x

Demi Pangkas Gaji Lebih dari Rp3,2 triliun, Barcelona Berencana Lepas 8 Pemain

Kamis, 9 Februari 2023 20:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi para pemain Barcelona usai menjebol gawang Atletico Madrid di lanjutan Liga Spanyol 2022/23 (09/01/23). (Foto: REUTERS/Juan Medina)

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, berencana melakukan cuci gudang dengan melepas 8 pemain guna memangkas gaji hingga 200 juta euro (Rp3,2 triliun).

Dilaporkan oleh Mundo Deportivo, klub asal Catalan ini dipaksa untuk melego pemainnya dan memangkas gaji oleh operator Liga Spanyol atau LaLiga.

Sebelumnya, Presiden LaLiga, Javier Tebas, menyatakan bahwa Barcelona harus memangkas gajinya seiring adanya kasus pendaftaran Gavi.

Saat itu, Javier Tebas menolak pendaftaran Gavi oleh Barcelona karena menganggap klub berjuluk Blaugrana itu telah melewati batas gaji atau Salary Cap mereka.

Setelah mengajukan kasus ini ke pengadilan, barulah Barcelona bisa mendaftarkan wonderkidnya tersebut lewat keputusan pengadilan.

Baca Juga

Meski berhasil mendaftarkan Gavi, Presiden LaLiga Javier Tebas mengingatkan Barcelona untuk memangkas gaji di tubuh klub.

Mundo Deportivo menyebutkan, bahwa LaLiga meminta Barcelona untuk memotong gaji mereka hingga lebih dari 200 juta euro (Rp3,2 triliun).

Baca Juga

Pemangkasan gaji tersebut harus dilakukan Barcelona pada musim panas mendatang, atau saat musim 2023/24 akan bergulir.

Jika tak memangkas gaji sebesar itu, Barcelona tidak bisa mendaftarkan pemainnya atau mendaftarkan pemain baru yang diboyong di musim panas 2023 nanti.

Dilaporkan Mundo Deportivo, untuk memangkas gaji sebesar itu, Barcelona akan melego 8 pemainnya pada musim panas 2023 nanti. Siapa saja para pemain yang dilepas?

Baca Juga

1. Lepas Pemain dengan Gaji Besar

Aksi Frenkie de Jong di laga Piala Super Spanyol Real Betis vs Barcelona (13/01/23). (Foto: REUTERS/Ahmed Yosri)

Mundo Deportivo menyebutkan kemungkinan ada 8 pemain Barcelona yang dilego karena gajinya yang besar dan harganya yang masih mahal.

Nama pertama adalah Frenkie de Jong. Pemain asal Belanda ini akan menjadi nama pertama yang coba dilego Barcelona di musim panas 2023.

Pasalnya, pemain berusia 25 tahun tersebut punya gaji masif. Dilansir dari laman Capology, mendapat bayaran sebesar 721 ribu euro (Rp11,7 miliar) per pekan sebelum dipotong pajak.

Selain De Jong, adapula Ousmane Dembele. Dengan gajinya yang sebesar 230 ribu euro (Rp3,7 miliar) per pekan, Barcelona akan menjualnya.

Apalagi dengan kontraknya yang masih tersisa hingga 2024. Barcelona yakin bisa mendapatkan dana besar dari penjualannya, menyusul penampilan apiknya musim ini.

Baca Juga

Lalu ada pula Franck Kessie dan Ferran Torres. Dua nama ini terhitung rekrutan baru, tapi tak dimaksimalkan oleh Barcelona, sehingga akan dijual untuk menambah penghasilan.

Tak hanya rekrutan baru, pemain akademi seperti Ansu Fati juga akan dikorbankan.karena gajinya yang besar yakni 270 ribu euro (Rp4,3 miliar) per pekan.

Baca Juga

Selain lima nama ini, Barcelona juga tengah menentukan nasib tiga pemain seniornya, yakni Sergio Busquets, Sergi Roberto, dan Jordi Alba.

Busquets sendiri diyakini bakal hengkang secara gratis karena kontraknya yang habis. Sehingga, kepergiannya akan melegakan beban gaji Barcelona sebesar 37 juta euro per tahunnya.

Sedangkan Jordi Alba yang mengantongi 20,8 juta euro per tahunnya, akan diajak negosiasi bersama dengan Sergi Roberto untuk menerima pemangkasan gaji jika tak ingin dilepas di musim panas 2023.

Baca Juga
BarcelonaLaLiga SpanyolSergio BusquetsSergi RobertoJordi AlbaJavier TebasOusmane DembeleLiga SpanyolFranck KessieFrenkie de JongAnsu FatiBerita Liga SpanyolFerran TorresOne Football

Berita Terkini