x

5 Pemain Rekrutan Liga Inggris Terbaik di Bursa Transfer Januari

Kamis, 12 Januari 2023 15:28 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Philippe Coutinho dan Luis Suarez saat masih membela Liverpool

INDOSPORT.COM - Bursa transfer Januari sering dianggap bukanlah waktu yang tepat untuk merekrut pemain 'besar'. Tetapi, ada sejumlah bintang yang merupakan hasil rekrutan di Januari.

Sebagaimana diketahui, klub-klub dunia pada umumnya selalu mendapatkan pemain bintang incarannya pada bursa transfer di awal musim.

Baca Juga

Meski begitu, ada juga pemain yang berhasil menorehkan sederet prestasi meski didatangkan pada bursa Januari.

Berikut lima rekrutan terbaik Liga Inggris di bursa transfer Januari.

Baca Juga

Philippe Coutinho ke Liverpool

Di usianya yang baru 20 tahun, Philippe Coutinho adalah sosok bakat yang cukup menyita perhatian. Liverpool berhasil mendapatkannya dari Inter Milan pada Januari 2013.

Di klub barunya ini, Coutinho sukses bermain apik dengan melesatkan gol maupun assist. Nama winger asal Brasil ini pun semakin bersinar bersama The Reds.

Baca Juga

Lalu pada Januari 2018, Coutinho memecahkan transfer sebagai pemain rekrutan termahal kedua dalam sejarah Barcelona dengan mahar sebesar 135 juta euro.

Sayangnya, harga tersebut terlalu tinggi untuknya karena Coutinho sendiri dirasa sebagai pembelian gagal. Dia pun terus berpindah klub seiring performanya menurun.


1. Patrice Evra ke Manchester United

Mantan Pemain Manchester United, Patrice Evra

Manchester United bisa dibilang belum mampu mendapat pengganti Denis Irwin yang tepat setelah sang legenda pergi ke Wolves pada Juli 2002.

Tetapi pada Januari 2006, asa itu kembali ada saat Man United berhasil mendapatkan Patrice Evra dari AS Monaco.

Baca Juga

Setelah tiba di Old Trafford, Evra sukses menjuarai lima gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions.

Bek kiri asal Prancis tersebut bisa dibilang sudah menjadi legenda Setan Merah usai memainkan lebih dari 300 penampilan dan sederet prestasi.

Luis Suarez ke Liverpool

Liverpool cukup kebingungan kala Fernando Torres pergi ke Chelsea pada Januari 2011. Sebagai gantinya, mereka mencoba merekrut Luis Suarez dari Ajax Amsterdam.

Ini adalah langkah yang tepat karena Suarez selain bisa menggantikan posisi Torres, dia juga bisa menambal performa Andy Carroll yang mengecewakan selama di Anfield.

Baca Juga

Selama empat tahun bersama The Reds, Suarez mencetak 82 gol dalam 133 pertandingan. Dia juga pernah memenangi penghargaan Sepatu Emas 2013-2014 lewat 31 golnya.

Namun pada Juli 2014, striker andalan Uruguay tersebut pindah ke Spanyol untuk bergabung dengan Barcelona senilai 81,7 juta euro.


2. Virgil van Dijk ke Liverpool

Virgil van Dijk, pemain Liverpool. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw

Sebelumnya, Liverpool sudah menemukan formula terbaik di lini depan. Tetapi, lini belakang mereka masih lemah sehingga harus merekrut Virgil van Dijk.

Perekrutannya dari Southampton senilai 84,65 juta euro pada Januari 2018 lalu membuat Van Dijk sempat menjadi bek termahal di Liga Inggris.

Baca Juga

Harga tersebut akhirnya sepadan dengan apa yang dia berikan. Bek 31 tahun asal Belanda ini mampu membawa Liverpool bersaing di papan atas.

Bahkan, kehadiran Van Dijk membuat The Reds akhirnya menjuarai dua kompetisi yang diidam-idamkan klubnya, yakni Liga Inggris dan Liga Champions.

Nemanja Vidic ke Manchester United

Dengan prestasi Virgil van Dijk tersebut, dia kerap disebut sebagai bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Inggris. Tetapi, pernyataan itu menimbulkan pro dan kontra.

Banyak juga yang mengatakan bahwa status tersebut lebih layak disematkan pada Nemanja Vidic, bek legendaris Manchester United.

Baca Juga

Hal ini terjadi saat Man United berhasil merekrut Vidic dari Spartak Moscow pada Januari 2006. Di Old Trafford, dia berduet dengan Rio Ferdinand, bek legendaris Man United lainnya.

Selama berseragam Setan Merah hingga Juli 2014, Vidic sukses menorehkan lima gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions pada 2007-2008.

Manchester UnitedLiverpoolPhilippe CoutinhoLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini