x

3 Pemain yang Dikejar Waktu untuk Selamatkan Kariernya di Liverpool

Kamis, 2 Februari 2023 16:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, sedang menapaki era baru di bawah kepelatihan Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Caroline Chia.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, sedang menapaki era baru di bawah kepelatihan Jurgen Klopp.

Selama pelatih asal Jerman ini menjabat, Liverpool telah banyak berevolusi dan berubah menjadi tim pemenang setelah berkali-kali gagal juara.

Mereka bahkan berhasil memutus puasa gelar Liga Inggris yang sudah mendarah daging selama tiga dekade.

Sejumlah pemain yang menjadi pilar penting kesuksesan Jurgen Klopp pun masih bertahan di skuat The Reds.

Hanya saja, salah satu anggota trio Firmansah yang sudah lama jadi andalan Jurgen Klopp yakni Sadio Mane justru merapat ke Bayern Munchen.

Baca Juga

Sementara itu, ada beberapa pemain seperti Alisson Becker, Virgil van Dijk, Mohamed Salah, Jordan Henderson, dan Roberto Firmino sejauh ini masih bertahan.

Akan tetapi, Liverpool tentu ingin mengembangkan skuat yang ada saat ini karena era baru Jurgen Klopp telah dimulai.

Baca Juga

Dalam proses tersebut pun harus ada beberapa pemain yang dikorbankan. Tiga di antaranya Roberto Firmino, Naby Keita, dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Mereka bahkan punya waktu yang terbatas hingga akhir musim ini untuk menyelamatkan kariernya di Liverpool.

Ada apa dengan ketiganya?

Baca Juga

1. Roberto Firmino

Roberto Firmino punya kontrak di Liverpool yang sebentar lagi akan berakhir. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane, Roberto Firmino merupakan anggota trisula maut The Reds di lini depan untuk waktu yang lama.

Ia menjadi pemain yang dipuja namun kadang juga dikritik karena dianggap tidak tampil tajam seperti dua rekannya yang lain.

Namun seiring berjalannya waktu ia nampak kesulitan mendapat tempat di skuat Jurgen Klopp karena penampilannya yang terus menurun.

Selain itu, kehadiran pemain-pemain anyar yang datang saat bursa transfer juga memperparah situasi pemain yang akrab disapa Bobby ini.

Usianya pun makin menua dan diprediksi akan sulit bersaing dengan rekrutan-rekrutan anyar Jurgen Klopp seperti Darwin Nunez dan Cody Gakpo.

Baca Juga

Beruntung, catatannya musim ini terbilang lumayan dengan mencetak 9 gol dari 21 pertandingan di seluruh kompetisi, meski harus menepi sementara karena cedera sejak bulan Desember.

Roberto Firmino punya waktu yang singkat untuk menentukan kariernya di lantaran kontraknya bakal berakhir pada Juni 2023.

Baca Juga

Jurgen Klopp sendiri sudah buka suara soal keinginannya mempertahankan Bobby dan pembicaraan dengan agennya pun masih terus berlangsung.

Dengan situasi seperti ini, penampilan Bobby saat kembali dari cedera nanti kemungkinan besar akan memegang peran penting terhadap masa depannya di Liverpool.

Untuk sekarang, pemai asal Brasil tersebut juga diminati oleh Real Madrid dan klub-klub Arab Saudi, seperti pernah diwartakan Sportbible.

Baca Juga
 

2. Naby Keita dan Alex Oxlade-Chamberlain

Naby Keita dan Alex Oxlade-Chamberlain di Liverpool. Foto: Jean Catuffe/Getty Images.

Naby Keita

Pemain yang sudah beberapa kali mendapat kritik atas kontribusinya untuk Liverpool yang dianggap kurang.

Ia pun berpeluang angkat kaki musim panas nanti jika tidak mampu membuktikan dirinya layak untuk dipertahankan Jurgen Klopp.

Akan tetapi, Naby Keita bisa berharap nasibnya akan membaik walau ia tidak punya banyak waktu di sisa kontraknya.

Liverpool yang sedang bermasalah dengan stok gelandang bisa membuat dirinya mendapat tempat di starting line up Jurgen Klopp.

Momen inilah yang bisa ia manfaatkan untuk mempertimbangkan masa depannya bersama tim yang sudah dibelanya sejak 2018 ini.

Alex Oxlade-Chamberlain

Sejatinya salah satu pemain kunci Jurgen Klopp saat awal-awal membesut Liverpool, namun sayang cedera menghambat laju Alex Oxlade-Chamberlan pada tahun-tahun berikutnya.

Kondisi kebugarannya juga berkali-kali dipertanyakan karena terlalu sering cedera. Ia bahkan pernah menepi selama satu tahun pada periode 2018-2019 karena ACL.

Setelah itu pun, penampilannya tidak pernah sama lagi.

"Ketika saya sembuh dari cedera ACL, saya hanya bermain sedikit di musim kami menjuarai liga [2019-2020],” ucapnya dikutip dari laman resmi Liverpool.

Dengan kontrak yang akan kedaluwarsa pada Juni 2023, Alex Oxlade-Chamberlain juga punya waktu yang mepet untuk menyelamatkan kariernya di Liverpool.

Sumber: Sportbible

LiverpoolJurgen KloppAlex Oxlade-ChamberlainLiga Primer InggrisRoberto FirminoLiga InggrisNaby KeitaOne Football

Berita Terkini