x

3 Keutungan Besar yang Didapat Manchester United Bila Resmi Diakuisisi Sultan Qatar

Rabu, 8 Februari 2023 22:28 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Manajer Manchester United Erik ten Hag di laga Manchester United vs Nottingham. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM - Saham Manchester United kini sedang dilirik oleh sekolompok investor asal Qatar, setelah keluarga Glazer membuka opsi penjualan sejak November 2022 lalu.

Sebagaimana diketahui, keluarga Glazer menjual Manchester United sejak November 2022 lalu. Hal ini mengundang para investor dari Qatar untuk mengakuisisi saham mayoritas Setan Merah.

Glazer sendiri mematok nilai jual raksasa Liga Inggris ini sebesar 6 miliar poundsterling (Rp109 triliun). Kemudian 2 miliar poundsterling (Rp36 triliun) untuk biaya renovasi Old Trafford terhadap tiap calon pembeli.

Sebelumnya, orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe dikabarkan berminat mengambil alih kepemilikan Manchester United.

Kemudian muncul para individual kaya raya yang tergabung dalam Qatar Sports Investments siap bersaing dengan membayar nilai fantastis.

Baca Juga

Sumber SportsMail mengatakan, bahwa sekelompok taipan asal Qatar tersebut tidak akan keberatan berapa pun harga jual Setan Merah.

Lebih lanjut, Qatar Sports Investments yakin tawarannya untuk mengakuisisi saham mayoritas Setan Merah adalah yang terkuat dari pesaingnya.

Apabila kesepakatan tersebut terjadi, niscaya pembelian Manchester United pada tahun ini akan menjadi yang termahal sepanjang masa.

Baca Juga

Sebelumnya, status ini diraih oleh Chelsea saat diakuisisi oleh konsorsium Todd Boehly pada Senin (30/5/22) lalu, dengan mahar senilai 4,25 miliar poundsterling atau sekitar Rp 77,4 triliun.

Bila nantinya para sultan Qatar resmi mengakuisisi Manchester United, maka Setan Merah akan mendapatkan sejumlah keuntungan besar. Apa saja itu?

Baca Juga

1. 1. Bisa Membeli Pemain Idaman di Bursa Transfer

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: REUTERS/David Klein

Qatar Sports Investments kabarnya siap untuk memanjakan Erik ten Hag dalam berbelanja pemain baru di bursa transfer musim panas 2023 mendatang bila resmi mengakuisisi Manchester United.

Apalagi perusahaan dari Timur Tengah memang terkenal memiliki dana yang sangat melimpah. Dengan hal ini Erik ten Hag bisa membeli pemain idaman dengan mengandalkan uang serta nama besar Setan Merah.

"Ada dana signifikan yang sudah disiapkan. Orang-orang ini serius dan berniat membawa Man United ke tempat yang seharusnya. Mereka yakin tawaran mereka akan jadi yang terkuat," kata sumber SportsMail.

2. Membangun Old Trafford

Selain memiliki dana transfer melimpah, investor Qatar juga berjanji telah menyiapkan program untuk membangun ulang Old Trafford.

Program ini memang telah masuk dalam salah satu syarat yang diminta oleh Keluarga Glazer. Dana yang dibutuhkan mencapai 2 miliar poundsterling.

Bagi investor Qatar, dana tersebut jelas bukanlah suatu masalah besar. Mereka siap membangun ulang Old Trafford atau bahkan merobohkan stadion ikonik itu dan membangun fasilitas baru yang super canggih.

Baca Juga

3. Janji Membawa Manchester United ke Puncak Kejayaan

Ini yang paling ditunggu-tunggu oleh fans Setan Merah. Manchester United dalam beberapa tahun terakhir sedang terpuruk dan harus mengalami puasa gelar.

Baca Juga

Terakhir kali mereka mendapatkan gelar yakni pada musim 2016-2017 lalu. Ketika itu Manchester United meraih gelar juara Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

Tentu dengan adanya investor asal Qatar yang siap menyediakan dana melimpah, Manchester United bisa mendapatkan modal berbelanja pemain hingga fasilitas mumpuni demi mencapai kejayaan.

Baca Juga
Bursa TransferPremier LeagueManchester UnitedQatarLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini