x

Pantas Sengit! Duel Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 Banjir Pemain Mahal

Kamis, 29 Desember 2022 16:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Thailand, Kamis (29/12/22) sore WIB dimeriahkan banyak pemain berlabel mahal.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Thailand, Kamis (29/12/22) sore WIB dimeriahkan banyak pemain berlabel mahal.

Duel sengit akan terjadi di partai perebutan puncak klasemen Grup A antara Indonesia vs Thailand yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno.

Euforia pun sudah terasa sejak beberapa hari sebelum laga, termasuk tiket yang dikabarkan ludes tak bersisa.

Hal ini tidak lepas dari reputasi kedua tim yang sama-sama menyandang status favorit di Grup A Piala AFF 2022.

Bukan hanya itu. Mereka bahkan menyandang predikat finalis edisi lalu yang memperebutkan gelar juara di Singapura.

Baca Juga

Tentu saja, tidak ada tim sepak bola yang meraih nama besar tanpa alasan. Keberhasilan Indonesia dan Thailand di Asia Tenggara juga dipengaruhi siapa-siapa saja yang ada di skuad mereka.

Selain para pemain unggulan yang tampil cemerlang bersama klubnya, lalu mereka yang bermain di luar negeri, ada juga yang berstatus pemain mahal di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Berdasarkan infografis AFF yang dihimpun dari Transfermarkt, setidaknya ada lima orang di partai Timnas Indonesia vs Thailand yang masuk 8 besar pemain dengan nilai tertinggi di edisi 2022 ini.

Dari delapan pemain tersebut, baik Indonesia maupun Thailand mengirim masing-masing satu nama di peringkat pertama dan kedua.

Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Jordi Amat dan Theerathon Bunmathan

Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat.

Jordi Amat

Pemain naturalisasi asal Spanyol ini menjadi pemain termahal di Piala AFF 2022 dengan nilai 1 juta euro atau sekitar Rp16,6 miliar.

Jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand, Jordi Amat sempat diistirahatkan Shin Tae-yong di partai kontra Brunei Darussalam beberapa waktu lalu.

Keberadaan pemain yang satu ini diharapkan bisa memperkuat pertahanan Timnas Indonesia, apalagi dengan pengalamannya yang beragam di liga-liga Eropa.

Hal ini bahkan tidak dibantah oleh pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking.

Hanya saja, ia melihat Jordi Amat masih perlu beradaptasi dengan skuad Garuda agar permainannya bisa serirama dengan rekan-rekannya yang lain.

Baca Juga

Theerathon Bunmathan

Selanjutnya di posisi kedua ada Theerathon Bunmathan yang berlabel 600 ribu euro atau kurang lebih Rp9,94 miliar.

Bintang Buriram United ini sebelumnya mengalami masalah hamstring saat bermain melawan Filipina tempo hari. Ia bahkan harus ditarik keluar lapangan untuk mendapat perawatan.

Baca Juga

Namun Alexandre Polking mengaku kondisi pemainnya tersebut sudah lumayan jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand.

Permainan Theerathon Bunmathan di lapangan pun menjadi salah satu ancaman yang harus ditangani Timnas Indonesia.

Meski begitu, Asnawi Mangkualam mengaku sudah mengantongi cara menghadapi bek senior yang satu ini.

Baca Juga

2. Marc Klok dan Dua Pemain Thailand

Marc Klok saat latihan jelang laga Piala AFF 2022.

Marc Klok

Pemain termahal ketiga di partai Timnas Indonesia vs Thailand, dan keempat secara keseluruhan di Piala AFF 2022.

Nilai pasarnya ditaksir sekitar 450 ribu euro atau sekitar Rp7,48 miliar. Pemain Persib Bandung ini pun tampil apik melawan Brunei Darussalam hari Senin lalu.

Ia turut mencatatkan namanya di papan skor saat Timnas Indonesia membabat habis Brunei dengan skor 7-0.

Bahkan, gol yang terjadi pada menit ke-86 itu ia dedikasikan sebagai kado Natal untuk sang ibu.

“Senang bisa mencetak gol pertama saya di @affmitsubishicup dan dengan bahagia memberi ibu saya hadiah ulang tahun di hari Natal yang sangat spesial,” tulisnya di Instagram.

Baca Juga

Sarach Yooyen

Gelandang BG Pathum United ini memiliki nilai pasar 400 ribu euro (kurang lebih Rp6,65 miliar), yang sama besar dengan rekan setimnya, Kritsada Kaman.

Berada di urutan keempat di daftar ini, mereka adalah pemain termahal kelima di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Kritsada Kaman sendiri bermain untuk Chonburi Football Club, dan belum pernah berpindah hati dari klub Thailand tersebut sejak tahun 2015.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Thailand

Indonesia

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan; Egy Maulana Vikri, Marc Klok, Rachmat Irianto, Yakob Sayuri; Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan

Thailand

Kittipong Phuthawchueak; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon, Bordin Phala, Sarach Yooyen, Channarong Promsrikaew, Theerathon Bunmathan, Ekanit Panya; Teerasil Dangda

Baca Juga

Sumber: AFF, Transfermarkt

ThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalMarc KlokBerita Timnas IndonesiaJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini