x

Indonesia vs Thailand: Teerasil Dangda, Si Maniak Rekor Pembawa Petaka Lini Pertahanan Shin Tae-yong

Kamis, 29 Desember 2022 11:34 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Teerasil Dangda mengontrol bola dalam sesi latihan.

INDOSPORT.COM - Jelang Timnas Indonesia vs Thailand, Teerasil Dangda masih menyandang gelar 'Si Maniak Rekor'. Hal ini menjadi petaka lini pertahanan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022.

Tua-tua keladi, makin tua makin jadi, ungkapan tersebut sangat pas bagi sosok Teerasil Dangda yang sampai saat ini masih membela Timnas Thailand.

Bukan tanpa alasan, di umurnya yang tak lagi muda Teerasil Dangda masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah turnamen Piala AFF.

Tercatat, ia sudah empat kali menjadi top skor Piala AFF, serta dua kali mengantarkan Thailand meraih juara kompetisi bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.

Sosoknya yang menjadi mesin gol Tim Gajah Perang, bakal menjadi momok bagi lini pertahanan Shin Tae-yong di laga Indonesia vs Thailand Piala AFF 2022 nanti.

Baca Juga

Teerasil Dangda meniti kariernya sebagai pemain sepak bola pada tahun 2003, kala itu ia membela klub bernama Assumption United.

Lebih lanjut, pria umur 34 tahun itu juga pernah membela klub raksasa Inggris, yakni Manchester City. Setelahnya, ia kerap kali bergonta-ganti klub.

Baca Juga

Pada 7 Juli 2007, ia menjalani debutnya bersama Timnas Thailand di level senior. Bersama tim senior tercatat ia sudah mengoleksi 48 gol dalam 111 penampilan.

Selain itu, Teerasil Dangda menjadi striker yang cukup sering membobol gawang Timnas Indonesia, saat keduanya bersua di ajang Piala AFF.

Duel Timnas Indonesia vs Thailand sejatinya sudah dimulai sejak tahun 1998. Tercatat keduanya sudah 14 kali bertemu di seluruh kompetisi. Dalam jumlah pertemuan tersebut, skuad Garuda hanya mampu memetik dua kemenangan.

Baca Juga

1. Menilik Kekuatan Indonesia vs Thailand Piala AFF 2022

Prediksi Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong diprediksi bakal menurunkan skuad terbaiknya dalam laga Indonesia vs Thailand sore ini. Mengingat Tim Gajah Perang masih jadi unggulan di Piala AFF 2022 dalam misi mempertahankan gelar juara.

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada hari ini, Kamis (29/12/22) pukul 16.30 WIB. Shin Tae-yong sendiri mengaku sudah menyiapkan strategi kejutan dalam laga tersebut.

Kedua tim saat ini menempati papan atas Klasemen Grup A Piala AFF 2022, dengan sama-sama mengoleksi enam poin.

Timnas Indonesia mengemas enam poin berkat hasil melawan Kamboja (2-1) dan Brunei (7-0). Sedangkan, Thailand punya modal kemenangan atas Brunei (5-0) dan Filipina (4-0).

Kendati sama-sama mengemas enam poin, Thailand berhak menempati posisi teratas klasemen Grup A Piala AFF 2022, karena unggul selisih gol.

Baca Juga

Skuad asuhan Shin Tae-yong bisa menggusur Tim Gajah Perang jika berhasil menang dalam laga Indonesia vs Thailand sore ini.

Tentu hal ini bukan pekerjaan yang mudah, pasalnya skuad Garuda memiliki catatan buruk dalam sejarah ketika bertemu dengan Thailand.

Baca Juga

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku sudah melihat pola permainan Tim Gajah Perang, dengan menonton rekaman laga Thailand vs Filipina.

"Kita akan mempersiapkan tim sebaik mungkin untuk lawan Thailand nanti," ujarnya saat tiba di Bandara Soekarno Hatta dilansir dari Antara.

Adapun prediksi susunan pemain yang akan diturunkan oleh Shin Tae-yong dalam laga nanti adalah sebagai berikut:

(4-3-3): Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, Egy Maulana Vikri.

Baca Juga
Teerasil DangdaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini