x

5 Transfer Pemain Besar-besaran di Liga Inggris yang Paling Tak Terduga

Kamis, 29 Desember 2022 10:04 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Aksi striker Manchester United, Andy Cole, dalam pertandingan Liga Inggris kontra Arsenal, 17 Februari 1999.

INDOSPORT.COM - Selain keinginan pelatih dan petinggi klub, seorang pemain bisa mengejutkan publik lewat aksi penandatanganan kontrak pemain.

Beberapa dari mereka justru merupakan transfer pemain yang sama sekali tidak terbayangkan sehingga membuat publik bingung.

Baca Juga

Akan tetapi, kedatangan para pemain ini rupanya cukup membawa dampak positif terhadap klub barunya.

Untuk itu, berikut lima transfer pemain besar-besaran di Liga Inggris (Premier League).

Baca Juga

Andy Cole ke Manchester United 

Manchester United melakukan perjalanan ke Sheffield United sehari setelah Newcastle United ditahan oleh Blackburn Rovers.

Ketika ingin menonton sebuah pertandingan pada malam itu, Andy Cole menerima telepon dari agennya yang menyarankan untuk mengemas koper dan bersiap untuk bertemu dengan para petinggi klub.

Baca Juga

Striker asal Inggris ini pun setuju dan akhirnya benar direkrut Man United pada Januari 1995. Hal ini pun mengagetkan banyak publik.

"Itu benar-benar mengejutkan. Apakah Anda bercanda?" kata John Gibson, kepala penulis olahraga Newcastle Evening Chronicle.


1. Bernardo Silva ke Manchester City

Bernardo Silva, pemain Manchester City. Foto: REUTERS/Craig Brough

Pada bulan-bulan sebelumnya, memang santer kabar bahwa Bernardo Silva akan keluar dari AS Monaco, klub asal Prancis.

Silva telah dikaitkan kepindahannya ke Manchester United karena saat itu The Red Devils masih ditangani Jose Mourinho, pelatih yang sama-sama berkebangsaan Portugal.

Baca Juga

Akan tetapi, Silva rupanya berbelok ke rival sekota Man United, yakni Manchester City, pada Juli 2017 di mana gelandang 28 tahun ini dihargai senilai 50 juta euro.

Ini adalah keputusan tepat karena keduanya saling membantu untuk meraih kejayaan. Prestasi terbaiknya di Man City adalah empat gelar Liga Inggris secara beruntun.

Rafael van der Vaart ke Tottenham Hotspur

Pada bursa transfer 2010 lalu, Harry Redknapp selaku pelatih Tottenham Hotspur kala itu, secara mengejutkan mendatangkan Rafael van der Vaart dari Real Madrid.

Padahal, rumor terus berkata jika van der Vaart akan pergi ke Bayern Munchen seharga 18 juta poundsterling. Tetapi, Redknapp merebutnya dengan harga lebih murah.

Baca Juga

"Saya pikir dia akan pergi ke Bayern Munchen kemarin dengan harga sekitar 18 juta poundsterling dan tiba-tiba dia menjadi jauh lebih murah," kata sang pelatih.

Redknapp pun mendaratkan gelandang asal Belanda tersebut di menit-menit akhir menjelang bursa transfer ditutup.


2. Sol Campbell ke Arsenal

Mantan pemain Arsenal Sol Campbell saat merayakan gelar juara Liga Inggris.

Ada cukup banyak transfer besar-besaran yang muncul, seperti yang dilakukan Arsenal ketika mendatangkan Mesut Ozil dari Real Madrid pada September 2013 lalu.

Sebelumnya, sudah ada kabar bahwa Sol Campbell akan meninggalkan Tottenham Hotspur dan bergabung antara ke Barcelona, Inter Milan, maupun Bayern Munchen.

Baca Juga

Tetapi pada Juli 2006, Arsenal justru menggaet bek tengah asal Inggris tersebut. Apalagi, rekrutan ini dilakukan dengan bebas transfer alias gratis.

Setelah dilepas ke Portsmouth pada Agustus 2006, Campbell kembali ke Arsenal pada Januari 2010 meski hal itu hanya bertahan enam bulan saja.

Fabinho ke Liverpool

Pada 2018, Liverpool belanja pemain secara gila-gilaan. Tak hanya belanja, The Reds juga menjual pemainnya dengan harga tinggi.

Dalam kasus Virgil van Dijk, Naby Keita, dan Alisson Becker, rumor kepindahannya ke Liverpool sudah tercium setidaknya selama setahun.

Baca Juga

Tetapi, belum dua hari penuh berlalu sejak kekalahan di final Liga Champions melawan Real Madrid, Liverpool bergerak cepat mengamankan Fabinho dari AS Monaco.

Kedatangan gelandang asal Brasil ini adalah untuk menambal posisi yang ditinggalkan Emre Can ke Juventus, klub raksasa Italia.

Manchester UnitedAndy ColeLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini