x

Andai Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Tetap Bisa Jadi Menteri BUMN

Selasa, 24 Januari 2023 15:24 WIB
Editor: Juni Adi
Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di kantor PSSI GBK Arena, Minggu (15/01/23).

INDOSPORT.COMErick Thohir masih tetap bisa menjadi Menteri BUMN andai dirinya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Federasi sepak bola tertinggi di Indonesia, PSSI, baru saja rampung menggelar Kongres Biasa 2023 yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (15/01/23) lalu.

Kongres dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali dan diisi oleh sejumlah agenda.

Agenda tersebut mulai dari laporan kegiatan tahun 2022, laporan keuangan PSSI tahun 2022, laporan hasil audit keuangan PSSI tahun 2021, rekomendasi program PSSI tahun 2023.

Penetapan operator liga sebagai badan usaha mandiri, penerimaan pemberhentian serta perubahan nama domisili anggota PSSI, dan pengesahan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Baca Juga

Selain itu, agenda selanjutnya adalah membahas persiapan Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar pada 16 Februari 2023 nanti.

Sebelumnya KLB dengan agenda utama mencari ketua umum baru sudah didesak sejak November 2022 lalu, usai tragedi maut di Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga

Saat itu banyak pihak yang menginginkan PSSI segera menggelar KLB untuk mengganti ketua umum saat ini, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule.

Dalam Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI, KLB dapat dilaksanakan apabila sekurangnya 2/3 dari delegasi (voters), mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

"Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan kongres luar biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai," Iriawan melanjutkan.

Persis Solo dan Persebaya Surabaya sejatinya menjadi dua klub yang vokal untuk menyatakan KLB dan bersurat ke PSSI, sehingga PSSI bersikap untuk mempercepat prosesnya. 

Kini mereka telah mempunyai lima kandidat calon ketua umum PSSI yang baru, salah satunya adalah Erick Thohir. 

Baca Juga

1. Erick Thohir Tetap Bisa Jadi Menteri

Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di kantor PSSI GBK Arena, Minggu (15/01/23).

Saat ini Erick Thohir merupakan pejabat publik di jajaran Kabinet Indonesia Maju besutan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, menjabat sebagai Menteri BUMN.

Tetapi latar belakangnya sebagai sosok yang dekat dengan dunia olahraga terutama sepak bola, membuat dirinya memberanikan diri mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI.

Erick Thohir mendaftarkan diri ke Kantor PSSI, GBK Arena, pada 15 Februari lalu, dengan didampingi sejumlah pendukungnya di antaranya beberapa publik figur seperti Raffi Ahmad hingga Atta Halilintar.

Tetapi majunya Erick Thohir mendapat tanggapan beragam dari publik sepak bola Indonesia. Pasalnya jika terpilih ia akan mempunyai rangkap jabatan, yakni Ketum PSSI dan Menteri BUMN.

Tetapi Ketua Komite Pemilihan (KP), Amir Burhanuddin, menyebut tidak masalah. Pasalnya belum ada aturan yang melarang pejabat untuk jadi ketua umum PSSI.

Baca Juga

"Di Statuta PSSI, tidak mensyaratkan atau melarang mereka atas jabatan yang mereka punya.

"Dalam Statuta PSSI dijelaskan syarat-syaratnya. Ini akan menjadi materi verifikasi kami berupa administratif dan syarat-syarat yang diatur Statuta," kata Amir kepada wartawan.

Baca Juga

 Di statuta PSSI 2019 memang tak menyinggung masalah pekerjaan dobel pejabat federasi.

Hanya diatur bahwa jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI terdiri dari ketua, wakil ketua (2 orang), 12 anggota Exco.

Selain Erick Thohir pejabat selevel Menteri yang mencalonkan diri jadi pengurus PSSI, ada juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mendaftar jadi calon wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Baca Juga
PSSIErick ThohirLiga IndonesiaKetua Umum PSSI

Berita Terkini