x

Liga 1: Angkat Derajat Persis Solo, Kaesang Pangarep Diganjar Penghargaan

Minggu, 1 Januari 2023 15:04 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
CEO Persis Solo, Kaesang Pangarep, bekerja sama dengan UEA Pro League.untuk meningkatkan kualitas tim di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Kaesang Pangarep bakal menerima penghargaan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Surakarta. Keberhasilannya mengangkat prestasi Persis Solo membawa nama Kota Bengawan kian harum.

Langkah Kaesang mengakuisisi Persis Solo pada 2021 begitu mengejutkan. Dari sekian bisnis yang dirambahnya, sepak bola belum bisa memberikan jaminan profit seperti sektor lain.

Tanpa melihat hal itu, Kaesang tetap maju. Bersama dua pengusaha kelas kakap, Erick Thohir dan Kevin Nugroho, dia mengakuisisi Persis Solo.

Dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa PT Persis Solo Saestu di Hotel Alila Solo, 20 Maret 2021, Kaesang memegang saham 40 persen.

Lalu, Kevin Nugroho mengikuti dengan 30 persen dan Erick Thohir (20 persen), sementara sisa sebanyak 10 persen dipegang 26 klub internal Persis.

Baca Juga

Nama besar Kaesang membuat sponsor-sponsor kelas kakap ikut masuk ke Persis Solo. Salah satu yang mengucurkan dana besar adalah Free Fire.

Sokongan dana itu pada akhirnya membuat Persis lebih mudah belanja pemain. Datanglah nama-nama besar jebolan Liga 1 ke Liga 2, seperti Abduh Lestaluhu, Fabiano Beltrame, Irfan Bachdim, dan Beto Goncalves.

Kehadiran bintang-bintang besar membuat Persis menjadi tim kuat dan kemudian sukses menyabet gelar Liga 2 2021. Gelar itu secara otomatis mengantarkan Irfan Bachdim dkk. promosi ke Liga 1.

Baca Juga

Keberhasilan mengangkat Persis Solo kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia mendapat apresiasi dari Hipmi Surakarta.

"Persis Solo sejak dipegang Kaesang alhamdulillah masuk ke Liga 1 setelah menunggu cukup lama. Sungguh prestasi yang membanggakan," ungkap Ketua Hipmi Surakarta, Guruh Adi Novianto.

Menurut Guruh Adi, keberhasilan meraih prestasi di sepak bola Tanah Air bukan tugas yang mudah. Apalagi, Persis Solo terakhir kali ada di kasta tertinggi adalah Liga Indonesia 2006.

Pada saat itu, Persis Solo sukses promosi ke Divisi Utama ketika sang ayah, Joko Widodo, masih menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Baca Juga

1. Rumor Sheikh Mansour

Kaesang Pangarep saat mengunjungi TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Madya Senayan, Selasa (11/05/21).

Keberhasilan Kaesang Pangarep bersama Persis menjadi salah satu momen bersejarah bagi olahraga kota Solo. Sehingga, Hipmi Surakarta merasa dia pantas mendapat penghargaan.

"Hipmi ingin memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh anak muda yang sukses membawa Kota Solo di kancah nasional maupun internasional," ucap Guruh Adi.

"Salah satunya adalah membawa kejayaan olahraga, dalam hal ini sepak bola, menjadi bagian dari pariwisata atau sport tourism," cetusnya.

Prestasi besar Kaesang bersama Persis Solo sejatinya tak hanya mendapat apresiasi dari dalam negeri. Bahkan, dia sudah diundang bos Manchester City, Sheikh Mansour, untuk menyaksikan Derby Manchester di Etihad, 2 Oktober  lalu.

Baca Juga

Lalu, pada 14 November lalu, Sheikh Mansour datang ke kota Solo. Dia datang untuk menemani sang kakak sekaligus Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, membocorkan bahwa Sheikh Mansour bukan sekadar datang untuk peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed.

Ternyata, dalam pertemuan setelah peresmian masjid itu, Sheikh Mansour turut membicarakan tentang sepak bola dengannya dan Kaesang. Ada kans kerja sama antara Manchester City dengan Persis Solo.

Baca Juga

"Yang penting ada banyak pembicaraan menarik di pagi hari kemarin setelah dari masjid dan saat perjalanan ke bandara," kata Gibran Rakabunming Raka, 16 November silam.

Kehadiran Kaesang Pangarep bersama gerbongnya telah terbukti membawa dampak bagi olahraga kota Solo, terutama Persis Solo di Liga 1 2022-2023.

Manchester CityPersis SoloSheikh Mansour bin Zayed bin Sultan Al NahyanKaesang PangarepLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini