x

Hasil Semifinal Piala AFF 2022: Malaysia vs Thailand, Harimau Malaya Tapakkan Satu Kaki ke Final

Sabtu, 7 Januari 2023 22:49 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ada kejutan di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Malaysia vs Thailand yang mana Harimau Malaya sudah tapakkan satu kaki di final.

INDOSPORT.COM – Ada kejutan di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Malaysia vs Thailand yang mana Harimau Malaya sudah tapakkan satu kaki di final.

Ya, Harimau Malaya berhasil meraih kemenangan di dengan skor tipis 1-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Malaysia vs Thailand pada Sabtu (07/01/2023) di Stadion Bukit Jalil.

Gajah Perang aslinya jelas berada di atas kertas bisa mengungguli Timnas Malaysia apalagi dari sisi kualitas pemain, skuad besutan Alexandre Polking lebih unggul.

Terlebih lagi, Timnas Thailand juga berstatus sebagai juara bertahan Piala AFF edisi lalu sehingga Teerasil Dangda cs pastinya punya motivasi kuat dalam mempertahankan gelar.

Timnas Thailand jelas langsung mendominasi dari awal pertandingan, bahkan sempat mengancam lewat sundulan Pamsa Hemviboon yang masih melebar dari mulut gawang Malaysia.

Baca Juga

Terlalu asyik mendominasi laga, Timnas Thailand justru kecolongan gol lewat pemain Selangor City, Faisal Halim, pada menit ke-11.

Diawali dari umpan Sharul Nazeem yang kemudian disambut oleh tandukan Ruventhiran, si kulit bundar langsung disambar oleh Faisal Halim sehingga mengoyak gawang Kittipong Phuthawchueak.

Baca Juga

Harimau Malaya lantas kembali mendapatkan peluang emas pada (28’) kala Quentin Cheng berhadapan satu lawan satu dengan Kittipong, tetapi sang kiper masih bisa mementahkan tendangan sang pemain.

Timnas Thailand masih mengancam pada menit ke-43 lewat tendangan Ekanit Panya yang masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Timnas Malaysia, Syihan Hazmi.

Kedudukan 1-0 untuk keunggulan pasukan Kim Pan-gon bertahan hingga wasit meniup pelut tanda berakhirnya babak pertama di laga semifinal Piala AFF 2022 antara Malaysia vs Thailand.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Logo Piala AFF 2022.

Jalannya pertandingan tidak terlalu banyak berubah di laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Malaysia vs Thailand ini.

Pasalnya, Timnas Thailand masih menunjukkan dominasinya lewat penguasaan bola yang menandakan bahwa mereka jelas merupakan tim unggulan.

Malapetaka sempat menghampiri kubu Alexandre Polking setelah tandukan Dominic Tan berhasil mengoyak gawang Timnas Thailand pada menit ke-57.

Untung saja, wasit menganulir gol Harimau Malaya tersebut lantaran salah satu pemainnya melakukan pelanggaran terlebih dahulu sebelum gol itu tercipta.

Pertandingan lantas masih berlanjut dan Thailand mengancam gawang Malaysia lewat tendangan Ekanit Panya yang sukses dihalau oleh Syihan Hazmi.

Baca Juga

Gajah Perang kembali memperoleh peluang emas melalui sundulan Pansa pada (65’) seusai menerima umpan Sarach Yooyen. Sayangnya, tandukannya melambung tipis di atas mistar gawang Harimau Malaya.

Timnas Thailand sempat bergelora setelah Bordin Phala dijatuhkan Shamie Iszuan di kotak penalti Malaysia, tetapi wasit menilai itu bukan penalti.

Baca Juga

Pada menit ke-88, Timnas Thailand mendapatkan peluang emas kembali setelah pemain Malaysia gagal membuang bola dengan sempurna.

Sayangnya, Channarong Promsikaew gagal memanfaatkan peluang itu dengan baik sehingga tendangannya malah melebar di atas gawang Malaysia.

Tidak ada tambahan gol tercipta sehingga Malaysia berhasil memenangi laga leg pertama semifinal AFF 2022 ini dengan skor 1-0.

Selanjutnya laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Thailand vs Malaysia bakal digelar pada Selasa (10/01/2023) pukul 19:30 WIB di Thammasat Stadium.

Baca Juga

Susunan Pemain

Malaysia (4-4-2): Syihan Hazmi; Dominic Tan, Vincent Ruventhiran, Sharul Nazeem, Quentin Cheng; Lee Tuck, Faisal Halim, Stuart Wilkin, Brendan Gan; Safawi Rasid, Darren Lok.

Thailand (4-4-2): Kittipong Phoothawchuek; Sasalak Haiprakhon, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Suphanan Bureerat; Sarach Yooyen, Bordin Phala, Ekanit Panya, Theerathon Bumathan; Perradon Chamrasamee, Teerasil Dangda.

MalaysiaThailandBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini