x

Pergerakan Transfer Liverpool: Masa Depan Messi Polandia Ikut Terancam?

Rabu, 4 Januari 2023 20:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mateusz Musialowski, pemain Liverpool yang dijuluki Messi Polandia. Foto: Nick Taylor/Liverpool FC/Liverpool FC via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, memiliki banyak pemain muda berbakat, termasuk Mateusz Musialowski yang dijuluki Messi Polandia.

Tidak berbeda jauh dari klub-klub lainnya, mentas ke tim senior Liverpool bukan misi mudah yang bisa diwujudkan setiap murid di tim junior maupun akademi mereka.

Banyak anak-anak maupun remaja yang bermimpi menjadi Trent Alexander-Arnold maupun Steven Gerrard, namun untuk mewujudkan mimpi tersebut jalannya benar-benar panjang dan berliku.

Salah satu risiko yang mungkin akan mereka hadapi adalah pergi sebagai pinjaman ke klub lain untuk mengumpulkan menit bermain dan menambah pengalaman.

Bahkan diwartakan liverpool.com, klub kabarnya sedang mempertimbangkan pelepasan beberapa pemain muda dan bocah-bocah akademi mereka di bursa transfer Januari ini.

Baca Juga

Salah satunya Mateusz Musialowski, yang sempat disebut-sebut sebagai Lionel Messi-nya Polandia.

Ia pertama kali melangkahkan kaki di Liverpool pada Agustus 2020 usai direkrut dari klub di negaranya, SMS Lodz.

Baca Juga

Tidak lama kemudian, pada Juli 2021, ia pun mendapat kontrak profesional dari Liverpool dan tampil gacor di musim debutnya.

Sebelum mendarat di Liverpool, Mateusz Musialowski juga pernah melakoni trial bersama Arsenal tapi pada akhirnya takdirlah yang menuntunnya ke Merseyside.

Berada di habitat baru, Messi Polandia kelahiran 16 Oktober 2003 tersebut pernah mengaku sulit beradaptasi. 

Baca Juga

1. Perjuangan Mateusz Musialowski di Liverpool

Mateusz Musialowski, pemain Liverpool yang dijuluki Messi Polandia. Foto: Nick Taylor/Liverpool FC/Liverpool FC via Getty Images.

Seperti kebanyakan pemain asing, ia pun harus berkutat dengan kendala bahasa dan kebiasaan yang berbeda dari biasanya.

“Awalnya sulit bagi saya karena ini pengalaman yang berbeda, bahasa yang berbeda dan orang-orang disekitar juga berbeda,

“Tetapi seiring berjalannya waktu, saya jadi terbiasa karena para pelatih dan staf akademi serta teman-teman membantu saya,” katanya kepada LFCTV.

Meski punya potensi sebagai pemain muda berbakat, Mateusz Musialowski ternyata melalui musim 2022-2023 ini dengan sedikit terseok-seok di tim U-21.

Ia mengakami kesulitan dalam menjaga kebugaran, performa, dan menit bermain. Hal ini pun menjadi perhatian tersendiri bagi pelatihnya, Barry Lewtas.

Baca Juga

“Dia mengalami cedera, lalu ada jeda internasional, dan ia pun memiliki sedikit cedera engkel di masa lalu,” ucap Barry Lewtas seperti dikutip dari liverpool.com.

Dengan situasi saat ini,  bukan tidak mungkin Mateusz Musialowski akan dilepas untuk sementara waktu sebagai pinjaman di bursa transfer Januari.

Baca Juga

Namun tentu saja, ia adalah calon goalscorer andal yang mungkin dibutuhkan tim senior dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu, ia juga punya kemampuan menggiring bola yang sensasional, bahkan saat dikepung dua atau tiga pemain sekaligus.

Berhubung saat ini ia tengah kesulitan di Liverpool, pergi untuk kembali pun bukan keputusan buruk bagi kelanjutan kariernya di Liverpool. Ia masih bisa meyakinkan para pelatihnya di masa mendatang.

Baca Juga
 

2. Pergerakan Transfer Liverpool

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

Mateusz Musialowski sang Messi Polandia mungkin hanya satu dari sekian kandidat pemain muda yang bakal dikirim ‘bersekolah’ ke klub lain Januari ini.

Beberapa pemain lainnya seperti James Norris, Liam Hughes, Jake Cain, dan Layton Stewart pun turut masuk di daftar.

Sementara itu, duo bocah ajaib yang sedang naik daun saat ini yakni Bobby Clark dan Ben Doak juga tidak luput masuk berita.

Nama yang pertama, kabarnya dikaitkan dengan Preston North End, klub yang pernah menampung pemain muda Liverpool asal Belanda, Sepp van den Berg.

Sementara itu, Ben Doak konon diminati Nottingham Forest.

Baca Juga

Hanya saja, kans keduanya untuk angkat kaki sebagai pemain pinjaman terbilang cukup tipis lantaran tampil impresif dalam beberapa waktu terakhir.

Baik Bobby Clark maupun Ben Doak pun diprediksi akan tetap tinggal dan menjadi pelapis pemain-pemain senior di tim utama.

Baca Juga

Bursa Transfer Liverpool

Terlepas dari wacana pelepasan pemain muda sebagai pinjaman, Liverpool nampaknya juga cukup sibuk dengan aktivitas transfer mereka belakangan ini.

Sempat dikaitkan dengan banyak pemain, termasuk Enzo Fernandez dan Jude Bellingham, bahkan Sofyan Amrabat, mereka secara mengejutkan memboyong Cody Gakpo dari PSV Eindhoven.

Kini, banyak pihak sedang menanti siapa yang akan ditargetkan Liverpool selanjutnya. Namun jika bicara kebutuhan tim, Jurgen Klopp bisa jadi mendatangkan gelandang baru entah Januari ini atau musim panas nanti.

Baca Juga

Sumber: liverpool.com

Bursa TransferLiverpoolLionel MessiLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita TransferBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferTransfer PemainMateusz MusialowskiOne Football

Berita Terkini