x

Tidak Pantas Dihina, 3 Rekor Paling Moncer Zinedine Zidane ketika Latih Real Madrid

Rabu, 1 Februari 2023 01:59 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid

INDOSPORT.COM - Karir Zinedine Zidane kembali terusik pasca berita Federasi Sepak Bola Prancis diduga menghina sang legenda. Untuk kembali mengingat, berikut 3 rekor paling top Zidane selama latih Real Madrid. 

Real Madrid memang sudah dipandang sebagai salah satu klub raksasa di sepak bola Eropa bahkan dunia. 

Baca Juga

Jadi kesuksesan seorang pelatih mengasuh klub sekaliber Real Madrid, tentu saja harus diapresiasi setinggi mungkin. Seperti pelatih satu ini, Zinedine Zidane. 

Oleh karena itu, kritikan atau bahkan pelabelan tidak baik kepada Zidane sangat membuat marah para fans sepak bola. 

Seperti yang dilakukan oleh Federasi Sepak Bola Prancis baru-baru ini. Presiden Federasi Sepak Bola Prancis, Noel Le Graet menjadi sorotan dunia setelah melontarkan komentar berbau penghinaan terhadap sang legenda.

Baca Juga

Ia dinilai telah melecehkan Zizou, julukan Zinedine Zidane yang sudah mempersembahkan titel Piala Dunia dan Piala Eropa untuk Les Bleus. 

Dalam ucapannya, La Graet menyindir pedas Zidane sehari setelah perpanjangan kontrak Didier Deschamps sebagai pelatih Timnas Prancis. 

Pria 81 tahun itu mengaku tak pernah berkenan dengan eks pelatih Real Madrid tersebut yang maju sebagai suksesor Deschamps.

Baca Juga

Selain itu, Le Graet juga tidak peduli dengan masa depan Zinedine Zidane setelah diketahui lama menganggur usai menduduki kursi kepelatihan Real Madrid pada 2021.

Terlepas Zidane sudah menganggur cukup lama, pernyataan tersebut tetap tidak pantas, apalagi jika melihat kembali 3 rekor terbaik di bawah ini selama dirinya melatih Real Madrid. 


1. 3. Ukir Sejarah Baru di La Liga Spanyol

Zinedine Zidane tak kuasa menahan malu usai Real Madrid kalah 0-1 dari Cadiz di lanjutan LaLiga Spanyol 2020/21.

Raihan 3 trofi Liga Champions secara beruntun mungkin sudah banyak yang tahu, tapi rekor yang ini jarang diketahui oleh banyak orang. 

Real Madrid asuhan Zidane sukses tercatat sebagai tim pertama dalam sejarah La Liga Spanyol yang mampu memenangkan 13 laga tandang secara beruntun. 

Baca Juga

Ini terjadi pada kurun waktu Februari sampai Oktober 2017 lalu. Yang mana itu semakin lengkap dengan torehan gelar juara Liga Spanyol 2016/2017. 

Belum lagi, Zidane juga berhasil menutup tahun 2017 dan 2018 secara berturut-turut dengan membawa Real Madrid juara Piala Dunia Antarklub. 

Melempar pernyataan miring seperti yang dilakukan federasi sepak bola Prancis baru-baru ini, tentu sangat tidak pantas. 

Baca Juga

2. Pelatih Tersukses Liga Champions 

Sebagai pemain, Zinedine Zidane memang boleh saja hanya menjuarai Liga Champions satu kali, itu pun bersama Real Madrid. 

Namun ketika merangsek ke dunia kepelatihan, Liga Champions seperti mengalir dalam darah Zidane. 

Untuk Liga Champions, Zidane sejauh ini berhasil mengoleksi 3 trofi dalam jejak kariernya sebagai manajer.  

Baca Juga

Dengan jumlah tersebut, membuat Zidane sejajar dengan pelatih-pelatih legendaris seperti Carlo Ancelotti dan Bob Paisley, yang sama-sama pernah menjuarai Liga Champions sebanyak 3 kali. 

Namun, hanya Zinedine Zidane yang berhasil menuliskan namanya sebagai manajer pemenang Liga Champions dalam 3 tahun berturut-turut. Sebelumnya, belum ada yang mampu mengukir rekor serupa.


2. 1. Ukir Nama di Sejarah Real Madrid

Massimiliano Allegri (pelatih Juvebtus) dan Zinedine Zidane (pelatih Real Madrid).

Selain Liga Champions, sebagai pemain, Zidane juga pernah menjuarai Liga Spanyol, Copa del Rey, Pemain Terbaik UEFA dan FIFA selama membela Real Madrid. 

Lima tahun bermain untuk Real Madrid, Zidane juga berhasil mencatat 227 penampilan dengan torehan 49 gol dan 68 assist di semua kompetisi. 

Lanjut sebagai pelatih, Zidane ternyata juga menuliskan namanya dalam sejarah Real Madrid sebagai manajer. 

Baca Juga

Mampu meraih 9 trofi selama 2,5 tahun di Real Madrid, Zidane berada di urutan kedua sebagai manajer tersukses di sejarah klub.

Miguel Munoz, pelatih Real Madrid pada era 1960an, masih menjadi yang tersukses di sejarah klub dengan mengumpulkan sebanyak 15 trofi.

Real MadridPrancisZinedine ZidaneNoel Le GraetLiga Spanyol

Berita Terkini