x

Hasil Piala AFF 2022 Filipina vs Timnas Indonesia: Garuda Berpeluang Bertemu Vietnam di Semifinal

Senin, 2 Januari 2023 21:31 WIB
Editor: Isman Fadil
Pertandingan terakhir grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/2023).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mampu meredam perlawanan tuan rumah Filipina dengan skor 2-1 di Rizal Memorial Stadium dalam partai pamungkas Grup A Piala AFF 2022, Senin (02/01/22).

Dalam laga ini Shin Tae-yong melakukan empat perubahan dalam susunan pemainnya. Jordi Amat yang terkena akumulasi kartu digantikan oleh Rizky Ridho.

Meski bermain di kandang lawan, Timnas Indonesia tetap menunjukkan permainan yang disiplin sejak peluit babak pertama dibunyikan oleh wasit Al Ali A.

Indonesia mendapat tekanan dari Filipina di awal laga. Sepakan jarak jauh Stephan Schröck berhasil ditepis dengan apik oleh Nadeo pada menit ketiga.

Baca Juga

Baru memasuki menit ke-21, Indonesia membuka keunggulan. Umpan lemparan ke dalam Pratama Arhan, disambut sundulan Dendy Sulistyawan.

Namun dua menit berselang, Timnas Indonesia harus kehilangan Nadeo Argawinata yang mengalami cedera dan membuatnya tak bisa melanjutkan pertandingan. Posisinya diganti oleh Syahrul Trisna.

Baca Juga

Meski begitu, keunggulan satu gol membuat skuad Garuda di atas angin. Memasuki dua menit jelang paruh pertama berakhir, Marselino Ferdinan sukses menggandakan keunggulan bagi Timnas Indonesia.

Gol yang dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan membawa Timnas IndOnesia unggul atas tuan rumah, Filipina, pada babak pertama.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Pertandingan terakhir grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/2023).

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong memainkan Egy Maulana Vikri dan Yakob Sayuri untuk menambah daya gedor serangan.

Masuknya Egy membuat Timnas Indonesia beberapa kali mengancam lini belakang Filipina, akan tetap hingga menit ke-70 belum bisa menambah gol.

Filipina yang melakukan pergantian lima pemain juga beberapa kali meneror gawang Timnas Indonesia yang dikawal Syahrul Trisna.

Alhasil, kesabaran Filipina akhirnya berbuah hasil pada menit ke-83. Sundulan Jens Rasmussen usai menerima umpan Stephan Schröck sukses memperkecil skor untuk tuan rumah.

Hingga laga usai tak ada lagi gol yang tercipta dalam pertandingan ini. Timnas Indonesia pun sukses mencuri kemenangan dalam laga ini.

Meski menang, Timnas Indonesia harus puas keluar sebagai runner-up Piala AFF 2022 karena pada pertandingan lainnya Thailand berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1. 

Hasil itu membuat Teerasil Dangda dan kolega unggul produktivitas gol atas skuad Garuda di klasemen akhir Grup A Piala AFF 2022 dengan sama-sama mengumpulkan poin 10.

Timnas Indonesia pun berpotensi besar bertemu Vietnam yang tengah menjadi pemimpin klasemen Grup B Piala AFF 2022.

Susunan Pemain Filipina vs Timnas Indonesia

Filipina: Antony Pinthus, Simen Alexander, Jefferson Tabinas, Amani Santos, Audie Bantas Menzi, Hikaru De Asis Minegishi, Stephan Schrock, Oliver Bias, Kenshiro Daniels, Mark Hartmann.

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata, Rizky Ridhp, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Marselino Ferdinand, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan.

FilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalDendy SulistyawanMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini