio Romano mengumumkan bahwa kesepakatan antara Cody Gakpo dan Liverpool sudah terjadi. 

Tentu saja, kabar ini cukup mengejutkan, mengingat pemain yang moncer di gelaran Piala Dunia 2022 ini dikaitkan dengan Manchester United. 

Baca Juga

Bahkan, pelatih Manchester United, Erik ten Hag sudah memberikan kode dengan sebuah senyuman, manakala ditanya oleh wartawan soal kemungkinan datangnya Cody Gakpo.

Sebelumnya, Romano juga sempat mengabarkan bahwa Manchester United sejatinya sudah mendapat lampu hijau, tetapi tak juga memberikan tawaran.

Kondisi ini agaknya segera disikapi oleh Liverpool yang memang mencari pemain sayap baru guna menambah daya gedor di lini depan. 

Baca Juga

Apalagi, Liverpool dan sang pelatih, Jurgen Klopp akan ditinggal pemain sayap asal Kolombia, Luis Diaz yang terkena cedera berkepanjangan yang bisa dilapis oleh Cody Gakpo.

Akhirnya bintang berusia 23 tahun itu akan berseragam Liverpool per Januari 2023 mendatang. Ternyata memang banyak alasan ia lebih cocok berseragam The Reds.


1. Ada Sang Mentor

Virgil van Dijk, pemain Liverpool. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw

Cody Gakpo diharapkan bisa segera beradaptasi dengan klub barunya Liverpool mulai Januari 2023 mendatang.

Hal itu demi bisa membantu klub meraih hasil maksimal di sisa kompetisi, dan menembus zona Eropa musim depan.

Tampaknya Cody Gakpo tidak akan banyak kesulitan untuk mengejar harapan tersebut, mengingat di Liverpool ia punya mentor dalam diri Virgil van Dijk.

Seperti kita ketahui, Van Dijk adalah salah satu pemain senior di timnas Belanda.

Berada di klub baru yang terdapat rekan senegaranya, akan lebih cepat membantu Gakpo beradaptasi dengan kultur klub.

Dengan pengalamannya, Van Dijk bisa membimbing Gakpo, terutama dalam adaptasi Premier League yang acap membuat para pemain asal Belanda kesulitan.

Van Dijk juga bisa membantu Gakpo memahami skema yang diterapkan Juergen Klopp.

Sistem Liverpool yang Cocok

Liverpool memiliki sistem serangan yang cair di lini depan. Maksudnya tidak ada penyerang yang hanya berpatok di satu posisi.

Meski Cody Gakpo berposisi sebagai penyerang utama di PSV Eindhoven, namun ia kerap menjadi winger di timnas Belanda.

Kendati demikian, ia tetap tampil sama bagusnya hal itu dibuktikan dengan 2 gol di Piala Dunia 2022 kemarin.

Artinya, Gakpo bisa menyerap sistem Liverpool nanti dengan cepat, karena ia rutin bergerak di area pertahanan lawan berkombinasi dengan penyerang lain.

Terbayang jika Gakpo hadir, lini serang Liverpool akan memiliki banyak opsi lain. Kombinasinya bersama Mohamed Salah maupun Diogo Jota akan jadi senjata baru bagi lini serang 'Si Merah'.


2. Bisa Berkembang di Bawah Asuhan Jurgen Klopp

Jurgen Klopp (kanan) memeluk Stefan Bajcetic pasca mencetak gol di laga Aston Villa vs Liverpool (27/12/22). (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Cody Gakpo mempunyai keleluasaan untuk memilih pindah dari 2 tim kandidat dengan pelatih hebat yang menginginkannya, yakni Jurgen Klopp dan Erik ten Hag.

Tetapi ia memilih untuk diasuh oleh Jurgen Klopp. Dari segi pengalaman, jelas pria Jerman ini lebih unggul dari Erik ten Hag.

Sebab Klopp telah banyak mendulang prestasi bersama tim yang diasuhnya. Ia juga mempunyai tangan dingin dalam memoles pemain muda.

Meski sebenarnya Erik ten Hag juga punya kelebihan itu sewaktu di Ajax Amsterdam.

Ia banyak melahirkan pemain muda berbakat dan menjadi tulang punggu di klub top Eropa saat ini seperti Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong.

Klopp juga mampu menyulap banyak pemain jadi pemain berkelas. Salah, Sadio Mane, hingga Andrew Robertson adalah nama-nama yang sukses dia orbitkan.

Gakpo memang terbiasa main sebagai winger atau second striker di PSV.

Di bawah bimbingan Klopp, sosok asal Belanda itu bisa jadi pemain yang lebih klinis, dengan kekuatan fisik yang lebih mumpuni.

Tidak cuma itu, Cody Gakpo juga akan memiliki kemampuan pressing yang lebih apik. Intinya, ada banyak potensi yang bisa dia kembangkan bersama Liverpool.

Manchester UnitedLiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisBola InternasionalVirgil van DijkCody Gakpo

Berita Terkini