x

2 Pertandingan Menentukan yang Bisa Buat Manchester United Dekati Puncak Klasemen Liga Inggris

Sabtu, 7 Januari 2023 10:51 WIB
Editor: Juni Adi
Casemiro merayakan golnya di laga Manchester United vs Bournemouth (04/01/23). (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Kebangkitan Manchester United mulai menjadi ancaman bagi dua klub papan atas, Arsenal dan Manchester City yang sedang saling kejar-kejar di klasemen Liga Inggris saat ini.

Manchester United sukses melanjutkan tren positif mereka di pekan ke-19 Liga Inggris saat menjamu AFC Bournemouth di Stadion Old Trafford, Rabu (04/01/23) dinihari WIB.

Bermain di kandangnya sendiri, Manchester United menang dengan skor 3-0. Tuan rumah unggul lebih dahulu melalui gol Casemiro di menit ke-23.

Gelandang asal Brasil itu sukses mencocor crossing Christian Eriksen untuk membobol gawang kiper Mark Travers.

Manchester United kemudian menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat aksi Luke Shaw menit ke-49. 

Baca Juga

Berawal dari sebuah build up serangan yang cantik, Shaw menuntaskan assist Garnacho menjadi gol.

Di penghujung babak kedua, giliran Marcus Rashford yang mencatatkan namanya di papan skor untuk memperbesar skor jadi 3-0.

Baca Juga

Shaw melepaskan umpan lambung, bola dikonversi menjadi assist empuk oleh Bruno Fernandes dan dituntaskan menjadi gol oleh Rashford di menit ke-85. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Manchester United memangkas jarak dengan peringkat ke-2 Manchester City menjadi empat poin, saat ini mereka berada di tempat ke-4 dengan 35 poin.

Sama dengan Newcastle United di peringkat ke-3 dengan torehan 35 poin tetapi berbeda selisih gol, yang membuat The Magpies berada di atasnya.

Sementara jarak dengan pemimpin saat ini, Arsenal, tidak terpaut lebar hanya sembilan poin. Kendati masih ada jarak, bukan berarti kans Manchester United menyalip tidak ada.

Tim besutan Erik ten Hag itu mempunyai potensi besar untuk mengambil alih takhta klasemen Liga Inggris saat ini, jika mampu mengatasi dua pertandingan ini. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Manchester City

Kevin De Bruyne mencetak gol keduanya di laga Manchester City vs Manchester United (06/03/22). (Foto: REUTERS/Craig Brough)

Manchester City berhasil menjaga peluang untuk tetap memenangkan trofi Liga Inggris musim ini.

Pasalnya mereka baru saja meraih kemenangan penting atas Chelsea di pekan ke-19 dengan skor 1-0.

Gol tunggal Manchester City dicetak oleh Riyad Mahrez. Tambahan tiga poin membuat mereka tetap menempel ketat Arsenal.

Saat ini Manchester City berada di posisi ke-2 dengan 39 poin. Berjarak 5 poin dengan Arsenal di peringkat pertama.

Manchester United tentu akan berharap bisa meraih kemenangan, saat menjamu The Citizens di Stadion Old Trafford pada Sabtu (14/07/23)nanti. 

Jika bisa menang, maka jarak yang tercipta dengan Manchester City adalah satu poin, sambil berharap Arsenal bermain imbang atau kalah melawan Tottenham Hotspur, pada Minggu (15/01/23).

Begitu juga dengan Newcastle United yang akan menghadapi Fulham, Minggu (15/01/23). Andai skenario itu berhasi, maka Manchester United berpotensi naik ke peringkat ketiga dan merangkak ke posisi kedua.


2. Arsenal

Miguel Almiron (kiri) berduel dengan Granit Xhaka di laga Arsenal vs Newcastle United (04/01/23). (Foto: REUTERS/David Klein)

Setelah menghadapi Manchester City, Manchester United akan dihadapi dengan Arsenal di pekan ke-21.

Andai skenario sebelumnya melawan Manchester City sesuai ekspektasi pendukung Manchester United, melawan Arsenal dan kembali meraih kemenangan bisa menggesernya.

Sebelumnya jika menang melawan Manchester City, sambil berharap Newcastle United imbang atau kalah, maka mereka akan naik ke posisi ketiga dengan koleksi 38 poin.

Selisih 1 angka dari Manchester City di posisi kedua. Lalu di pekan ke-21 bisa menang atas Arsenal, Manchester United bisa menggeser rival sekotanya itu.

Dengan catatan, Manchester City kalah lagi melawan Tottenham Hotspur pada Jumat (20/01/23).

Seandainya skenario di atas kembali terjadi. Maka Manchester United akan naik ke peringkat ke-2 dengan koleksi 41 poin.

Hanya berselisih tiga angka dengan Arsenal di puncak yang kini memperoleh 44 poin, jika The Gunner kalah melawan Spurs dan Manchester United nanti.

Manchester United sendiri memang sedang dalam performa terbaik. Tebaru, mereka meraih kemenangan atas Everton 3-1 di ajang Piala FA tengah pekan ini.

Manchester UnitedArsenalManchester CityLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini