x

Garuda Select: Cerita Kiper Persija Jakarta Bersaing dengan Si Jangkung dari Italia

Senin, 6 Februari 2023 09:36 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Muhammad Hafizh Rizkianur, kiper Persija Jakarta yang lolos seleksi Garuda Select 5.

INDOSPORT.COM - Kiper jebolan Persija Jakarta, Muhammad Hafizh Rizkianur harus bersaing dengan kiper jangkung kelahiran Italia di skuad Garuda Select.

Pada program Garuda Select 5, hanya ada dua kiper yang memperkuat tim. Pertama, ada Hafizh Rizkianur dari Jakarta, dan kedua, Matteo Piombini dari Italia.

Sepanjang laga uji coba Garuda Select di Inggris dan Italia, Matteo Piombino lebih sering diandalkan sebagai starting line up.

Sementara Hafizh Rizkianur lebih sering dipercaya dalam internal game, atau jadi pemain cadangan dan masuk di babak kedua.

Bersaing dengan Matteo Piombino, kiper berdarah Eropa yang memiliki keunggulan fisik lebih jangkung dari pemain Indonesia, membuat Hafizh cukup tertantang.

Baca Juga

"Total kiper di Garuda Select cuma ada dua, saya sama Matteo, kiper dari Italia," ungkap Hafizh dalam sesi question & answer (QnA) di Instagram @programgarudaselect.

"Menurut saya rasanya cukup menantang, dan hal baru juga bagi saya bisa bersaing dengan kiper dari Italia," sambung kiper berusia 16 tahun tersebut.

Baca Juga

Meski harus bersaing dengan kiper Italia, Hafizh juga mengaku senang lantaran mendapat ilmu baru selama di Eropa.

"Yang pasti rasanya senang, saya bisa mendapatkan hal baru dan pengalaman baru di sini," kata pemain jebolan Persija Jakarta itu.

"Dan senang juga bisa dilatih oleh pelatih-pelatih dari luar negeri juga."

"Tapi menurut saya adaptasi terhadap cuaca (sulit), karena cuaca di sini dan di Indonesia sangat berbeda," tukasnya.

Baca Juga

1. Sekilas Tentang Hafizh Rizkianur

Muhammad Hafizh Rizkianur, kiper Persija Jakarta yang lolos seleksi Garuda Select 5.

Setiap tahun, Persija Jakarta mengirimkan pemain terbaiknya ke skuat Garuda Select. Di tahun kelima ini, ada Hafizh Rizkianur.

Menariknya, Hafizh Rizkianur terlahir dari keluarga atlet. Ayahnya, Bambang Nurcahyo adalah mantan atlet basket, dan ibunya, Ety Lestari diketahui adalah mantan atlet voli.

Kakak dari Hafizh, Muhammad Rafi Dwi Cahyo, pernah menjadi kiper Persija Jakarta U-16. Kini, Hafizh yang jebolan SSB Bintang Junior Selection juga ikut membela Persija.

Hafizh pernah dinobatkan sebagai man of the match pada Liga Hansaplast TopSkor U-13 2019/2020 lalu, hingga membuatnya bisa menembus skuat Persija Jakarta U-16.

Bermain di ajang Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2022 lalu, potensi Hafizh pun tercium oleh para talent scouting asal Eropa.

Baca Juga

Kini, pemain kelahiran 8 Agustus 2006 itu menjadi salah satu kiper yang unjuk gigi di skuat Garuda Select 5. Ia sudah mencicipi persaingan di Inggris maupun di Italia.

Dilansir dari Top Skor, Hafizh Rizkianur mengaku sebagai penggemar berat Manuel Neuer, kiper andalan Timnas Jerman yang kini bermain untuk tim Bayern Munchen.

Baca Juga

Menurutnya, seorang kiper tidak hanya ditekankan untuk piawai menggunakan kedua tangan, tetapi juga gerakan kaki.

Khususnya Neuer, ia tidak hanya menjadi kiper modern untuk Bayern Munchen, tapi juga kapten yang baik saat di lapangan.

"Saya terinspirasi Neuer. Dia kiper yang istimewa, karena bisa menjadi pemimpin dari belakang," ungkap Hafizh Rizkianur.

Menarik untuk menantikan aksi Hafizh di bawah mistar gawang Garuda Select. Jadwal terdekat adalah menghadapi Mansfield Town, Selasa (07/02/23).

Baca Juga
ItaliaPersija JakartaKiperBola InternasionalBakat Muda IndonesiaGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini