x

Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Tak Gentar, Media Vietnam Soroti Keberanian Shin Tae-yong

Senin, 2 Januari 2023 18:55 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
Media Vietnam soroti keberanian pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pasalnya, sang pelatih mengaku tidak takut terkait peluang bertemu dengan dengan The Golden Star.

INDOSPORT.COM – Media Vietnam menyoroti keberanian pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pasalnya, sang pelatih mengaku tidak takut terkait peluang bertemu dengan dengan The Golden Star.

Timnas Indonesia memiliki peluang untuk bertemu dengan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Hal tersebut bisa terjadi apabila mereka finis di peringkat 2 grup A, sementara Vietnam lolos di tempat teratas klasemen Grup B Piala AFF 2022.

Keadaan itu bisa terealisasikan jika Vietnam mampu memenangkan pertandingan melawan Myanmar dalam matchday ke-4 Grup B.

Sedangkan Timnas Indonesia bisa mengalahkan Filipina, ditambah Thailand harus memenangkan pertandingan atas Kamboja.

Baca Juga

Pasalnya, skuat Merah Putih hanya terpaut satu poin dengan Filipina, mengingat Indonesia mengumpulkan torehan tujuh poin.

Di sisi lain, Vietnam juga mengoleksi perolehan poin yang sama dengan Singapura. Hanya saja, lawan yang akan dihadapi The Golden Star diyakini lebih ringan.

Baca Juga

Sehingga, Vietnam berada di atas kertas untuk bisa memenangkan pertandingan melawan Myanmar, Selasa (3/1/23) pukul 19.30 WIB.

Sementara timnas Indonesia juga berpeluang besar untuk finis di peringkat 2 klasemen grup A, mengingat mereka lebih diunggulkan ketimbang Filipina.

Kendati demikian, Shin Tae-yong merasa tidak gentar apabila timnas Indonesia harus menghadapi Vietnam di fase semifinal Piala AFF 2022. Hal itu membuat media asal Vietnam menyoroti keberanian sang pelatih.

Baca Juga

1. Media Vietnam Soroti Shin Tae-yong

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/22).

Jika menilik pada rekor 5 pertemuan terakhir yang dilakoni oleh oleh kedua tim, Vietnam mencatatkan hasil yang lebih baik ketimbang timnas Indonesia.

Pasalnya, timnas Indonesia hanya berhasil menang sekali, dua kali seri, dan menelan dua kekalahan dari Vietnam.

Kendati demikian, perlahan tapi pasti skuat Garuda semakin menunjukkan perkembangan. Terbukti, Indonesia mampu menahan imbang Vietnam di pertemuan terakhirnya pada Desember 2021 lalu.

Hal tersebut juga membuat Shin Tae-yong merasa tidak gentar jika harus dihadapkan untuk melawan Vietnam di fase semifinal.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menjelaskan bahwa sama sekali tidak khawatir. Bahkan, Shin Tae-yong juga mengaku siap jika harus melawan Malaysia atau Singapura.

Baca Juga

“Saya tidak terlalu khawatir apakah Indonesia akan menghadapi Vietnam, Malaysia atau Singapura di semifinal karena Indonesia pasti harus menghadapinya,”

“Tim kami (Timnas Indonesia) akan melawan tim mana pun di semifinal atau final,” jelas pelatih kelahiran Gyenongbuk pada 11 Oktober 1970.

Baca Juga

Pernyataan tersebut lantas membuat media Vietnam, The Thao 247, kagum dengan pernyataan Shin Tae-yong. Bahkan, mereka menyebut bahwa sang pelatih membuat pernyataan yang luar biasa.

“Pelatih Shin Tae-yong bereaksi secara tidak terduga terhadap perintah untuk 'menghindari' Vietnam Tel,” dikutip dari judul The Thao 247.

“Pelatih Shin Tae-yong membuat pernyataan luar biasa jelang laga penentu tiket ke babak selanjutnya Grup A Piala AFF 2022,” tambah bunyi laporan tersebut.

Baca Juga

Sumber: Tha Thao 247

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini