x

5 Klub dengan Tagihan Gaji Terbesar di Musim 2022-2023

Senin, 13 Februari 2023 21:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah saat melepaskan tendang ke gawang Wolves di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Klub-klub ternama dunia memiliki banyak pemain bintang yang menuntut gaji yang sama mahalnya. Bahkan, ada klub yang menghabiskan dana lebih dari Rp10 triliun per pekannya untuk menggaji pemainnya.

Sepak bola sendiri, khususnya di Eropa, tidak hanya sekadar menjadi klub sepak bola. Tetapi, telah menjadi ladang bisnis bagi pemain dan petinggi klubnya.

Baca Juga

Klub-klub raksasa seperti Manchester United hingga Real Madrid tentu ingin menjadikan klubnya sebagai klub terbaik, salah satunya merekrut pemain terbaik.

Akan tetapi, ada harga mahal yang harus ditebusnya, yakni tingginya gaji para pemain. Inilah pengorbanan klub jika ingin terus bersaing di papan atas.

Untuk mengetahuinya, berikut lima klub dengan tagihan gaji terbesar di musim 2022-2023 ini.

Baca Juga

Liverpool - 434 juta euro

Liverpool masuk ke lima besar berkat kontrak mewah yang telah ditawarkan para pemainnya selama beberapa tahun terakhir.

Beberapa pemain bintangnya punya gaji besar, seperti Mohamed Salah sebesar 350 ribu euro dan Virgil van Dijk yang sebesar 220 ribu euro per pekannya.

Baca Juga

Belum lagi, The Reds juga masih punya Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold, Darwin Nunez, dan Alisson Becker.

Tak heran jika Liverpool harus mengeluarkan dana hingga 434 juta euro, atau senilai Rp7,06 triliun untuk menggaji para pemainnya.


1. Manchester United - 454 juta euro

Pemain Manchester United Raphael Varane dan Marcus Rashford. (Foto: REUTERS/Peter Powell)

Di bawah kepemilikan Glazers, Manchester United telah menjadi klub yang sangat boros, termasuk dengan merekrut pemain-pemain mahal selama dedake terakhir.

Pun sama halnya dengan musim ini. Man United adalah klub dengan tagihan gaji tertinggi di Inggris. David de Gea menjadi pemain termahal yang dimiliki Setan Merah.

Baca Juga

Jika ditotal, klub bersejarah Inggris tersebut menghabiskan total 454 juta euro atau sebesar Rp7,3 triliun untuk membayar jasa para pemainnya.

Barcelona - 466 juta euro

Barcelona telah beberapa kali merekrut pemain dengan nilai transfer fantastis. Hal ini mengakibatkan tuntutan gaji yang tentu tidak murah pula.

Selain itu, Barcelona juga punya deretan pemain muda dengat talenta terbaik. Ini juga turut mengdongkrak pengeluaran tim.

Baca Juga

Nama-nama seperti Robert Lewandowski, Frenkie de Jong, hingga Raphinha memiliki gaji yang tidak kurang dari 300 ribu euro per pekannya.

Maka dari itu, klub raksasa Spanyol ini dipaksa harus mengeluarkan dana senilai 466 juta euro atau sebesar Rp7,58 triliun untuk gaji pemainnya.


2. Real Madrid - 519 juta euro

Selebrasi pemain Real Madrid usai merengkuh gelar Piala Dunia Antarklub.

Berbicara soal Barcelona, tentu tidak lepas dari rival abadinya, Real Madrid. Selain soal pemain dan prestasi, Madrid juga tidak mau kalah soal urusan gaji pemain.

Los Blancos memang selalu punya para bintangnya di tiap era. Hal ini membuat pihak tim mengelarkan dana ekstra untuk menggajinya.

Baca Juga

Pada musim ini, tagihan gaji Madrid naik menjadi 519 juta euro atau sebesar Rp8,43 triliun. Sayangnya, gaji tinggi itu diberikan kepada Eden Hazard.

Hal ini dirasa kurang pantas mengingat pemain asal Belgia tersebut lebih sering berada di ruang medis ketimbang di lapangan.

Paris Saint-Germain - 728 juta euro

Paris Saint-Germain memang sangat merusak keuangan sepak bola. Mulai dari rekrutan pemain hingga gaji para pemain.

Baca Juga

Untuk Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Neymar Jr saja, PSG menghabiskan lebih dari 3,5 juta euro setiap pekannya.

Gaji ketiganya harus digabung dengan pemain lainnya, seperti Sergio Ramos, Gianluigi Donnaruma, dan lainnya sehingga menembus 728 juta euro atau sebesar Rp11,8 triliun.

Manchester UnitedLiverpoolPSGLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini