x

Resmi! Chelsea Datangkan Malo Gusto

Minggu, 29 Januari 2023 18:54 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Malo Gusto (kanan), bek 19 tahun milik Olympique Lyonnais. Foto: REUTERS/Stephane Mahe

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, resmi mendatangkan bek Lyon, Malo Gusto, di bursa transfer Januari ini dan curangi Financial Fair Play (FFP).

The Telegraph sebelumnya mengabarkan bahwa Chelsea siap memberikan tawaran kepada Lyon demi mendapatkan tanda tangan bek berusia 19 tahun tersebut.

Senada dengan The Telegraph, Get French Football News juga mengungkapkan bahwa klub asal London ini juga tertarik memboyong Malo Gusto.

Lyon sendiri sejatinya masih ingin menahan bek kanan berpaspor Prancis itu hingga akhir musim 2022/2023 walaupun masa bakti sang pemain bakal habis pada Juni 2023 nanti.

Pasalnya, Lyon percaya bahwa Malo Gusto mau memperpanjang masa baktinya sehingga klub asal Prancis itu bisa mendapatkan uang segepok penjualannya pada bursa transfer musim panas mendatang.

Baca Juga

Usaha Lyon tersebut memang sia-sia belaka lantaran Chelsea juga ogah melakukan perang harga dengan Manchester City dan Tottenham Hotspur yang turut meminatinya pada bursa transfer musim panas nanti.

Raksasa Liga Inggris ini juga siap merogoh kocek besar untuk mengamankan tanda tangan Malo Gusto pada bursa transfer Januari ini.

Baca Juga

Terlebih lagi, The Telegraph sebelumnya juga sudah menekankan bahwa Chelsea diyakini siap melayangkan tawaran agar pengeluaran belanja Chelsea menjadi 500 juta poundsterling (Rp9,2 triliun).

Sejak diambil alih oleh Todd Boehly, Chelsea sudah menggelontorkan uang yang luar biasa besar hingga di angka 460 juta poundsterling sebelum akhirnya mendatangkan Malo Gusto.

Sementara itu, Chelsea akhirnya resmi mendatangkan Malo Gusto dari Lyon.

Baca Juga

1. Dipinjamkan ke Lyon Hingga Pertengahan 2023

Malo Gusto (kanan), bek 19 tahun milik Olympique Lyonnais. Foto: REUTERS/Stephane Mahe

Chelsea sendiri sudah mengumumkan bahwa klub sudah merekrut Malo Gusto dari Lyon melalui postingan Twitter terverifikasi mereka.

Pakar transfer asal Italia, Fabrizo Romano, juga mengonfirmasi kabar kepindahan Malo Gusto ke Chelsea yang mana sang pemain bakal bergabung bersama skuad The Blues pada Juli 2023 mendatang.

Ya, Chelsea meminjamkan Malo Gusto ke Lyon hingga akhir musim 2023 ini. Selain itu, The Blues merogoh kocek 30 juta euro (Rp488,3 miliar) ditambah add-ons untuk memboyong sang pemain.

Menariknya, The Blues kembali menggunakan celah aturan FFP dengan memberikan kontrak kepada Malo Gusto dengan durasi 7,5 tahun.

Baca Juga

Mykahylo Mudryk juga menjadi salah satu pemain yang diberi kontrak panjang oleh Chelsea yang bertujuan untuk mengamortisasai biaya pengeluaran.

Hal ini membuat UEFA sekarang berencana untuk menerapkan batas kontrak lima tahun bagi pemain anyar dengan biaya transfer yang dapat disebarkan selama kontrak.

Baca Juga

Di sisi lain, Malo Gusto mengungkapkan mengapa dirinya memilih Chelsea menjadi klub yang ingin dilabuhnya melalui cuitan Fabrizio Romano.

“Saya memilih Chelsea karena merupakan klub sangat besar dan saya sangat menyukai proyek besar mereka. Sungguh bahagia bisa berada di sini, saya juga menyukai kotanya,” tutur Malo Gusto.

Dengan hadirnya pria asal Prancis tersebut, Chelsea sudah menggelontorkan 490 juta poundsterling sejak diambil alih oleh Todd Boehly beberapa bulan yang lalu.

Selain itu, Malo Gusto menjadi pemain ketujuh yang direkrut Chelsea Januari 2023 ini setelah Joao Felix, David Datro Fofana, Benoit Badiashile, Andrey Santos, Mykhaylo Mudryk, dan Noni Madueke.

Baca Juga

Sumber: Twitter

Bursa TransferChelseaOlympique LyonMalo Gusto

Berita Terkini