x

Profil Cody Gakpo, Bintang Belanda yang Campakkan Man United dan Resmi Bergabung Liverpool

Selasa, 27 Desember 2022 15:18 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mari mengintip profil Cody Gakpo, bintang PSV Eindhoven dan Timnas Belanda yang mencampakkan Manchester United (MU) dan resmi bergabung dengan Liverpool.

INDOSPORT.COM – Mari mengintip profil Cody Gakpo, bintang PSV Eindhoven dan Timnas Belanda yang mencampakkan Manchester United (MU) dan resmi bergabung dengan Liverpool.

Sudah bukan rahasia lagi membahas rivalitas kedua klub raksasa sepak bola Liga Inggris, Man United dan Liverpool.Tiap kali terjadi pertemuan kedua tim, tensi tinggi dengan mudahnya terjadi.

Melansir laman premplace, jika ditarik dari benang merahnya, rivalitas antara Man United dengan Liverpool sudah terjadi sejak 1879.

Rupanya persaingan kedua tim tersebut juga terjadi dari perebutan pemain. Salah satunya persaingan dalam mendatangkan kapten PSV Eindhoven, Cody Gakpo.

Kapten Liga Belanda, PSV Eindhoven, tersebut diketahui memang sudah menjadi incaran Liverpool untuk bursa transfer musim panas.

Baca Juga

Hanya saja, dengan penampilan Cody Gakpo yang mentereng bersama timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Liverpool sadar persaingan mendatangkan sang pemain bakal semakin sengit.

Karena diketahui bahwa Cody Gakpo juga menjadi incaran rival sengitnya, Manchester United (MU) yang membutuhkan penggganti Cristiano Ronaldo.

Bahkan Gakpo sempat diberitakan menggelar pembicaraan dengan pelatih Man United, Erik ten Hag pada bursa transfer musim panas 2022.

Baca Juga

Namun pada Senin (26/12/22), PSV Eindhoven mengumumkan bahwa mereka telah resmi mencapai kesepakatan untuk melepas Cody Gakpo ke Liverpool, bukannya Manchester United (MU).

Dalam laporan The Times, transfer senilai 37 juta poundsterling (sekitar Rp697 miliar) menjadi mahar yang dibayar Liverpool untuk mendatangkan Cody Gakpo.

Dalam kesepakatan, bahkan nilai itu akan meningkat 50 juta pounds jika Cody Gakpo mampu menunjukkan performa gemilang bersama Liverpool. Mari membahas profil Cody Gakpo selengkapnya!

Baca Juga

1. Profil Cody Gakpo

Profil Cody Gakpo.

Bergabungnya pemain Belanda Cody Gakpo ke Liverpool dan menolak pinangan Manchester United, membuat profil penyerang berusia 23 tahun tersebut menjadi pusat perhatian.

Untuk itulah, mari membahas mendalam mengenai profil Cody Gakpo, mulai dari awal mula kariernya di sepak bola, hingga perjuangannya sebagai atlet papan atas yang diperebutkan tim papan atas dunia.

Melansir laman PSV, Cody Mathes Gakpo merupakan pesepak bola keturunan Belanda-Togo-Ghana yang lahir di Eindhoven pada 7 Mei 1999 silam.

Cody Gakpo mengikuti kewarganegaraan sang ibu yang merupakan asli Belanda. Dia menekuni sepak bola karena hobi yang dikenalinya sejak kecil.

Berkat keseriusannya sejak delapan tahun, dia kemudian menunjukkan serangkaian progress hingga menembus persaingan di Eereste Divisie yang merupakan kasta kedua Liga Belanda.

Baca Juga

Bahkan Cody Gakpo menjadi salah satu bintang yang mencuri perhatian dengan mencetak 17 gol dari total 25 penampilannya di Jong PSV pada 2016-2018.

Capaian yang pada akhirnya membuat Cody Gakpo naik tingkat ke tim utama PSV Eindhoven di bawah kepelatihan Mark van Bommel pada musim 2018/2019.

Baca Juga

Kemudian Cody Gakpo melakukan debutnya di tim utama pada 25 Febuari 2018 saat menjadi pemain pengganti ketika PSV Eindhoven meraih kemenangan 3-1 atas Geyenoord.

Keterampilan Cody Gakpo yang meningkat pesat, membuat dia terpilih mengisi skuat PSV melawan Excelsior. Saat itu Gakpo mampu mencetak gol dalam kemenangan 4-0 PSV.

Pada laga selanjutnya, Gakpo berhasil mencetak Hattrick perdananya di tim utama PSV kala menghajar Go Ahead Eagles dengan skor 5-1 pada Desember 2018.

Baca Juga

2. Kiprah Mentereng di Level Senior

Kiprah Mentereng Cody Gakpo hingga digaet klub raksasa Liga Inggris Liverpool.

Cody Gakpo sampai akhirnya mendapat panggilan membela Timnas Belanda di Euro 2020 pada 2021 lalu. Dia debut di timnas Belanda saat negaranya melawan Makedonia Utara di matchday ketiga fase grup.

Saat itu, Cody Gokpo masuk menjadi pemain pengganti Frenkie de Jong pada menit ke-79. Dia mencatatkan sebagai pemain Belanda pertama yang melakukan debut internasional di Kejuaran Eropa sejak Martien Vreijsen pada tahun 1980.

Teranyar, Cody Gakpo masuk dalam skuad timnas Belanda Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 di Doha, Qatar.

Bintang PSV Eindhoven tersebut menjadi andalan lini serang timnas Belanda di ajang Piala Dunia 2022 bersama Memphis Depay dan kawan-kawan.

Berkat salah satu kontribusinya, Cody Gakpo mampu membawa timnas Belanda menyandang predikat sebagai juara Grup A usai meraih dua kemenangan atas Senegal dan Qatar.

Baca Juga

Sedangkan hasil imbang didapat timnas Belanda saat bertanding menghadapi timnas Ekuador. Dalam perjalanan membawa tim Oranye ke babak 16 besar, Cody Gakpo melesakkan total 3 gol.

Bahkan saat itu Cody Gakpo bersanding dengan pemuncak top skor Piala Dunia 2022 bersama Kylian Mbappe hingga Enner Valencia.

Meski timnya harus terhenti di perempat final Piala Dunia 2022 usia kalah penalti 4-3 (2-2) atas Argentina, namun penampilan Cody Gokpo pun jadi sorotan karena sangat impresif.

Baca Juga

Karena  sebelum Piala Dunia 2022, melansir Transfermarkt, Cody Gakpo sudah menyarangkan sembilan gol dari 14 penampilan bersama PSV Eindhoven.

Sementara secara keseluruhan penampilannya bersama PSV Eindhoven, dia mencetak 13 gol dari 24 laga dan 17 assist.

Sungguh transformasi yang sangat menakjubkan dari perjuangan keras yang dilakukan Cody Gokpo demi PSV Eindhoven, dan timnas Belanda.

Hingga jadi hal yang sangat pantas jika pemain berusia 23 tahun itu digaet raksasa Liga Inggris Liverpool yang mengalahkan Manchester United (MU) dalam mendatangkannya di bursa transfer musim dingin.

Baca Juga
Manchester UnitedLiverpoolBelandaPSV EindhovenOne FootballCody Gakpo

Berita Terkini