x

'Cuma' Punya Liga Champions, Liverpool Tak Perlu Khawatir Hadapi Real Madrid Berkat Hal Ini

Selasa, 31 Januari 2023 13:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Liverpool mungkin akan memfokuskan diri berburu gelar Liga Champions. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

INDOSPORT.COM - Liverpool bakal menghadapi tantangan besar di Liga Champions 2022-2023 karena berjumpa Real Madrid di 16 besar.

Berdasarkan hasil drawing yang digelar sebelum Piala Dunia 2022, Liverpool dan Real Madrid harus berjumpa lebih awal musim ini setelah bertarung di final Paris di edisi 2021-2022 lalu.

Pada waktu itu, anak-anak asuh Jurgen Klopp dibuat tidak berdaya setelah Vinicius Jr mencatatkan gol semata wayang Los Blancos ke gawang Alisson pada menit ke-59.

Mesin gol andalan The Reds, Mohamed Salah, bahkan tidak mampu berbuat apa-apa padahal ia sudah tidak ‘diganggu’ lagi oleh kehadiran sang musuh bebuyutan, Sergio Ramos.

Menghadapi Real Madrid di kancah Liga Champions, jelas bukan hal mudah, termasuk bagi Liverpool yang sudah punya nama besar di sepak bola Eropa.

Baca Juga

Situasi yang dihadapi kubu Jurgen Klopp saat ini pun nampak sulit, mengingat mereka sedang terseok-seok di kompetisi domestik.

Sampai tulisan ini dibuat, Liverpool bertengger di peringkat 9 klasemen Liga Inggris (Premier League), dan sudah tersingkir dari perebutan trofi Piala FA dan Piala Liga Inggris alias Carabao Cup.

Baca Juga

Bisa dibilang, Liga Champions jadi harapan terbesar satu-satunya, sekaligus yang paling realistis bagi Liverpool musim ini.

Namun langkah untuk mencapai trofi Si Kuping Besar itu tidak mudah karena di 16 besar saja mereka sudah harus berjumpa Real Madrid.

Berbanding terbalik dengan Liverpool, Real Madrid saat ini justru berada di peringkat 2 klasemen Liga Spanyol dan masih berpeluang mengudeta Barcelona di puncak.

Baca Juga

1. Liverpool Bisa di Atas Angin

Liverpool mungkin akan memfokuskan diri berburu gelar Liga Champions. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

Dari segi kompetisi, mereka pun terbilang cukup kuat karena masih bertahan di Copa del Rey dan Liga Champions sembari menanti semifinal Piala Dunia Antarklub pada bulan Februari.

Meski begitu, jadwal padat inilah yang bisa membuat Liverpool sedikit berada di atas angin saat nanti bersua Real Madrid di 16 besar Liga Champions.

Jadwal Real Madrid dalam beberapa waktu ke depan memang cukup menyita perhatian.

Masih bermain di Copa del Rey, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub, ditambah perjuangan yang belum usai di Liga Spanyol, Los Blancos pun harus pintar-pintar mengatur aktivitasnya.

Pasalnya, jika dirata-rata Karim Benzema dkk akan bermain tiga hari sekali selama dua bulan ke depan.

Baca Juga

Bahkan, undian di Copa del Rey ternyata mempertemukan mereka dengan lawan yang sangat berat, Barcelona.

Jika harus merangkum sedikit, Real Madrid akan berhadapan dua kali dengan Liverpool dan Barcelona, ditambah satu partai sulit melawan Atletico Madrid dalam waktu dekat.

Baca Juga

Berdasarkan catatan liverpool.com, kubu Carlo Ancelotti akan memainkan 15 pertandingan penuh tantangan setidaknya sampai awal bulan April 2023.

Di sisi lain, Liverpool berada di situasi yang lebih baik jika membahas jadwal-jadwal pertandingan ke depan.

Sudah tersingkir dari kompetisi piala domestik, Jurgen Klopp sepertinya juga tidak akan ngoyo dalam berburu tempat terbaik di klasemen Liga Inggris.

Baca Juga
 

2. Liverpool Tak Perlu Khawatir

Liverpool mungkin akan memfokuskan diri berburu gelar Liga Champions. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

Baik Real Madrid maupun Liverpool bukan penantang baru di kancah Liga Champions Eropa. Mereka adalah nama lama yang sudah punya reputasi di kompetisi ini sejak lama.

Hanya saja, Real Madrid memang lebih mentereng dengan 14 gelar, sedangkan Liverpool sampai saat ini masih mengumpulkan 6.

Pertemuan di 16 besar musim ini pun bisa disebut sebagai final ‘kepagian’ bagi kedua tim, terlebih setelah keduanya bersua di final 2021-2022.

Akan tetapi, melihat jadwal Real Madrid yang sangat padat dalam satu setengah hingga dua bulan ke depan, Liverpool mungkin bisa sedikit bernapas lega sembari mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Selain itu, sejumlah pemain mereka yang mengalami cedera panjang seperti Virgil van Dijk, Roberto Firmino, dan Diogo Jota, juga diharapkan pulih secepatnya.

Akan tetapi, Jurgen Klopp nampaknya harus bersabar terhadap perkembangan cedera Luis Diaz yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

“Mungkin butuh beberapa pekan lagi,” ujar Jurgen Klopp beberapa waktu lalu saat ditanya soal situasi cedera yang dialami para pemainnya.

Pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid akan berlangsung di Anfield pada 22 Februari 2023 dini hari WIB.

Pertemuan mereka akan berlanjut ke leg kedua yang gantian diselenggarakan di markas Real Madrid pada 16 Maret 2023 dini hari WIB.

Akankah Los Blancos berhasil melaju jauh dan mempertahankan gelarnya, atau justru The Reds yang mampu bangkit dan memperjuangkan satu-satunya trofi juara yang ‘tersisa’ musim ini?

Sumber: liverpool.com

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini